News
Batal
KATEGORI
link has been copied
376
Lapor Hansip
15-06-2021 11:35

Menkeu: Yang Bakal Dipajaki Sembako Premium, Bukan Murah

Menkeu: Yang Bakal Dipajaki Sembako Premium, Bukan Murah

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menekankan pihaknya tidak berencana untuk memungut Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sembako murah dan juga tidak akan dibahas dalam Revisi Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

“Poinnya adalah kita tidak memungut PPN sembako (murah), kita tidak memungut dan apakah dalam RUU KUP nanti apakah akan ada. Untuk yang itu tidak dipungut itu aja, clear, very clear di situ,” ujar Menkeu Sri Mulyani saat rapat kerja dengan Komis XI DPR RI di Jakarta, Senin.

Menkeu Sri Mulyani membenarkan bahwa sembako akan menjadi objek pajak, namun pemerintah hanya akan menyasar produk-produk premium yang juga termasuk dalam kategori sembako. Menkeu mencontohkan dengan Beras Shirataki atau Basmati hingga Daging Wagyu dan Kobe.

“Jadi kalau dilihat harganya (beras) Rp10 ribu per kilogram sampai Rp50 ribu per kilogram atau Rp200 ribu per kilogram, ini kan berarti bisa mengklaim sama-sama sembako,” ujar Sri Mulyani.

“Ada daging sapi Wagyu, Kobe, yang perkilonya itu bisa Rp3 juta atau Rp5 juta. Ada yang daging biasa yang dikonsumsi masyarakat sekilonya sekarang mungkin Rp90 ribu. Jadi kan bumi langit jadi dalam hal ini,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani melanjutkan bahwa fenomena munculnya produk-produk yang very high end, namun tetap termasuk dalam sembako itulah yang pemerintah coba untuk seimbangkan.

“Justru pajak itu mencoba untuk meng-adress isu keadilan karena diversifikasi dari masyarakat kita sudah begitu sangat beragam,” tutur Sri Mulyani, dikutip Antara.

Ia menekankan suatu barang tidak akan dapat dipungut pajak jika tidak menjadi objek, karenanya sembako akan masuk dalam objek pajak. Namun, pemerintah akan menerapkan skema multitarif, sehingga sembako yang biasa dikonsumsi masyarakat luas tidak akan dipungut pajak.

“Bisa dipajaki dengan dibebaskan pajaknya, DTP, bisa tarifnya dinolkan itu versus yang tarifnya lebih tinggi, makanya itu kita sampaikan dalam PPN multi-tarif. Jadi objeknya benar, kalau tidak menjadi obyek pajak no matter what gak bisa dipajakin,” ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut ia menyampaikan detail mengenai pungutan PPN akan dibahas secara benar dan komprehensif bersama DPR nantinya.

“Kita nanti akan membahas seizin pimpinan DPR, bahwa RUU itu dibahasnya secara benar baik dan komprehensif. Di dalam RUU KUP nanti akan kita sampaikan,” kata Sri Mulyani.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 24 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menkeu: Yang Bakal Dipajaki Sembako Premium, Bukan Murah
15-06-2021 11:40
Ya coba kalau bikin pengumuman yang jelas dan lengkap. Jangan masyarakat udah gaduh baru diklarifikasi. Kaya sengaja banget mancing2..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
22 0
22
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 11:49
tp percuma jg dijelasin, golongan nganu emang yg penting nyinyir, fakta belakangan.

contoh masalah haji belakangan ini, dan masih banyak contoh lain yg memang mereka ini ga peduli fakta, yg penting ada bahan buat nyinyir.
6
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 11:54
Quote:Ya coba kalau bikin pengumuman yang jelas dan lengkap


emng ada kemenkeu bkin pengumuman? yg ada itu draft pajaknya bocor (gk tau sama siapa) trus di goreng seolah2 smua sembako mau dipajakin
12
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 12:08
@justsightseeing wah serem bgt song klo data negara bisa bocor

Oh iya data BPJS 200jt aja bisa bocor
Lupa gw
7
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 12:20
@xrm.xrn
keamanan data warga indonesia itu cuma lelucon...

kemenkominfo mostly berkutat sama blokir situs2 doang...
5
profile picture
kaskus maniac
15-06-2021 12:20
Mana yang bener ini, ada yg sengaja mau bikin kacau?

Media Mainstream Beritakan Kabar Bohong (Hoax), Sembako Kena PPN 12% Tidak Benar
10 June 2021

Penulis: Erri Subhakti

Kaget membaca berita soal bahan kebutuhan pokok akan dikenakan PPN 12% di beberapa media online.

Setelah saya telusuri, ternyata cnnindonesia biang keroknya yang pertama kali memberitakan, dengan judul “Sembako Bakal Kena PPN”.

-Iklan-
CNNIndonesia menuliskan berita tersebut hanya berdasarkan dari interpretasi redaksinya saja melihat draft revisi Undang-Undang Nomor 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Pengenaan pajak itu diatur dalam Pasal 4A. Dalam draf beleid tersebut, barang kebutuhan pokok serta barang hasil pertambangan atau pengeboran dihapus dalam kelompok jenis barang yang tidak dikenai PPN.

Dari situ mulai diinterpretasikan sembako bakal kena PPN.

Lalu muncul berita selanjutnya, “Daftar Sembako yang Bakal Kena PPN”, yang isi beritanya sama hanya judulnya beda.

Disusul kemudian dengan media-media mainstream lain yang semakin membuat sesat informasi. Bisnis.com langsung menggebrak dengan post truth “Wajib Tahu! Ini Daftar Sembako yang Bakal Kena PPN 12 Persen”.

Liputan6.com kemudian makin ngawur dengan judul “Sembako hingga Pasir Bakal Kena PPN 12 Persen, Ini Daftar Lengkapnya”.

Kompas.com dengan judul, “Simak, Ini Daftar Sembako yang akan Dikenakan PPN”

Cnbcindonesia totally ngawur merilis berita “Dulu Bebas Pajak, Kini Sembako Bakal Kena PPN 12%!”

Tak ketinggalan kontan.co.id juga melibatkan unsur reliji dalam beritanya, “Bahan kebutuhan pokok akan kena PPN, begini kata MUI”.

Apa coba?

Sembako kena PPN 12% ini jelas ngawurnya.

Media yang pertama memberitakannya adalah CNN Indonesia.

Padahal, pada kenyataannya tidak pernah ada rencana pemerintah menaikkan pajak sembako menjadi 12%.

Dari cnnindonesia.com lalu diikuti oleh media-media lainnya memberitakan serupa dengan lebih post truth.

Faktanya, tidak pernah ada dalam draft revisi UU KUP tertulis sembako akan dikenakan PPN 12%.

Faktanya dalam revisi UU KUP itu ada item yang memang dikeluarkan dari barang yang dikecualikan kena pajak, yaitu hasil pertambangan.

Mengenai tarif sembako, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) menyatakan, belum ada keputusan final terkait pengenaan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) terhadap sembako.

Begitu juga dengan skema PPN yang baru yang akan diterapkan pemerintah mulai tahun depan.

“Perlu kami sampaikan bahwa sampai saat ini rancangan mengenai tarif PPN masih menunggu pembahasan, ” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kemenkeu, Neilmaldrin Noor, saat dikonfirmasi Kompas TV, Rabu (09/06/2021).
“Begitu juga dengan skema yang mengikutinya masih dalam pembahasan, ” imbuhnya.

Jadi soal sembako kena PPN 12%? Gak ada.

Faktanya saat ini pun pun barang hasil pertanian dikenai tarif khusus 1%.

Staf khusus Menteri Keuangan, Prastowo Yustinus mengatakan dalam akun twitternya, “Pemerintah tidak melempar wacana demikian. Itu media mengutip draft RUU yang beredar. Barang yang Anda sebutkan sudah dikenai PPN dan PPnBM.”
4
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 12:37
@winehsuka sebenarnya bukan sepenuhnya hoax berita2 itu...cuma belum lengkap

Kenyataannya memang benar sembako dihapuskan dr daftar non objek pajak PPN jd bisa ditarikin ppn atas sembako

Hanya saja sembako itu luas dan penuh sub kategori dan subkategori berdasar harga dan jenis ini memang belum ada hasil bahasannya dan belum bs diambil bahan berita


Salahnya pihak2 media itu beritanya cuma berhenti di sembako tp mungkin beberapa tidak menjelaskan terkait hal ini dan beberapa media membuat framing melalui judul dan konteks berita secara tidak pas...itu sih letak kesalahannya
5
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 13:01
@lenktaywonk

Kebetulan aja Arab Saudi bikin kebijakan ga ngundang jamaah dr negara lain. Awalnya kan si menag kan ngumuminnya lain.

Yg penting gaduh dulu baru dibetulin. Lagu lama kaset rusak.
0
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 13:05
@justsightseeing

Lha bisa aja tadi niatnya semua dipajakin. Gara2 pd ribut2 jadi diubah. Kaya yg udah2.

Ga tahulah zaman sekarang. Mana yg bener mana yg salah udah ga jelas.
3
profile picture
kaskus maniac
15-06-2021 15:40
ujung2nya kita juga gak tau kok ntu beras murah kena pajak apa enggak hahhaha wong di pasar siapa yang ngurus pajak coba.
2
profile picture
kaskuser
15-06-2021 15:40
ini draft ppn d kirim kemenkeu k DPR
trus bochoor
0
profile picture
kaskus holic
15-06-2021 15:49
@imogenist @justsightseeing

Sbnernua bukan bocor.. Tp draft yg ada tuh diserahin ke dpr... Nah ada yg buka suara trus di goreng media...
Coba lebih rasional mana ada sih pemerintahan berkuasa ingin kegaduhan? Pgnnya adem ayem lah... Trus knp jd gaduh? Yaaaaaaa yg butuh duid lah... Gw sih dr awal baca berita mau pajakin sembako (TITIK) udah ketawa2 aje liat org2 dah gaduuhh... Ga bljr dr pengalaman sich sumbu pendek...

Emg KEBAYAKAN rakyat indo pada dasarnya suka tuh berita2 yg memantik emosi... Mknya laku kan sinetron2 indonesia yg menguras emosi 🤣
Nah yg butuh duid ngeliat pasar gni.. Mereka ga buat hoax.... Tp tidak lengkap aja ngasih berita... Ehhh dicaplok ama netijen... Yaa ada demand ada supply lah begitu kira2...
5
profile picture
kaskus maniac
15-06-2021 15:52
Klo ga ketahuan dan tidak gaduh ya lanjut berhubung ketahuan ya lain cerita.
1
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 15:58
[MENTION]WW The Saint[/MENTION] masyarakat lum terlatih menyikapi

Wajarnya kalau muncul "wacana kebijakan aneh", reaksi dr warga negara adalah minta kejelasan, teknisnya gmn, benarkah demikian, ada kabar begini gmn klarifikasinya, dan seterusnya bila dr penjelasan pemerintah tidak clear barulah muncul kubu pro dan nolak namun dengan frekuensi pemikiran yg sama...atas suatu hal yg sama, dan atas pemaknaan lingkup bahasan yg sama

Netizen indo begitu wacana kluar dah langsung komentarnya smpe galaksi lain.....boro2 nyamain pemaknaan, lingkup , dan frekuensi...masing2 udah berkoar pake jalan pikirannya sendiri2 ujung2nya malah ga nyambung ntar
2
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 16:31
@imogenist lagi bahas sembako larinya ke urusan haji emoticon-Ngakak (S)

Makin banyak orang goblok di Kaskus
0
profile picture
kaskus maniac
15-06-2021 16:39
setuju kebiasaan wan abut jangan diikutin buat gaduh duluan . pahlawan kesiangan belakangan
1
profile picture
KASKUS Plus
15-06-2021 16:50
Kan emg awalnya itu perpu yg ke leak media jadpi gni
0
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 16:58
Tau sendiri lah siapa yg nyebarin hoax2 gan
0
profile picture
newbie
15-06-2021 17:03
Kmungkinan pertama memang data bocor dan dari awal rencananya memang begitu. Kmungikan kedua data sengaja dibocorkan dengan data yang belum jelas untuk melihat respon rakyat seperti apa jika rakyat diam bisa pukul rata semua sembako kalo banyak yang teriak seperti yang diumumkan gini. Bukan kah sudah ada pajak barang mewah yang bisa di perluas bukannya malah mencabut sembako dari barang yang non ppn sehingga sangat rawan dikemudian hari bisa dipajaki karena tidak adanya pagar yang menyatakan sembako tidak termasuk yang kena pajak.
0
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 17:14
Menkeu: Yang Bakal Dipajaki Sembako Premium, Bukan Murah
4
profile picture
kaskus addict
15-06-2021 17:59
@justsightseeing bocor atau sengaja dibicorin? Buat test ombak
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 65 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia