News
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
Lapor Hansip
07-06-2021 16:41

Mediasi Gagal, Tommy Soeharto Lanjut Gugat Pemerintah Rp56 M


Mediasi Gagal, Tommy Soeharto Lanjut Gugat Pemerintah Rp56 M
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto melanjutkan gugatannya meminta ganti rugi sebesar Rp56 miliar kepada pemerintah atas penggusuran jalan dalam proyek pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari), Jakarta Selatan.
Tindakan ini dilakukan setelah mediasi yang dilakukan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) terhadap kedua pihak berakhir buntu.

"Sesuai agenda sebelumnya di mana mediasi itu kita yaitu penggugat terhadap 5 tergugat dan 2 turut tergugat tidak dapat titik temu mengenai musyawarah," kata kuasa hukum Tommy, Victor Simanjutak di luar ruang sidang PN Jaksel , Senin (7/6).


Tommy menggugat sejumlah lembaga pemerintah antara lain Kementerian Agraraia dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai Tergugat I dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai Tergugat II.

Selanjutnya, Stella Elvire Anwar Sani sebagai Tergugat III, Pemda DKI Jakarta sebagai Tergugat IV, dan PT Citra Waspphutowa.

Kemudian, Turut Tergugat I Kantir Jasa Penikai Publik (KJPP) Toto Suharto dan Rekan, Turut Tergugat II Kementerian Keuangan, PT Girder Indonesia sebagai Turut Tergugat III.


Dalam materi gugatannya, Victor mengatakan kliennya menggugat karena tindakan penyerobotan atas tanah dan bangunan di area proyek jalan tol Desari. Namun, hal ini baru diketahui Tommy---yang juga dikenal sebagai putra bungsu Presiden kedua RI Soeharto-- tiga tahun kemudian.

"Terkejut bahwa tanah (dan di sana ada bangunan melekat di atasnya, beserta sarana pelengkap) telah dihitung oleh para tergugat tanpa melibatkan penggugat, tanpa prosedur yang benar, dan tanpa persetujuan dan sepengetahuan penggugat," sebagaimana dikutip dari materi gugatan.

Tergugat I, II, IV, dan IV dinilai telah melakukan pembebasan lahan tanpa melibatkan Tommy sebagai pemilik lahan. Akibatnya, Tommy mengalami kerugian senilai Rp56.670.500.000.

Adapun kerugian materiil Tommy berasal dari bangunan kantor seluas 1.034 m², bangunan pos jaga 15 m², dan garasi 57 m². Selain itu adalah listrik PLN, air sumur, pagar depan setinggi 2 meter, dan halaman depan yang terbuat dari konblok.

Baca juga: Mahfud Duga Koruptor Dalang Perobohan KPK
Gugatan tersebut telah dibacakan dalam ruang sidang PN Jaksel dengan dihadiri Tergugat II-V serta Turut Tergugat I dan II.

Adapun Tergugat I Kementerian BPN tidak menghadiri persidangan. Victor juga menyebut bahwa mediasi yang berlangsung sejak 9 Mei-9 Juni berakhir tanpa kesepakatan karena BPN tidak hadir.

"Itu disebabkan ketidakhadiran Tergugat I BPN, sementara pihak tergugat lain menghadiri dan patuh dalam proses dan mekani
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...erintah-rp56-m

;D
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Mediasi Gagal, Tommy Soeharto Lanjut Gugat Pemerintah Rp56 M
07-06-2021 17:20
Tanah yang mau digusur karena proyek mekanismenya:

- Pemilik tanah dihubungin melalui surat yang dikasih perangkat daerah
- Pemilik tanah mengajukan biaya nya
- Negosiasi harga

==================================

Nah, sebelum proses pembangunan, mustahil tidak ada dikirim surat
emoticon-Embarrassment

Jadi kemungkinan nya ada:

- Tommy Soeharto sulit dihubungi
- Tommy Soeharto sengaja pura-pura tidak tahu
- Karyawan Tommy Soeharto gak infoin ada surat pemberitahuan

Kalau:

- pihak tergugat bisa kasih bukti sudah berulang kali kirimkan surat pemberitahuan,
- sudah memberikan pengumuman mau ada pembangunan proyek,
- dan sudah ada proses negosiasi dengan para pemilik tanah lainnya,

maka gugatan Tommy Soeharto sulit diterima hukum.

Masalahnya negara ini tidak sama dengan 30 tahun lalu. Jadi kemungkinan Tommy Soeharto menang di pengadilan sudah sulit kalau lawannya adalah pemerintah/lembaga pemerintah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
15 0
15
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 06:05
Apalagi lawannya wan abud,kpk aj tutup mata🤣
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 12:04
@kyna.zytka Justru di sana ada peluang korupsi bro.

Misal DKI sengaja gak ngasih bantahan kuat biar harus bayar kerugian Tommy.

Di belakang lalu bagi bagi duit tuntutannya.

Selalu ada peluang korupsi dimana mana
0
profile picture
kaskus maniac
08-06-2021 12:50
perbincangan menarik nih ane nyimak aja 👀
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 12:56
dimana aja di indonesia ampe sekarang mau menang pengadilan gampang,,, urusan nya duit,,

tinggal bagi2 aja itu duit,,

orang red notice buronan aja bisa perpanjang ktp kok,,,

emg tai ga guna semua pejabat,,,
1
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 17:17
Pengajuan biaya dikasih form ga ada gunanya jg dan ga ada negosiasi gan.

Warga yg kena dipanggil dibalai yg ditentuin.disana dikasih amplop harga udh fix dr tim penilai kalo ga setuju lsg pengadilan.prosesnya lama. Yg setuju aja ga jelas kapan pembayarannya.
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 17:23
Tommy gituloh
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 21:23
@smash itu kejadian di mana ya gan?
Soalnya di beberapa daerah yang aku tau sekarang malah happy dapet uang gusuran selama tanahnya memang tanah sah ...

Kebetulan rumahku juga mau digusur, dan kalau ngikut ama kasus penggusuran yang sudah-sudah, uang ganti ruginya sekitaran 10-30 juta per meter persegi.

Aku malah lagi ngarep cepat proses penggusurannya. Lumayan beberapa milyar... hahaha
0
profile picture
kaskus addict
08-06-2021 21:39
@.soroga.

Projek tol desari gan pancoran mas, aku sm warga komplek blm dibayar,

ketua ppk ceramahnya yg setuju tandatangan dan berkas beres paling lama januari 2021 dibayar.taunya sampe skrg baru pengajuan.

Awalnya yg bayar ktnya pihak ke 3 pt cw tp ga pny duit trs skrg masih revisian di Lman.
Itu petugasnya budi,bu anis ngumpet ditemuin susah udh ketakutan sih mau diamuk. Di wa diread doang,masalahnya dia janjiin pencairan cepat Jadi Warga lsg gerak juga pada dp rumah.eh taunya ga jelas,amsyong dp 10jutaan mah...hahahaha

nilai penggantian skitar 5jt/mtr tanah,dulu udh seneng isunya bisa dapet 9jtan.klo nilainya sebesar ente mah aku ga pusing cari ganti dgn luas yg sama.. Skr yang penting pengen cepet" cair ajalah biar lsg cari ganti.
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia