News
Batal
KATEGORI
link has been copied
380
Lapor Hansip
20-05-2021 12:24

Polsek Dibakar Massa karena Banyak Begal, Kapolda: Ini Kantor Masyarakat!

Agung Sandy Lesmana Rabu, 19 Mei 2021 | 14:42 WIB
Quote:Polsek Dibakar Massa karena Banyak Begal, Kapolda: Ini Kantor Masyarakat!
Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno (lima kanan) bersama Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto (enam Kanan) meninjau Maposek Candipuro yang dibakar oleh massa di Desa Titi Wangi, Candipuro, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (19/5/2021). ANTARA FOTO/Ardiansyah


Suara.com- Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno meminta masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga melakukan tindakan perusakan fasilitas negara. Pernyataan itu disampaikan Kapolda usai kantor Polsek Candipuro dibakar massa lantaran banyak kasus begal.

"Saya ingatkan kepada masyarakat jangan merusak fasilitas negara atau fasiltas umum lainnya, serta jangan mudah terprovokasi," kata dia usai melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala desa di Candipuro, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (19/5/2021).

Dia menyayangkan ulah masyarakat yang melakukan pembakaran kantor Polsek Candipuro, karena tindakan itu justru merugikan mereka.

"Kantor polisi itu adalah kantornya masyarakat, di wilayah ini ada masyarakat sebanyak 58 ribu orang, hanya karena sejumlah oknum memprovokasi lalu dibakar, tentunya ini kerugian bagi sekian puluh ribu orang di daerah ini," katanya.


Quote:Polsek Dibakar Massa karena Banyak Begal, Kapolda: Ini Kantor Masyarakat!
Kondisi Polsek Candipuro Lampung Selatan setelah dibakar warga, Rabu (19/5/2021). [ANTARA]


Kapolda mengatakan bahwa semua masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi yang baik, dan tidak dibenarkan sama sekali masyarakat melakukan tindakan-tindakan anarkis karena hal tersebut tak akan menyelesaikan masalah.

"Kalau masalahnya kinerja, akan kita perbaiki kinerjanya. Kalau masalahnya karena daerahnya rawan begal atau tindak pidana, itu bukan tugas polisi saja, tapi tugas bersama sebagai masyarakat untuk mengamankan daerah ini," kata dia.

Atas kejadian pembakaran kantor Polsek Candipuro tersebut, Kapolda menegaskan akan tetap mencari oknum-oknum yang merusak fasilitas publik tersebut guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Semua tindak pidana pasti ada tersangkanya. Kalau sampai merusak fasilitas negara, itu juga kan sama merusak fasilitas publik, kita akan cari perusaknya, kita tanya apa alasannya dan apa masalahnya sampai merusak," kata dia.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kantor Polsek Candipuro yang dirusak masyarakat dijaga ketat oleh pihak kepolisian serta beberapa bagian bangunan dipasangi garis polisi.

Di halaman Polsek terlihat sisa sepeda motor yang hangus terbakar, kemudian pos jaga yang juga ikut dirusak. Di dalam Polsek Candipuro yang memang sedang dalam masa rehabilitasi tersebut, sejumlah sarana prasarana juga ikut dirusak oleh oknum masyarakat.



Sumur:
Suara.com


marah masyarakatnya
emoticon-Takut







Tambahan berita
Quote:Polsek Candipuro Dibakar Massa, Ini Kasus Begal yang Sita Perhatian

Polsek Dibakar Massa karena Banyak Begal, Kapolda: Ini Kantor Masyarakat!
pembakaran Polsek Candipuro, Lampung Selatan. [Lampungpro.co]

SuaraLampung.id- Kantor Polsek Candipuro di Kabupaten Lampung Selatan dibakar massa, Selasa (18/5/2021) sekitar pukul 23.00 WIB. Pembakaran Polsek Candipuro ini diduga karena warga setempat kecewa dengan kinerja aparat polsek.

Seringnya terjadi kasus pembegalan kendaraan bermotor di wilayah Candipuro, Lampung Selatan, membuat masyarakat resah. Sementara aparat Polsek Candipuro belum menunjukkan kinerja maksimal dalam memberantas begal.

Hal inilah yang memicu kekecewaaan warga hingga berujung pembakaran kantor Polsek Candipuro, Lampung Selatan, Selasa (18/5/2021) malam.

"Begalnya lancar di sini. Warga kesal karena tak pernah ada tanggapan dan penangkapan," kata seorang warga dalam video berdurasi empat menit berisi pembakaran Polsek Candipuro.

Menurut catatan Lampungpro.co--media jaringan Suara,com, aksi massa ini terjadi hanya berselang seminggu pasca pembegalan yang paling menyita perhatian warga yakni perampokan bersenjata api terjadi di Desa Beringin Kencana, pada Selasa, 11 Mei 2021, pukul 11.30 WIB.

Pembegalan di siang bolong itu menimpa kanvaser rokok Aan Febrian (23) dan Samsul (25) warga Dusun Munjuk Sempurna, Desa Munjuk Sempurna, Kecamatan Kalianda Lampung Selatan, sehingga korban merugi Rp5,6 juta. Pelaku menembak pintu kiri Suzuki Gran Max BE 9178 YD yang mereka naiki hingga bolong dan melukai Aan.

Usai menembak, kedua begal menghentikan mobil putih itu. Begitu berhenti, salah satu pelaku menarik tas yang dibawa Aan berisi uang Rp600 ribu.

Sumur:
Suara.com
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Polsek Dibakar Massa karena Banyak Begal, Kapolda: Ini Kantor Masyarakat!
20-05-2021 12:38
Sebenere bingung juga sih..
Kalau di lingkungan banyak begal, peran masyarakat musti gimana?
Bikin patroli keliling kah? Semacam ronda gitu.
Pas di jogja rame klithih, sempet sih kek gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
profile picture
newbie
20-05-2021 19:42
hooh, giliran begalnya gak sengaja terbunuh sama warga, warganya bisa bisa ditangkep 🤣🤣
9
profile picture
kaskus maniac
20-05-2021 20:24
Giliran warga/korban membela diri sampai begalnya mati, yg disalahin warganya
0
profile picture
kaskus maniac
20-05-2021 21:09
aparat dibayar buat apa nongkrong di kantor sambil udud nunggu laporan, paling kerja cuma ngurusin SKCK emoticon-Leh Uga

kerja ky gitu enak, gaji bulanan ada, belom lagi kalo punya jatah preman, lumayan tu emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2021 22:00
@missv4pendeta halah...dtmpt ane tiap bentar ad aja polisi sm tni ganti2 ke rumah minta jatah k mertua. Punya bisnis hiburan legal. Tp ttp aja malak terus. Males banget liat muka2 mereka sok manis tp UUD.
0
profile picture
kaskus addict
20-05-2021 22:44
masyarkt hrs brgerak ni.. aparat gk bisa dhrapin
0
profile picture
kaskus maniac
20-05-2021 23:05


Kalo ada polisi ngapain masyrakat kudu patroli keliling
emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus maniac
20-05-2021 23:33
@PenguasaRomawi
gak bisa langgar uud, aparat tu yg tugasnya, sipil kerja bayar pajek buat apa, sipil nangkep maling udah nyalahin aturan, kalo polkis gak nangkep begal buat apa ada polkis,
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2021 00:01
@missv4pendeta skck udah di over ke pembantu polisi, udah gk ada cuannya lagi
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 00:29
@yandirgaa lumayan lah
walopun seharga rokok sebungkus.

apalagi kalo rame daftar CPNS pasti banyak tu.

kalo daerah ane antara 30-40rb, lumayanlah drpd nyegat tilang

Kalo gede pengalaman wkt di Cimahi ada tu yg malak pemilik Yayasan, minta THR, minta transfer bulanan.
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2021 00:42
@missv4pendeta oh. Klo daerah ane skck udah dibuat aturan biayanya 30rb langsung masuk kas negara. Makanya di oper
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 00:45
@yandirgaa
ya gak tau masuk kas atau enggak
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2021 00:52
@rizza2344 kayaknga mungkin harus dibedakan antara begal dan rampok
Begal gk di pemukiman penduduk gan

Jadi kalau peran masyarakat untuk antisipasi perampok
Ada daerah yg rutin dijaga dengan ngeronda bergilir
Masing masing bawa HT, pernah ada kejadian maling mobil pickup, dikepung dijegat
Di matiin ditempat sama warga sekitar
Lalu dibuang dipinggir jalan raya
Pas olah TKP masyarakat sekitar bilang gk tau, dan polisi pun sebenernya tau yang mati itu perampok
Dan berlalu begitu saja

Sedangkan begal ?
Aksinya di jalan yg rawan, jauh dr pemukiman, sepi, minim cahaya
Pernah masyarakat yah jaga diri sendiri aja udah, berusaha untuk sebisa mungkin tidak keluar/pulang sendiri dengan kendaraan bermotor
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 02:29
@0newaccount0 @rizza2344
berlaku kan jam malam, apalagi kalo bukan jalan yg dilalui jangan tempat sepi
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 04:18
@0newaccount0 @rizza2344 @missv4pendeta wkwkwk.. Jam malam.. Yg kerjanya malem trus gimana?
Di jogja solusinya dulu bagus, klitih boleh ditembak. Yg ngomong kapolda. Dan lgsg ada efeknya. Yg nembak liposi ya, bukan warga.
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 04:31
@biglingz @0newaccount0 @rizza2344 klithi kan itu ada genknya, kalo dah tau anak mana, gampang kelcaknya, temen ane ada lulusan Muhi jogja temennya banyak yg ngelithi anak sekolah lainnya, begitu sebaliknya.

itu yg di rengrod anak UGM juga salah sasaran klithi,

mau di dor juga gak efek emang wajib tu anak2 muda jogja digembelng jadi
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 04:57
@missv4pendeta geng apa mas. .
Di jogja wes gak ada geng2 an cem jaman dulu. Jaman qzr, hrz, joxin,. Atau jaman2 geng sma macem gnz, gnb,
Udah beda banget lah.

Skrg isinya bayi2 semua itu. Banyak yg ndak sekolah. Dan mereka ngerandom sasarannya. Cuma buat gaya2an pas mabok.
1
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 06:59
@biglingz ada yg begitu ada yg masih krn motif dendam atau masalah emosi aja. Jogja sendiri sih miras banyak yg jualan, bocil2 cpt rusak kalo dah kenal miras & rokok
0
profile picture
kaskuser
21-05-2021 10:50
Kalo ditempat ane pernah kejadian begal ketangkep warga g di apa apain lsg diserahkan ke Polsek.besoknya perwakilan warga dipanggil polisi malah dinasihatin kalo ada kejadian lagi jangan langsung diserahin polisi dihajar dulu gpp minimal patah kaki tapi jangan sampe mati katanya hukumannya sebenentar habis keluar pasti kambuh
2
profile picture
kaskuser
21-05-2021 12:14
@riezazura buset ini aparat yg bilang gan??? wow
0
profile picture
kaskus addict
21-05-2021 15:50
Polisinya kurang respon akibatnya masyarakat ronda sendiri. Ketika masyarakat yg menindak pelaku kejahatan dijerat pasal main hakim sendiri. Repot.

Masih ingat korban begal klitih tabrak pelaku klitihnya, berakhir di penjara.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 21 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia