Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
63
Lapor Hansip
31-05-2021 15:29

Kura-kura yang Sudah Punah Muncul Lagi? Kok Bisa?

Kura-kura yang Sudah Punah Muncul Lagi? Kok Bisa?

Agan dan Sista yang suka sama hewan-hewan reptil, khususnya kura-kura darat pasti tau deh kalau kura-kura dengan ukuran terbesar sudah punah sejak tahun 1906 lalu. Tapi nyatanya, beberapa bulan lalu, tim ekspedisi baru saja menemukan seekor kura-kura raksasa dengan ciri-ciri yang sama dengan kura-kura darat terbesar yang dinyatakan sudah punah tersebut.

Jadi sebenarnya sudah punah belum sih?

Nah, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti genetik dari Universitas Yale, mereka mengatakan bahwa kura-kuran ini memang kura-kura dari jenis yang memang sudah dikatakan punah.

Kura-kura yang Sudah Punah Muncul Lagi? Kok Bisa?

Quote:”Kami menemukan salah satu misteri besar dari Kepulauan Galapagos, yakni keberadaan kura-kura raksasa dari Pulau Fernandina yang seharusnya sudah punah,”

- James Gibbs, Wakil Presiden Yayasan Konservasi Galapagos -


Kementrian Lingkungan Hidup Ekuador pun memperkirakan kalau kura-kura dari spesies chelonoidis phantasticus yang ditemukan pada Bulan Februari lalu sudah berusia lebih dari satu abad. Berjenis kelamin betina, tim ekspedisi yang menemukan kura-kura raksasa di Pulau Fernandina ini pun memberi nama “Fernanda” pada kura-kura ini.

Melihat kehadiran kura-kura yang sudah dianggap punah 113 tahun yang lalu pun membuat Wakil Presiden Yayasan Konservasi Galapagos, James Gibbs, untuk mengirim tim dan memantau apakah masih ada kura-kura dengan jenis tersebut di Pulau Fernandina.

Kura-kura yang Sudah Punah Muncul Lagi? Kok Bisa?

Meskipun Kementrian Lingkungan Hidup Ekuador memperkirakan bahwa usia kura-kura tersebut sudah lebih dari 100 tahun, tapi Direktur Yayasan Konservasi Galapagos, Washington Tapia, masih belum bisa memastikan apakah usianya sudah lebih dari satu abad. Tapi yang pasti, ia memperkirakan bahwa usia hewan tersebut ada di antara 60 hingga 100 tahun.



SUMBER
Diubah oleh rarirureror
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yaxyax dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kura-kura yang Sudah Punah Muncul Lagi? Kok Bisa?
04-06-2021 08:08
Hmm..... Kura2 raksasa dr kep galapagos sdh dianggap punah sejak 113 tahun yg lalu.... Lah, ane kira, awalnya tuh spesies tsb msh bnyk yg blum punah slama ini...... lho, skrg mlh trnyata mmg blum punah..... Weird.....
Diubah oleh yoseful
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
aktivis kaskus
04-06-2021 08:10
Belum punah , tapi cuma tinggal 1 doang.
Gak ada pasangan , nati jga punah kok

1
profile picture
kaskus geek
04-06-2021 08:24
terakhir tinggal pejantan doank kalau ga salah ya. dahh kimpoiin ma betina yg ini aja deh
2
profile picture
kaskuser
04-06-2021 08:46
Spesies kura kura raksasa aslin galapapgos banyak, yang dinyatakan punah adalah spesies tertentu saja. Di kebun binatang aja kura kura raksasa banyak
3
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia