Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
127
Lapor Hansip
01-06-2021 11:55

Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Tak terasa, pandemi Covid 19 telah menyerang Indonesia selama lebih dari 1 tahun, GanSis. Tentunya, pandemi ini punya banyak dampak terhadap kehidupan kita. Kehidupan yang biasanya kita jalani dengan normal tanpa menggunakan masker, bisa salaman dan cupika cupiki, serta bisa jalan-jalan dan bermain tanpa khawatir pulang bawa penyakit, kini sudah berubah. Saat ini kita selalu diwajibkan untuk mengenakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, selalu mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Perbedaan kehidupan yang dulu dan sekarang di masa pandemi tentunya mempengaruhi banyak aspek kehidupan GanSis, mulai dari sisi kesehatan, kehidupan sosial, ekonomi, hingga mempengarahui keharmonisan rumah tangga. Yap! Kondisi keharmonisan rumah tangga juga menjadi salah satu hal yang terdampak akibat pandemi Covid 19, GanSis. Bahkan, dilansir dari Kompas.com, tercatat 5.709 kasus perceraian di Pengadilan Agama Kabupaten Brebes, mulai dari Maret 2020 hingga Februari 2021 (masa pandemi Covid-19). Pengadilan Agama Kota Batam, Kepulauan Riau, juga mengatakan bahwa angka perceraian di masa Pandemi Covid-19 meningkat tajam dari biasanya, tercatat sebanyak 1.509 perkara sejak akhir semester pertama hingga Agustus 2020, jumlahnya lebih banyak dari perkara di periode yang sama di tahun 2019. Di Kabupaten Banyumas Angka perceraian di masa pandemi juga mengalami peningkatan sebanyak 48 kasus.

Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Tak hanya terjadi di Indonesia, fenomena perceraian di masa pandemi juga terjadi di negara-negara lainnya, GanSis. Permohonan perceraian di firma hukum di Inggris, Stewarts, selama Juli hingga Oktober 2020 pun mengalami peningkatan sebanyak 12% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

Hmm, kira-kira kenapa ya angka perceraian meningkat di masa pandemi?
Bukan kah masa-masa lockdown a.k.a #dirumahaja justru membuat pasangan lebih nempel karena bisa menghabiskan banyak waktu bersama?

Kita coba intip yuk, pendapat mereka yang sudah menikah!

Quote:"Saya menjadi lebih tertekan dan situasi buruk itu terus memuncak. Kami akhirnya memutuskan, barangkali, untuk menjalani percobaan 'pisah ranjang',"

"Dengan cepat kami menyadari bahwa perpisahan ini akan berlangsung selamanya,"


- Sophie, Inggris -


Quote:"Saya harus menangani semuanya saat kami menjalani isolasi selama hampir sebulan. Itu benar-benar melelahkan,"

"Sayangnya, hubungan kami menuntut terlalu banyak usaha dari pihak saya, baik secara emosional, mental dan fisik. Akhirnya saya meminta berpisah. Rasanya seperti masalah hidup atau mati,"


- Marie, editor berusia 43 tahun -


Quote:"Kami melepaskan kehidupan sosial dan aktivitas yang membebaskan kami, basket untuknya dan panjat tebing bagi saya,"

"Perbedaan kami menjadi semakin besar, terutama sifat introvert saya dan dia yang ekstrovert.”

"Kami tidak dapat menyegarkan pikiran ketika kami bermasalah. Dia perlu berada di sekitar banyak orang, sementara saya butuh lebih banyak ruang,"


- Nora, 29 tahun -


Kalau ada yang berpikir bahwa lockdown akan mempererat hubungan, nyatanya hal tersebut tidak berlaku bagi mereka. Kondisi yang terjadi di masa pandemi justru menjadi petaka bagi hubungan rumah tangga mereka.

Nah, jadi kenapa sih pandemi covid 19 bisa meningkatkan angka perceraian?



Jenuh Di Rumah Aja


Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Terkurung di rumah aja dalam waktu yang lama justru bisa meningkatkan rasa jenuh dan bosan. Terlebih dengan kegiatan monoton yang gitu-gitu aja tiap harinya. Pasti rasanya jenuh banget deh, sekalipun kamu termasuk orang yang introvert. Selain rasa jenuh karena terkurung dengan kegiatan yang monoton dalam waktu yang lama, rasa jenuh juga bisa hadir teradap pasanganmu karena terkurung bersama dalam waktu yang lama. Kalau selalu bersama tapi konteksnya liburan dan bersenang senang sepertinya kamu tidak akan merasa bosan deh. Nah, rasa bosan dan jenuh yang muncul karena di rumah terus ini lah yang bisa jadi penyebab terjadinya perceraian dalam rumah tanggamu.


Perekonomian Keluarga

Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Tak bisa dipungkiri, kondisi pandemi yang terjadi sudah membuat banyak pekerja harus kehilangan pekerjaannya. Yap! PHK dimana-dimana! Nah, jika terkena PHK, bagaimana cara mereka menafkahi keluarganya? Uang untuk beli susu anak, bayar sekolah anak, makan sehari-hari dan untuk keperluan lainnya, dari mana? Terlebih jika kondisinya pas-pasan tanpa tabungan dan pemasukannya benar-benar hanya mengandalkan gaji setiap bulanannya. Tentunya hal ini akan mempengaruhi kondisi rumah tanggamu dan jika hal ini terus berlanjut, kemungkinan terburuk bisa berujung pada perceraian.


Usia Pernikahan dan Emosi Pasangan

Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!

Meskipun perceraian tak hanya dialami oleh pasangan muda, tapi faktor dari usia pernikahan juga tak bisa dikesampingkan. Pasangan yang sudah menikah dalam waktu yang lama, tentunya sudah mengalami asam garam kehidupan rumah tangga dan sudah mengenal pasangan lebih jauh. Sehingga sudah lebih tau apa hal yang harus dilakukan jika mengalami masalah rumah tangga. Berbeda dengan pasangan yang baru menikah dan baru mengalami permasalahan dalam rumah tangganya, tentunya mereka akan “kaget” dengan kondisi baru yang mereka alami. Terlebih kalau usia pasangan tersebut masih sangat mudah dengan emosi yang masih belum stabil, permasalahan yang terjadi era pandemi juga bisa menjadi penyebab perceraian.



Rasa jenuh dan bosan, perekonomian keluarga dan juga ketidakstabilan emosi dalam menghadapi masalah dalam rumah tangga yang muncul akibat pandemi ini bisa memicu pertengkaran-pertengkaran kecil dalam rumah tanggamu. Dan jika tidak segera diatasi, pertengkaran kecil tersebut justru bisa jadi pertengkaran hebat dan menyebabkan kandasnya rumah tanggamu.



SUMBER
SUMBER
SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fira262 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Angka Perceraian Meningkat Di Masa Pandemi? Ini Faktanya!
02-06-2021 16:10
Jeff Bezos
Bill Gate
Elon Musk

adalah contoh2 orang terkaya di dunia pun bisa cerai di musim pandemi ini karena faktor ekonomi emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fathur394 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus maniac
02-06-2021 17:26
Bukan faktor ekonomi negatif kan ya? Tapi karena faktor ekonomi positif. Dengan mereka cerai, hartanya akan dibagi dua dengan pasangannya. Dan ini bisa menghindari wealth tax yang nantinya akan berlaku taun depan atau 2 taun lagi.
2
profile picture
newbie
02-06-2021 20:36
@juraganind0 memang brapa gan nominal wealth tax nya, sampe jadi alasan mereka pisah
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Keluargaku, Masa Depanku
keluargaku-masa-depanku
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia