News
Batal
KATEGORI
link has been copied
253
Lapor Hansip
30-05-2021 06:42

'Raja OTT' KPK Tak Lulus TWK, Minta Firli Bayar Utang Budi

'Raja OTT' KPK Tak Lulus TWK, Minta Firli Bayar Utang Budi

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri disebut memiliki utang budi terhadap salah satu pegawai KPK yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK).

Hal ini terungkap dari penuturan Kasatgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid kepada Najwa Shihab di belakang layar Mata Najwa. Percakapan di belakang layar itu direkam dan diunggah di kanal YouTube Najwa Shihab pada Jumat (28/5) siang.

Menurut Harun, Firli mengaku berutang budi kepadanya saat pimpinan KPK itu menjadi Deputi Penindakan KPK pada 2018 silam.

Pada masa itu, KPK sangat gencar menggelar operasi tangkap tangan (OTT). Karena capaian tersebut, Firli menjuluki Harun sebagai 'raja OTT'.

"Firli bilang, saya punya utang budi, saya kasih hadiah kamu," kata Harun menirukan pernyataan Firli saat itu.

Tahun berlalu, Harun lantas menagih utang budi kepada Firli secara langsung saat ada kasus TWK, pada 2021.


Ia meminta agar namanya dan 74 pegawai KPK lainnya yang dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan diperhatikan dan meminta Firli tak berbuat zalim. Dia juga mengaku tidak meminta apapun selain kejelasan nasib 75 pegawai KPK.

"Utang budi yang dulu Anda bilang akan memberikan hadiah pada raja OTT itu enggak ada, mana?" ucap Harun, menirukan perkataannya ke Firli.

Ia juga bertanya alasan Firli bersikeras mengeluarkan dirinya bersama puluhan pegawai lainnya dari KPK.

Menurut Harun, Firli menjawab bahwa hal itu merupakan kehendak Allah SWT. Harun lantas menimpali bahwa kehendak Allah bergantung pada niat apa yang Firli lakukan.

"Dijawab terus sama dia. Intinya dia bilang bahwa ini di luar kehendak saya," kata Harun menirukan Firli.

Dari jawaban Firli, Harun lantas menafsirkan bahwa terdapat kekuatan besar di balik upaya pemecatan puluhan pegawai KPK. Kekuatan tersebut berada di luar kendali Firli dan sedang menekannya.

"Saya tafsirkan ada kekuatan besar di luar dia [Firli] itu yang sedang juga mem-pressure dia," ujar Harun.

KPK kembali menjadi sorotan setelah 75 pegawainya dinyatakan tidak lolos tes wawasan kebangsaan. Tes ini disebut menjadi syarat alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS.

Beberapa pegawai KPK yang tidak lolos diketahui sedang menangani kasus besar seperti korupsi Bansos Covid-19 dan suap ekspor benih lobster.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...yar-utang-budi

Saat dulu rapat bareng pegawai KPK.. Mereka d suguhi makan minum aja ga mau lho.. Masing2 bawa bekal tumbler minum/snack sendiri.. Pdhl cuma bagian biro SDM.. Alasannya agar tidak bias, integritas dan mencegah kebiasaan gratifikasi.. emoticon-Malu (S)

Eh pegawai KPK zaman now malah minta balas budi dan menagih hadiah.. Bagian penindakan lagi.. emoticon-Malu (S)

Luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hoorray dan 44 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
'Raja OTT' KPK Tak Lulus TWK, Minta Firli Bayar Utang Budi
30-05-2021 07:10
buzzerp mati2an nyerang kpk kayak ada bonus menanti

marketing judi online kalah dibanding buzzerp pendukug wowo-puan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cahmeneng dan 10 lainnya memberi reputasi
7 4
3
Memuat data ...
profile picture
kaskus geek
31-05-2021 10:25
@secer gak ngaruh tod.
0
profile picture
kaskus maniac
31-05-2021 10:25
@adhias

Wkwkwkw mau edit kok nanggung bre
emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskuser
31-05-2021 10:28
Woi debat sama org bego yah percuma lah
0
profile picture
kaskus addict
31-05-2021 10:54
KPK taliban kan benernya sudah ada sebelum isu taliban KPK dikenal luas. Itu maksudnya sebutan untuk anggota KPK yang militan, sudah lama beritanya, sudah lama juga dijelasin ama mantan ketua KPK. Gk ada hubungannya ama radikal beragama.


Terus kalo ada pertanyaan, apakah ditubuh KPK ada taliban? Kalo orang itu marah, kan aneh. Namanya jg tes, woles dikit lah, jgn tersinggung dikit² marah, ini petugas KPK loh, masak arogansi.

Ya tinggal jelasin aja loh, meluruskan arti KPK taliban yang sebenarnya. Toh itu pertanyaan tes, bukan penghakiman, atau pertanyaan menuduh.

Tes wawancara kerja pun ada yang aneh banget loh, contoh nyata ini, pertanyaan apakah kamu pernah mencuri bolpen? Coba mikir kalo yang marah ditanya itu, bakal lolos atau gak? Terus masa itu tes gk ada hubungannya ama wawancara kerja. Dipikirlah baik baik. Jangan nuduh pertanyaannya, fokus lah ama hasil jawabannya. Pertanyaan itu bukan menuduh, karena ini tes kebangsaan. Bukan pertanyaan penyidik kepolisian.

4
profile picture
kaskus holic
31-05-2021 12:31
Kalo dr pengalamn ane jd HRD. orang itu kan punya nilai yang dia pegang. Sering kali orang itu ga pernah merasa nilai yang dia pegang itu salah.

pernah lihat kan, orang berbuat jahat/ salah tapi dia ngerasa ga berbuat salah?

test2 essai kayak TWK td itu fungsinya disana. Memfilter orang2 yang ga sadar nilai yg dia pegang tadi.

orang yang ngetes nanya, trus si orang yg ditest jelasin jawaban dia. dari jawaban yang panjang lebar ini akan diambil point2nya

jadi orang yang jawab akan cenderung menjawab apa adanya krn ga ngerti apa tujuan dr pertanyaannya. makanya kerasa janggal pertanyaan2nya. padahal ya tujuan pertanyaan emang dibuat susah di tebak arahnya mau kemana.

dr pengalaman, soal macem TWK ini ketika dipake buat ngetes 100 orang, yang gagal bisa 20-50 orang gan wkwkwk

plus..
bocoran pernyataannya juga cuma dikit, ga semua pertanyaan di beber. mau bikin kesimpulan kalo TWKnya salah dari bocoran yg sedikit tadi ya kurang bijak rasanya.
4
profile picture
kaskus geek
31-05-2021 12:37
@double.jump spaket bre.. mau nuduh TWK abal abal ya harus ngerti semua pernyataan dan semua jawaban yang diberikan peserta test.
jangan satu dua soal dibawa keluar trus sampe masyarakat jadi kontroversi.
cara kek gini yang gw ngeliat kek pengarahan opini padahal mereka yang mewek pun gak 100% terbuka ngebabar semua soal semua jawaban cuma yang menguntungkan posisi mereka atas opini masyarakat aja mereka buka lainnya mereka ogah ngmong.
3
profile picture
kaskus holic
31-05-2021 12:39
@namdokmai betul

ane percaya, orang2 yang salah meski mau bangun opini dia orang baik pun, suatu saat akan kepleset dan ketahuan salahnya dimana.

ya kayak orang2 ga lolos di KPK ini


di mata najwa kelihatan kok mereka ini bangun opini berat sebelah.
2
profile picture
kaskus addict
31-05-2021 13:40
@double.jump Harusnya komen yg gini ada diatas... jd ga les kumon (ngeles, -red) lagi tu orang2... emoticon-Big Grin
1
profile picture
kaskus addict
31-05-2021 14:21
Makanya kalo mau sekalian dibuka jawabannya tuh yang gk lolos apa, buka semuanya sekalian. Tapi entar kalo dibuka, bakal play victim gk yang gk lolos itu. Entar bilang penggiringan opini, bilang tes rahasia kok diumbar publik.

Jujur gua awalnya jg ngerasa ada kepentingan buat keluarin petugas kPK tertentu. Tapi liat arogansi novel pas ke jurnalis tentang waktu jawab TWK, gua kok malah antipati. Ini orang arogansi amat.
0
profile picture
01-06-2021 08:27
@secer
Pala lu peang
-1
profile picture
02-06-2021 08:03
Lu maling!!!
Ayo buktikan kalo lo bukan maling!!!
Logika macam apa itu???











emoticon-Lempar Bata
-1
profile picture
kaskus maniac
02-06-2021 08:22
0
Memuat data ...
61 - 72 dari 72 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia