News
Batal
KATEGORI
link has been copied
25
Lapor Hansip
15-05-2021 08:38

Covid-19 Meroket Tanpa Henti, Singapura Kembali Lockdown, Bandara Changi Ditutup

KOMPAS.com - Singapura kembali berada dalam status lockdown parsial efektif mulai Minggu (16/5/2021) hingga 13 Juni mendatang.

Kebijakan ini diumumkan oleh Gugus Tugas Covid-19 setelah kasus harian komunal virus corona di negeri "Singa" meroket tanpa henti sejak 27 April lalu.

Data terbaru Jumat sore (14/5/2021) dari Kementerian Kesehatan (MOH) menunjukan 52 kasus baru Covid-19 termasuk 24 kasus infeksi di masyarakat. Total kasus virus corona Singapura saat ini adalah 61.505 kasus.

Bandara Internasional Changi menjadi klaster terbesar dengan 59 kasus. Bandara yang berkali-kali dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia akan ditutup hingga dua pekan ke depan.

Analisis sementara menunjukan, mayoritas pasien yang terpapar Covid-19 di Changi bekerja di area terminal 3 yang menerima pendatang dari negara berisiko tinggi, misal negara-negara Asia Selatan seperti India.

Sebagian dari pekerja ini positif terinfeksi virus corona varian B1617 dari India yang sedang berkecamuk di kawasan Asia.

Klaster kedua terbesar pandemi corona ini berasal dari Rumah Sakit Tan Tock Seng dengan 44 kasus.

Keputusan memberlakukan lockdown parsial juga dilatarbelakangi meningkatnya rataan tujuh hari angka kasus komunal yang tidak dapat ditelusuri asal-usulnya menjadi 2,29 kasus.

Ini merupakan kenaikan yang drastis mengingat selama 10 bulan terakhir, rataan angka ini konsisten mendekati nol.

Jumlah maksimum warga yang dapat berkumpul bersama dikurangi dari 5 orang menjadi 2 orang. Setiap rumah juga diizinkan hanya menerima maksimum 2 orang tamu sehari.

Pemerintah "Negeri Merlion" melarang makan di tempat karena berpotensi sangat besar menyebarkan virus dari kota Wuhan, China ini.

Pusat-pusat makanan seperti hawker, food court, dan restoran diizinkan beroperasi hanya untuk take away atau membawa pulang makanan.

Kebijakan take away ini sebelumnya juga diterapkan pada lockdown parsial atau circuit breaker Singapura tahun lalu dari 7 April hingga 1 Juni 2020.

Acara pemberkatan pernikahan masih diizinkan dengan maksimum 50 hadirin namun acara resepsi pernikahan harus dibatalkan.

Pusat-pusat kecantikan dan kebugaran seperti tempat facial wajah, spa, dan sauna juga harus menutup pintu toko mereka selama satu bulan ke depan.

Perkantoran diwajibkan melaksanakan work from home (wfh). Adapun sebelumnya 50 persen karyawan masih dapat bekerja di kantor.

Bioskop tetap dapat beroperasi dengan dibatasi 50 orang untuk penonton yang belum melakukan testing Covid-19 dan 100 orang jika sudah melakukan testing. Konsumsi makanan dan minuman dilarang dalam bioskop.

Pusat-pusat atraksi seperti museum, wahana, dan pertunjukan live harus mengurangi daya tampung pengunjung menjadi maksimum 25 persen.


https://www.kompas.com/global/read/2...ckdown-parsial

Dengan populasi hanya sekitar 5jt an, persentase kasus 50 per hari itu sangat besar emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
munapigg dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Covid-19 Meroket Tanpa Henti, Singapura Kembali Lockdown, Bandara Changi Ditutup
15-05-2021 11:04
Di singapore ada yg teriak vaksin itu haram gak om?
0 0
0
profile picture
Auto Banned
15-05-2021 12:17
Ga ada. Kalau di Amerika ada, itu pendukung trump
0
profile picture
kaskus geek
15-05-2021 13:23
Percuma divaksin. Biden aja kasih dua pilihan : mau vaksin silahkan lepas masker, gak mau vaksin silahkan pakai masker.
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia