News
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
Lapor Hansip
03-06-2021 20:53

Jepang Jajaki Ide Tawarkan Kapal Selam Ke Indonesia.





Untuk militer lebih banyak datanglah ke :

https://youtube.com/channel/UC6b25K0...X_Rwidki_oeb0Q


Jepang Jajaki Ide Tawarkan Kapal Selam ke Indonesia.


Indonesia bertujuan untuk memperluas armada kapal selamnya sebanyak tiga kali lipat dari jumlah saat ini menjadi 12 kapal, berbagai sumber pertahanan di sini mengatakan, hanya sebulan setelah salah satu kapal selamnya dipastikan hilang, menewaskan 53 awaknya.


Langkah itu dilakukan sebagai tanggapan atas penerobosan secara berulang-ulang kapal China ke perairannya. Jakarta juga akan menambah armada korvetnya.


Negara itu telah mengerahkan lima kapal selam, tetapi kehilangan satu, KRI Nanggala-402. Indonesia menempati urutan ketiga di dunia dengan luas perairan yang termasuk dalam zona ekonomi eksklusif, namun ukuran armada kapal selamnya sangat kecil jika dibandingkan dengan negara seperti Jepang yang menempati urutan keenam dan memiliki 20 kapal selam.


Menteri Pertahanan Prabowo Subianto telah mengindikasikan bahwa negara akan meningkatkan investasi dalam peralatan militer setelah terjadinya musibah kapal selam. Untuk kapal selam, Indonesia sedang mengejar perjanjian produksi bersama dengan Korea Selatan, sementara Prancis, Rusia dan Turki telah menawarkan untuk mengekspor kapal selamnya. Jepang sedang menjajaki ide menjual kapal selam ke Jakarta.


KRI Nanggala-402 tiba-tiba menghilang pada 21 April saat mempersiapkan latihan torpedo di Bali. Kapal tersebut dibuat pada tahun 1977 di Jerman dan diakuisisi oleh Indonesia pada tahun 1981. Militer negara mengatakan kapal selam tersebut kemungkinan besar terkena gelombang bawah laut besar yang membuatnya lepas kendali.


Insiden itu memicu rasa urgensi di negara itu tentang keadaan armada kapal selamnya. 'Sembilan garis putus' China memotong sebagian ZEE Indonesia di sekitar Kepulauan Natuna. Kapal penangkap ikan China beroperasi di sana, dan Beijing juga telah mengerahkan kapal penjaga pantainya, yang pada Februari diberi wewenang untuk menggunakan senjata. Jakarta bersiap untuk kemungkinan peningkatan aktivitas di daerah tersebut.


Jika jumlah kapal selam dapat ditingkatkan ke tingkat target, mereka dapat melakukan pengawasan intensif di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh kapal patroli, kata Khairul Fahmi dari Institute for Security and Strategic Studies, sebuah think tank Indonesia, mengindikasikan ini akan mengurangi keberadaan kapal asing di sekitar Natuna.


Indonesia telah bekerja sama dengan Korea Selatan dalam pembuatan kapal selam dalam beberapa tahun terakhir dan sedang mengupayakan kerjasama teknis dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering. Dari empat kapal selam yang saat ini beroperasi, dua dibuat di Korea Selatan dan satu diproduksi di dalam negeri menggunakan teknologi dari Korea Selatan. Kapal selam naas yang tenggelam sepenuhnya diperbarui di Korea Selatan pada tahun 2012.


Ketika mengimpor perlengkapan pertahanan, Indonesia meminta transfer teknologi untuk meningkatkan kemampuan teknisnya sendiri dan untuk mengamankan pekerjaan. Korea Selatan telah menawarkan persyaratan yang menguntungkan bersama berikut harganya. Namun pihak Indonesia belum puas dengan kemampuan kapal-kapal ini, dengan alasan masalah pasokan daya yang terhubung ke baterai, di antara masalah lainnya.


Kapal selam dari Jepang akan lebih canggih, jauh lebih senyap dan menawarkan lebih banyak waktu operasi di bawah air. Tetapi harga akan lebih tinggi dan kondisi transfer teknologi akan lebih sensitif.

Kapal selam kelas Soryu mempunyai baterai jenis Lithium-ion dan dilengkapi AIP, mempunyai kecepatan 20 knot ketika menyelam.

Soryu class memiliki panjang 84m dengan bobot 2.900 ton di permukaan dan 4.200 ton ketika menyelam, dilengkapi 6 peluncur torpedo 533mm dan disebut mampu membawa 30 torpedo.




profile-picture
rtms memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jepang Jajaki Ide Tawarkan Kapal Selam Ke Indonesia.
06-06-2021 11:26
dulu pas rencana mau beli kilo 2 unit, Jepang dan Australia yg "Mempertanyakan". sekarang Jepang malah nawarin..
0 0
0
profile picture
aktivis kaskus
06-06-2021 23:29
Klo ga salah rencananya bukan dua, tpi 10 kasel. Jelas kagetlah, apalagi smua dri rusky.

Sumber
0
profile picture
kaskus geek
08-06-2021 10:13
Kredit 3 kasel kilo dari Rusia belum dipake kok...emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus geek
08-06-2021 10:15
@hayukdah5683
Rezim sebelumnya ada rencana 3 CBG class dan 3 kilo class...:
Kalo ditambah Cakra dan Nanggala jadi 8 unit emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskuser
10-06-2021 11:51
mempertanyakan dong bree... wong 1 kilo aja duitnya banyak, pan sayang kalo bisa di sales in lumayan tuh industri kapal selam jepang bergoyang
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia