perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri Hilang


Jakarta, IDN Times – Seorang nasabah Bank Mandiri bernama Asrizal Askha (49) mengaku kehilangan uangnya sebesar Rp128 juta yang ia simpan dalam tabungan. Berdasarkan informasi yang viral di internet, Asrizal mengatakan telah meminta penjelasan dari Bank Mandiri soal hal itu.

Namun alih-alih mendapat kembali uangnya, ia malah menerima konfirmasi bahwa telah terjadi penarikan dana dari tabungannya dan pihak bank mengatakan uang yang hilang dari rekening tersebut tidak bisa diganti lantaran transaksi yang terjadi adalah transaksi yang sah.

“128 juta HILANG,” tulis akun @Hlmimisan, Sabtu (22/5/2021).

1. Angka debit dimiliki dua kartu



Dalam utas di Twitter tersebut, akun tersebut mengatakan bahwa keputusan Bank Mandiri yang tidak mengganti uang tersebut cukup sulit diterima.

Ia juga menyayangkan pihak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tidak bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Bapak umur 49th udah nabung bertahun-tahun, pihak bank berdalil transaksi sah, CS bilang angka kartu debit dimiliki dua kartu, lah kok bisa-bisanya transaksi dianggap sah dan uang tidak diganti, bahkan OJK dan BI gak bisa bantu, hasilnya NIHIl, wadu serem juga bank lama-lama ye,” cuitnya.

Baca Juga: Pantau Nasabah Nakal, OJK Bakal Bangun Pusat Data Fintech

2. Meminta bantuan OJK



Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri HilangGedung Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK di Jakarta (IDN Times/Aldila Muharma)

Kejadian uang nasabah hilang tersebut terjadi pada 6 Februari 2021 lalu, namun baru ramai belakangan setelah diposting di Twitter.

Dari utas Twitter juga diketahui bahwa pihak nasabah telah mengajukan bantahan transaksi tersebut kepada Otoritas Jasa Keuangan pada 5 Februari 2021.

“Tindak lanjut CS mandiri membuat laporan kemudian mengganti kartu ATM saya dengan yang baru dengan alasan ada uang masuk 5 juta dan saya disuruh nunggu 11 hari kerja. Setelah 11 hari kerja ternyata mereka bilang gak bisa ganti uang saya yang hilang karena ini transaksi sah,” jelasnya.

Baca Juga: Di Tengah Pandemik, Penyaluran Kredit Bank Mandiri Tumbuh 9,10 Persen

3. Viral di Twitter



Viral Uang Tabungan Rp128 Juta di Bank Mandiri HilangANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kabar kehilangan uang ini menjadi viral di media sosial Twitter setelah diposting oleh akun @Hlmimisan. Berdasarkan pantauan IDN Times, ketika berita ini ditulis, postingan tersebut telah memperoleh 12,9 ribu retweet, 2.627 tweet kutipan, dan 24,4 ribu suka.

Tweet tersebut juga mendapat banyak komentar. Bahkan beberapa pengguna internet mengaku pernah mengalami hal serupa.

“Keamanan transaksi bank Mandiri memang patut diragukan. Sabar ya pak. Saya juga pernah hilang puluhan juta, lapor, marah-marah tapi ya tetap saja jadi tanggungan nasabah. Ditanya hasil investigasinya seperti apa gak dijawab. Orang-orang sekitar wajib memberi support,” tulis akun @nyoemhokgie membalas postingan tersebut.

“Kemaren saya juga terkena hal yang sama. Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba ATM melakukan transaksi debit sendiri. Padahal aku kalau transaksi selalu pake m-banking. Aku juga bingung kok begini… Pas aku lihat di data m-banking uangku emang terdebit dengan nominal sekian,” tambah akun @siskanoviw.

IDN Times telah menghubungi pihak Bank Mandiri untuk mengonfirmasi kabar ini, namun belum mendapat respons.

link


“Bapak umur 49th udah nabung bertahun-tahun, pihak bank berdalil transaksi sah, CS bilang angka kartu debit dimiliki dua kartu, lah kok bisa-bisanya transaksi dianggap sah dan uang tidak diganti, bahkan OJK dan BI gak bisa bantu, hasilnya NIHIl, wadu serem juga bank lama-lama ye,” cuitnya.
scorpiolama
hayolongaku
m4ntanqv
m4ntanqv dan 48 lainnya memberi reputasi
47
15.4K
371
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Tampilkan semua post
froyeAvatar border
froye
#88
Klo skimming berarti ada problem di security ATM dan kartu ATM dong ya,,
Jadi yang menyediakan jasa harusnya meningkatkan layanan dengan banyaknya kejadian seperti ini..

Apa lagi ini merupakan salah satu layanan mereka, Kita nasabah memang harus waspada, tp skimming dengan alat canggih yang ditempel di mesin ATM, saya yakin para pejabat bank atau orang berpendidikan juga bisa lengah dengan hal ini..

Note: itu klo kasusnya Skimming hehe
Diubah oleh froye 23-05-2021 10:43
0
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.