others
Batal
link has been copied
221
Lapor Hansip
26-05-2021 19:26

Air Terjun Curug Jenggala, Destinasi Wisata Alam yang Mempesona

Air Terjun Curug Jenggala, Destinasi Wisata Alam yang Mempesona
Assalamualaikum, Hai Agan dan Sista, bagaimana nih kabarnya? Ane doakan semua pada sehat wal'afiat dan selalu bahagia. Aamiin

Rutinitas tiap hari dan kungkungan pandemi covid-19 yang masih berlangsung, membuat sebagian dari kita merasa bosan dan jengah. Salah satu opsi untuk mengatasi hal tersebut adalah liburan. Jika Agan dan Sista berniat liburan dengan menjelajahi tempat wisata, mungkin destinasi wisata alam bisa menjadi pilihan.

Dalam thread kali ini, ane ingin mengajak Agan dan Sista jalan-jalan ke Banyumas. Tentu saja melalui referensi tempat wisata yang akan ane ulas di sini.

Berbicara tentang tentang tempat wisata di Banyumas, tentu saja banyak sekali lho, GanSist. Namun, kali ini ane mau referensi tempat wisata yang cocok buat liburan di Banyumas, yaitu Curug Jenggala. Sebuah destinasi wisata alam berupa air terjun yang eksotis abis nih, GanSist. Curug Jenggala ini berlokasi di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah.


Curug Jenggala adalah air terjun setinggi kurang lebih 30 meter yang berada di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu rangkaian air terjun yang berada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya, Curug Jenggala memiliki nama Curug Tempuan, mewakili kondisinya yang menjadi pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Berada di tempat wisata Curug Jenggala ini, Agan dan Sista bisa jeprat-jepret atau berfoto ria untuk mengabadikan kenangan selama berada di tempat wisata satu ini. Pemandangan yang indah, alam yang asri, serta air terjunnya yang eksotik membuat kita ingin berlama-lama berada di sini. Spot fotonya juga keren dan Instagramable abis.



Harga tiket untuk memasuki lokasi wisata Curug Jenggala ini sangat terjangkau, GanSist. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 baik pada hari biasa maupun hari libur dan parkir sebesar Rp 2.000, Agan dan Sista sudah bisa menikmati pemandangan alam wisata Curug Jenggala yang indah ini. Murah kan? Oh ya, tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 07.00-17.00 WIB. Curug Jenggala ini cocok banget sebagai tujuan berlibur GanSist bersama teman dan keluarga.

Akses menuju Curug Jenggala dari Purwokerto menempuh waktu kurang lebih 45 menit dengan kendaraan pribadi. Rutenya dari Jalan Raya Baturraden hingga pertigaan Desa Ketenger, kemudian belok ke arah Curug Bayan, kemudian pilih jalan naik menuju Dusun Kalipagu. Untuk menuju lokasi air terjun, Agan dan Sista harus melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 800 meter. Agan dan Sista bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Dari area parkir jalan yang dilalui berupa jalan berlapis bebatuan. Namun, saat melewati jalan ini, Agan dan Sista akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah berupa jalur pipa PLTA Ketenger, sawah dan kebun. Pesona Gunung Slamet pun bisa Agan dan Sista nikmati dari kejauhan.

Tips ane sih, sebaiknya Agan dan Sista memakai sendal atau sepatu untuk outdoor, karena saat melewati kawasan hutan, kondisi jalan terjal, curam dan licin. Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Curug Jenggala ini terbilang komplit. Ada area parkir, toilet, ruang ganti, mushola serta kedai atau kios-kios makanan.

Selain Agan dan Sista bisa menikmati pemandangan alamnya yang mempesona, di sini GanSist juga bisa menikmati kuliner khas Banyumas berupa tempe mendoan, oleh-oleh khas berupa kue nopia. Dijamin harganya terjangkau untuk kuliner-kuliner khas Banyumas tersebut.



Cukup sekian thread referensi tempat wisata di Banyumas yang cocok buat liburan. Tetap terapkan protokol kesehatan, pesan 3M dan jangan buang sampah sembarangan jika berkunjung ke sini ya, GanSist.

Terima kasih telah membaca thread ini. Jangan lupa tinggalkan jejak cendol, rate 5, koment dan sharenya. Sampai jumpa lagi dan wassalam.

Sumber: Opini pribadi dan referensi di sini
Gambar: Ig #explorebanyumas, google dan link tercantum.
Diubah oleh miniadila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 48 lainnya memberi reputasi
47
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Air Terjun Curug Jenggala, Destinasi Wisata Alam yang Mempesona
27-05-2021 07:33
Wah deket nih dari kampung ane Cilacap, mau coba main kalo mudik emoticon-Shakehand2
Diubah oleh sueeeeebener
0 0
0
profile picture
KASKUS Plus
27-05-2021 07:56
Cilacape ngendi gan? Nyong b Cilacap loh.
0
profile picture
30-05-2021 11:36
@anna1812
Maos gan, edek ora karo rika?
0
profile picture
30-05-2021 11:37
@anna1812 sis maksude wkwk emoticon-Matabelo
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia