Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
302
Lapor Hansip
02-06-2021 08:42

Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!

Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!
Berawal dari viralnya unggahan instagram milik sebuah resto di Singapura @theritual.sg yang memasukkan menu nasi padang ke dalam menu andalannya dengan caption "The Ritual Nasi Padang Without the nasties". Sontak unggahan tersebut mendapat serangan komen terutama dari netizen +62. Karena secara tidak langsung mereka mengatakan jika nasi padang, salah satu kuliner yang menjadi ikon bangsa Indonesia itu "menjijikkan".

Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!
Merasa bersalah dengan situasi yang ditimbulkan dan komen negatof terkait caption yang dinilai kurang pas, pihak resto kemudian mengunggah permohonan maaf kepada publik dalam laman instagramnya, dengan mengatakan jika mereka benar-benar meminta maaf dan mengakui jika caption dibuat dengan pemilihan kata yang kurang tepat, dan menghapus foto terkait soal nasi padang itu.

Tidak bijak mengatakan sesuatu yang terkait dengan orang lain dengan kata-kata yang tidak pantas dan tidak beretika. Baik suka atau tidak berkenaan dengan tampilan yang ada pada masakan rendang ini tetap bukan suatu pembenaran untuk mengata-ngatainya dengan kalimat yang buruk!
Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!
Menduplikasi makanan boleh-boleh saja, tapi mengklaim hasil duplikasinya lebih wow dari versi originalnya, itu keterlaluan. Kuliner adalah ragam budaya yang bisa menjadi pemersatu umat. Di luar sesuai selera atau lifestyle, menghargai versi aslinya jauh lebih sopan.

Nasi padang sudah menjadi favorit banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, tidak harus datang ke Sumatera Barat, warung nasi padang sudah banyak dibuka pulau-pulau lain di Indonesia, bahkan menurut ane hampir bisa menyamai banyaknya warteg yang dulu sempat mendominasi pasar kuliner di Indonesia. Bener ngga sih?

Walau tak semua warung padang kokinya orang Padang, tapi semua pasti sepakat, jika pada saat traveling ke tempat wisata domestik, warung padang menjadi pilihan yang paling diminati.

Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!
nasi padang

Asal tau aja nih ya, dengan bumbu rendangnya aja, ane bisa ngabisin nasi satu megicom, lhoo! emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Jadi siapa bilang nasi padang itu menjijikkan? emoticon-Cool

profile-picture
profile-picture
profile-picture
toinxx08 dan 60 lainnya memberi reputasi
61
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Usai Mengatai Nasi Padang Menjijikkan, Resto Singapura Ini Pun Minta Maaf!
02-06-2021 16:49
Memang makanan Malay dan Singapur itu seperti versi steril dari makanan Indo. Steril bukan berarti bersih/higienis/kinclong. Steril disini adalah makna negatif dimana banyak bumbu2 yang dikurangi atau tidak sepekat versi menu Indonesia.

Mau contoh?

  • Nasi lemak Malaysia/Singapur vs nasi uduk Indonesia
  • Laksa Malaysia/Singapur vs Gule/Kari/Laksa Indonesia
  • Ayam Goreng Malaysia vs Ayam Kalasan Indonesia
  • Murtabak Malaysia/Singapur vs Martabak Telor Indonesia
  • Bipang Malaysia/Singapur vs Bipang Kalimantan atau Se'i Babi Kupang.
  • Otak-otak Malaysia/Singapur vs Pempek Palembang


Silakan rasakan dan bandingkan aja contoh di atas dan nilai sendiri apa yang kurang dari versi Malaysia/Singapur. Serupa tapi berbeda, buat orang Singapur/Malay mereka nyebut menu makanan mereka terlihat bersih "without the nasties".. tapi buat aye sih makanya lain, terlalu steril dan karakter rempah yang lemah/encer.
Diubah oleh thejazzluvr
profile-picture
profile-picture
Guitarboy dan indrastrid memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus maniac
02-06-2021 20:35
kesannya "bersih" di mulut gitu ya gan? ane suka pake bahasa gitu. Tapi jadinya emang kurang greget, bahasa kerennya kurang kaya rasa ya?
0
profile picture
kaskus addict
02-06-2021 21:50
@indrastrid Yoi gan kurang medhok bumbunya serba nanggung. Laksa malay tidak seintens gulai Indo. Nasi lemak malay tidak segurih nasi uduk Indo. Ikan asin malay tidak seasin ikan asin dan trasi Indo. Bahkan menu simple seperti nasi goreng Malay/Sing jg ya berasa tawar aja. Dan seterusnya agan faham lah maksud saya.

Makanya begitu ada heboh nasi padang saya sih ga langsung marah jg karna saya cukup faham apa yang mereka maksud dengan “without the nasties”

Walaupun saya cuma turis biasa, cuma bberapa kali mampir ke Malay/SG tapi urusan kuliner saya udah faham perbedaan karakter dan taste mereka dibanding lokal. Menu mereka rata2 lebih hambar, plain dan yah less michiiiinn mgkn ya wkwkkwkwkwkk
2
profile picture
kaskus geek
02-06-2021 22:13
@indrastrid @thejazzluvr

Loh bukannya harusnya soal rasa dan aroma makanan khas singapore dan malaysia kuat yah? Kan ada orang2 keturunan india disana... Masakan seperti laksa kan gak jauh dr kari...
0
profile picture
kaskus addict
02-06-2021 22:45
@indrastrid @nowbitool mungkin iya kalo penjualnya benar2 asli India dan pakai resep asli India (tidak dimodifikasi). Kenyataannya banyak yg dimodif untuk menyesuaikan dgn selera lokal Malay/SG yang mana jd lebih hambar/kurang medhok

Ya silakan kalo ada yang mau share fakta lain.
1
profile picture
kaskus holic
03-06-2021 22:27
Jadi kyk masakan rumah, gan
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia