Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
Lapor Hansip
18-05-2021 20:20

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Aneka olahan talas kekinian

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Assalamualaikum sahabat Kaskus ....


Jumpa lagi di thread terbaru saya.
Kali ini kita kembali akan mengulas aneka kuliner yang berbahan lokal khas Indonesia.

Wilayah Indonesia yang luas dan terletak di daerah tropis memang menjadi surga tanaman. Indonesia juga dikenal dengan biodiversitas vegetasi alam yang kaya.

Bahkan saking luasnya wilayah kita, hingga penduduknya memiliki aneka macam makanan pokok. Salah satunya umbi-umbian alias keladi.

Bagi yang tidak terbiasa mengonsumsi keladi sebagai makanan pokok tentu akan terasa aneh di lidah. Namun, jangan khawatir untuk yang ingin menikmati talas dengan citarasa modern. Ini ada deretan kuliner yang bisa menginspirasi Agan sista untuk memasaknya di rumah.

Talas ternyata bisa diolah menjadi kulini dengan citarasa asin, gurih ataupun manis. Apa sajakah kuliner kekinian berbahan talas?



Quote:Talas dikenal sebagai taro, juga menjadi salah satu perasa populer pada es krim, kue hingga puding. Bentuk teksturnya yang lembut serta warna ungu yang dihasilkan talas memang membuat tampilan hidangan makanan semakin menggugah selera. Penting juga dalam memilih talas yang tepat, yaitu pilih talas yang tidak kering dan tidak banyak bintik hitamnya serta tidak lembek bagian bawahnya.


1. Bolu talas.

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas
klik

Siapa yang tak suka dengan bolu alias cake. Kuliner yang satu ini rasanya lembut manis, apalagi jika ditambahkan talas kukus yang sudah dihancurkan. Rasanya lebih enak loh! Harum talas dan lebih empuk.

Sekarang banyak loh toko kue yang berinovasi mengembangkan bolu talas baik online ataupun offline. Biasanya bolu talas lebih enak dikukus dibanding dipanggang.



2. Muffin talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas
klik

Kue yang mirip cup cakes ini banyak diminati karena rasanya yang enak. Muffin yang merupakan kuliner mirip bahan roti ini berbedanya karena ditambahkan baking powder.

3. Donat talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Siapa yang tak suka dengan kue yang terkenal bolong di tengah-tengahnya? Ya donat atau doughnut yang merupakan pastri empuk plus manis ini ternyata bisa dikombinasikan dengan talas loh. Kebayang dong makin empuk dan sedikit crunchy.

4. Puding talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Makanan yang sering masuk sebagai dessert ini sangat menggugah selera. Bisa juga dipakai sebagai makanan pembuka alias appetizer. Teksturnya yang lembut dengan aroma khas taro.

5. Kroket talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas


Makanan bercita rasa gurih ini biasanya terbuat dari kentang.

Kroket sebenarnya merupakan resep asli dari Prancis dengan nama ‘croquette’ yang diucapkan menjadi ‘kroket’.

Awalnya, camilan ini dimasak oleh koki Istana Prancis dan menjadi makanan kesukaan Raja Prancis, yaitu Louis XIV, sekitar tahun 1691.

Kroket talas memiliki citarasa yang unik. Empuk dan agak padat. Namun renyah dan gurih.

6. Bolu lapis talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Jika kita mengenal bolu lapis surabaya atau bolu lapis khas orang chinese yang suka dipakai dalam hari raya Imlek. Kali ini varian lain bolu lapis yang kekinian dan sedang viral. Ya bolu lapis talas terutama di kota Bogor sangatlah diminati.

7. Bola bola talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Jika selama ini kita hanya mengenal bola-bola manis dari singkong atau ubi. Kali ini jenis umbi talas bisa juga dipakai untuk membuat bola-bola gurih dan kenyal mirip tekstur cilok.


8. Bakpau talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Kuliner yang berasal dari negeri Tiongkok ini memang sudah berakuly dengan cita rasa lokal. Salah satunya inovasi bakpau dari talas. Bakpau memang mirip adonan donat hanya berbedanya memakai teknik kukus dan penambahan baking powder.

9. Es krim talas

9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas

Hmmm mendengar nama kuliner segar yang satu ini rasanya langsung membuat cacing di perut meronta-ronta. Apalagi jika dinikmati di siang bolong lumernya gak tertahankan Gansis!

Es krim taro atau talas ini rasanya ga kalah enak dari varian cokelat atau vanilla atau rasa es krim lainnya.

Bagaimana Gansis? Ternyata talas tak hanya dinikmati sebagai keripik atau kolak saja kan, bisa dikombinasikan dengan bahan lain menjadi makanan yang lebih bernilai gizi dan harganya.


Semoga bermanfaat ....

Opini pribadi:
Sumber dan gambar:
klik
Instagram; @alftath_aqd_91
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
over.power dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
9 Inspirasi Kuliner Kekinian Buat Yang Bosan Menikmati Olahan Talas
18-05-2021 20:22
Yang penasaran resepnya ini saya kasih🥰:

Resep bolu talas


Bahan:

- 200 gram tepung terigu

- 1 sdm pasta talas

- 180 gram gula pasir

- 2 butir telur

- 1 sdt SP

- 150 ml susu cair

- 1/4 sdt vanilli bubuk

- 1/2 sdt baking powder

- 1/4 sdt garam


Cara membuat:

- Siapkan wadah masukkan telur dan gula, garam dan vanilli mixer dengan kecepatan tinggi

- Setelah adonan mengembang tambahkan SP mixer sampai adonan berubah menjadi kaku

- Kemudian tambahkan tepung terigu yang sudah diayak bersama baking powder, tambahkan secara bertahap.

- Turunkan mixer kecepatan rendah, tambahkan susu cair mixer sampai semua tercampur rata kemudian matikan

- Setelah itu tambahkan dengan pewarna perasa talas, aduk hingga semua adonan tercampur dan berubah warna.

- Panaskan kukusan kemudian masukkan adonan ke loyang yang sudah diolesi mentega dan terigu kukus kurang lebih 30 menit.

- Angkat dan sajikan menggunakan topping sesuai selera.


Resep muffin talas


Bahan:

- 200 gr terigu protein sedang

- 1 sdm baking powder

- 1/2 sdt baking soda

-125 gr gula pasir diblender

- 100 gr butter/margarin, lelehkan

- 150 ml Susu UHT plain

- 1 butir telur

- 1 sdt pasta talas

- Topping: Keju parut/almond slice


Cara membuat:

- Timbang bahan kering: tepung terigu, baking powder, baking soda, gula pasir dan ayak.

- Campur bahan basah: susu, telur dan pasta talas.

- Dalam mangkuk, campur bahan kering dan tuang susu dan telur perlahan. Tambahkan juga butter leleh.

- Aduk seperlunya, 10 kali putaran aja. Jangan berlebihan nanti bantat.

- Tuang di cup muffin, cukup 3/4 tinggi cupnya. Taburi topping.

- Panggang di oven yang sudah dipanaskan 170-180 derajat. Panggang sampai matang 20-25 menit.

- Dinginkan dan siap disajikan.


Donat talas


Bahan:

- 100 gram tepung terigu protein sedang

- 300 gram tepung terigu protein tinggi

- 150 gram talas, kukus dan haluskan

- 1 bungkus ragi instan

- 100 gram margarin

- 70 gram gula pasir

- 2 butir telur

- sejumput garam

- 100 ml air


Cara membuat:

- Aduk tepung, talas, ragi, gula, telur, dan air.

- Uleni sampai kalis.

- Tambahkan margarin dan garam.

- Aduk terus sampai benar-benar kalis.

- Diamkan selama 30 menit.

- Kempiskan adonan dan bulatkan serta lubangi tengahnya.

- Diamkan selama 10 menit.

- Panaskan minyak dan goreng donat sampai matang atau kecokelatan.

- Setelah dingin, beri topping sesuai dengan selera.


Puding talas


Bahan:

- 250 gram talas kukus

- 2 bungkus agar-agar putih

- 250 gram gula pasir

- 65 ml santan

- 2 sdm maizena

- 1200 ml air


Cara membuat:

- Talas kukus haluskan menggunakan garpu atau blender, Sebagiannya potong-potong dadu

- Campur air dan talas yang sudah dihaluskan terus disaring. Setelah disaring campur semua bahan dan masak sampai mendidih. Kemudian tuangkan kecetakan.

- Sebelum tuang adonan ke loyang basahin dulu cetakannya.

- Dinginkan selama kurang lebih 1 jam di kulkas dan sajikan.


Kroket talas


Bahan:

- 1 kg talas

- 1 butir kuning telur

- 50 gram butter

- 2 sdm susu bubuk

- Pala bubuk secukupnya

- Merica bubuk

- Garam

- Kaldu bubuk (opt)

- 2 butir telur untuk pencelup

- Secukupnya tepung roti


Bahan isi:

- 4 kentang potong kecil2

- 2 wortel potong kecil2

- 1 bagian dada ayam, ambil dagingnya,cincang

- 6 bawang putih cincang

- Seledri

- 100 ml susu cair

- 1 sdm saus tiram

- 1 sdm kecap asin

- Garam

- Gula

- Merica


Cara membuat:

- Kupas talas, cuci dengan air garam dan asam jawa. Cuci lagi, lumuri garam, kukus atau rebus sampai empuk, angkat haluskan. Sambil menunggu talas dingin, masak bahan untuk isi

- Tumis bawang sampai wangi, masukkan daging ayam cincang, masak sampai berubah warna. Masukkan kentang dan wortel, beri sedikit air aduk rata.

- Masukkan susu dan bahan lain kecuali seledri. Masak sampai matang dan air menyusut, tes rasa, masukkan seledri, angkat dan dinginkan

- Campur talas yang sudah dihaluskan dengan telur, butter dan bahan lainnya. Uleni sampai tercampur rata

- Ambil adonan talas, bentuk bulat dan pipihkan. Beri isian, tutup, bentuk bulat lonjong atau sesuai selera

- Celupkan ke dalam telur, gulingkan ke tepung roti, ulangi sekali lagi

- Goreng dengan api kecil sedang sampai kuning kecokelatan atau golden brown. Angkat dan sajikan


Bolu lapis talas


Bahan:

- 100 gr tepung talas

- 100 gr tepung terigu

- 150 gr gula pasir

- 1 sdt SP

- 3 butir telur

- 2 sdm susu bubuk

- 1/4 sdt baking powder

- 125 gr margarin (cairkan)

- Pewarna kuning dan ungu

- Topping: buttercream dan keju parut


Cara membuat:

- Campur tepung talas, terigu, baking powder dan susu bubuk. Aduk rata. Sisihkan.

- Mixer telur, gula, SP sampai mengembang kental. Turunkan speed, tambahkan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata kembali.

- Tambahkan margarin, lalu aduk balik dengan spatula hingga merata. Bagi adonan menjadi 2, masing-masing diberi pewarna kuning dan ungu.

- Panaskan kukusan, tuang adonan kuning ke loyang yang sudah dialasi baking paper/olesi mentega.

- Kukus 15 menit. Lalu tuang adonan ungu. Kukus kembali 20 menit.

- Keluarkan loyang dari kukusan. Tunggu hingga dingin, keluarkan dari loyang. Olesi permukaan bolu dengan butter cream dan beri parutan keju. Lalu potong sesuai selera.


 Bola-bola talas:

Bahan:

- 700 gram talas rebus

- 350 gram tepung sagu

- Sejumput garam

- Minyak bawang secukpnya


Topping:

- 300 gram kacang sangrai dan dihaluskan

- 1 sdm gula pasir (terserah selera)

- 300 gram ebi, rendam dengan air panas, blender dan tumis sampai wangi dengan sedikit garam

- 2 batang seledri, iris halus

- Bawang goreng secukpnya

- 10 cabe merah keriting haluskan

- 2 siung bawang putih


Cara membuat:

- Lumetkan talas dengan ulekan atau centong sayur, masukkan tepung sagu selagi talas masih hangat, aduk rata.

- Balur tangan dengan tepung sagu biar tidak lengket, bulat- bulatkan adonan sekitar 2 kali besar kelereng.

- Setelah jadi bola bola talas ini, bisa disimpan di kulkas.

- Rebus air sampai mendidih, ambil secukupnya dan rebus bola-bola talas sekitar 5 menit, angkat tiriskan dan sajikan dalam piring yang sudah ditaruh sedikit minyak bawang.

- Buat topping: masukkan kacang sangrai ke dalam wadah, tambahkan gula pasir.

- Ebi, rendam dengan air panas, blender dan tumis sampai wangi dengan sedikit garam. Masukkan ke dalam wadah kacang. Tambahkan seledri dan cabai yang sudah dihaluskan. Aduk rata.

- Tata bola bola talas dalam piring dan tuangi dengan topping derta tambahkan bawang goreng.


Bakpau talas


Bahan:

- 150 gram tepung terigu

- 3 sdm gula bubuk

- 2 tetes esens talas

- 1 sdt ragi instan

- 1 sdm munjung mentega

- 30 ml air es

- 1/4 sdt garam

- 1/4 sdt baking powder


Isi:

- 50 gram talas kukus haluskan

- 2 tetes esens talas

- 3 sdt gula bubuk

- 2 sdm santan kental kara

- 30 ml air

- sedikit vanili dan garam


Cara membuat

- Buat adonana kulit dengan mencampurkan tepung terigu, baking powder, ragi instan, garam aduk merata dan masukan mentega, esens talas uleni. Lakukan hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan lalu diamkam, tutupi dengan lap ± 1 jam.

- Buka dan uleni lagi dan diamkan lagi sebentar.

- Buat isian dengan campurkan talas, gula halus aduk merata.

- Campurkan di panci santan kental, air, vanili, garam, esens talas dan masukan talas sambil dimasak menggunakan api kecil, aduk sampai merata dan mengering, angkat.

- Pisahkan adonan kulit menjadi beberapa bulatan boleh 4,5,6 sesuai selera dan pipihkan lalu ambil 1 sdt adonan isi taruh ke dalam adonan kulit dan bulatkan seperti kelereng dan alasi menggunakan kertas roti/daun pisang

- Kukus kurang lebih 7 menit angkat dan siap dihidangkan.


Es krim talas



Bahan :


200 gr talas segar ( kukus haluskan )

gula pasir 100 gr

garam halus 1/2 sendok teh

santan kelapa 225 ml

krim bubuk 125 gr

gelatin 3 lembar ( larutkan )

20 gr tepung meizena ( larutkan dengan sedikit air )

air es 250 ml

pewarna makanan merah muda secukupnya

Cara Membuat Es Krim Talas :


Campurkan air es dengan krim bubuk dan pewarna merah muda

Kocok dengan mixer sampai setengah mengembang lalu masukkan kedalam freezer

Blender talas yang sudah dikukus sampai halus dan lembut

Tambahkan gula pasir, garam dan tepung meizena

Masak diatas api kecil sampai meletup-letup dan kental

Masukka larutan gelatin sambil diaduk rata dan biarkan sampai benar-benar hangat

Ambil krim kocok didalam freezer lalu campurkan dengan bahan yang dimasak

Aduk hingga merata lalu masukkan kembali kedalam freezer sampai beku dan halus

Cukup mudah bukan Resep Cara Membuat Es Krim Talas yang enak dan lembut dilidah ini. Makanan yang tidak asing ini teryata memang mudah untuk dibuat dengan hasil olahan tangan sendiri.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustiarny dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus geek
18-05-2021 21:32
wah dikasih bonus resepnya emoticon-Big Grin tengkyu sis nanti ane coba bikin emoticon-Peluk
1
profile picture
Education Enthusiast
18-05-2021 21:46
@dhinyzfrn siap sis🥰
0
profile picture
KASKUS Plus
19-05-2021 01:49
coba dipisqh per resep bun biar lebih enak hehe. Yummy smua
0
profile picture
KASKUS Plus
19-05-2021 01:49
diquote
0
profile picture
kaskus maniac
19-05-2021 23:16
Wih makasih banyak infonya gan! Ane penasaran jadinya sm kroket dan pudding talas
0
profile picture
kaskus maniac
21-05-2021 19:54


Wahhh ini dia nih yang ditunggu tunggu, makasih ya udah berbagi resepnyaaa hehehe nanti dicoba deh
0
profile picture
kaskus maniac
25-05-2021 14:20
Wah makasih gan resepnya bisa dicoba nih dirumah
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia