News
Batal
KATEGORI
link has been copied
201
Lapor Hansip
08-05-2021 12:23

Kritik Keras UAS, Husin Shihab: Ustadz Model Kek Gini Bikin Negeri Gak Maju-maju

Kritik Keras UAS, Husin Shihab: Ustadz Model Kek Gini Bikin Negeri Gak Maju-maju

Terkini.id, Jakarta – Husin Alwi Shihab mengkritik penceramah kondang Ustadz Abdul Somad (UAS) soal pernyataan UAS mengenai hukum seorang muslim masuk gereja.

Melalui akun Twitter miliknya, Husin menilai bahwa tipikal penceramah seperti UAS membuat bangsa Indonesia semakin terkebelakang.

Husin mengatakan bahwa pernyataan UAS akan menguras pikiran karena dinilai sentimen.



“Model begini yg bikin negeri ini gak bakal maju-maju. Tenaga dan pikiran kita akan banyak dikuras untuk ngurusin sentimen beragama,” ujar Husin Shihab, dikutip oleh terkini.id, Rabu 5 Mei 2021.

Menurut Husin, jika fenomena penceramah seperti UAS tetap dibiarkan, maka akan berdampak pada kemajuan negeri ini.

“Ini akan terus terjadi dari generasi ke generasi jika ustad model begini terus dibiarkan ceramah tanpa memikirkan perasaan penganut agama lain,” lanjutnya.

Dalam cuitannya tersebut, Husin mengunggah pemberitaan mengenai UAS yang menyebutkan bahwa haram hukumnya seorang muslim masuk tempat ibadah agama lain.

“Haram hukumnya masuk ke rumah Ibadah orang lain. Haram! Karena Nabi tak mau masuk ke dalam tempat Ibadah, jika di dalam itu ada patung berhala,” ujar UAS dikutip dari Insertlive oleh terkini.id, Selasa 4 Mei 2021.

UAS kemudian menjelaskan bahwa dalam Mazhab Syafi’i, memasuki tempat ibadah agama lain hukumnya haram karena terdapat berhala di dalamnya.
“Maka dalam Islam, mazhab Syafi’i mengharamkan masuk ke dalam rumah Ibadah yang di dalamnya ada berhala,” jelas UAS.

Pernyataan UAS ini terekam pada video yang diunggah YouTube pribadi ketika dimintai tanggapan tentang film The Santri ketika ada adegan santri membawa tumpeng masuk ke Gereja.

UAS kemudian mengingatkan agar tak melupakan persoalan akidah karena dalih toleransi semata.

“Ini sekarang banyak yang kebablasan, mana toleransi, mana telur asin. Jangan karena toleransi mengorbankan akidah,” terang UAS.



https://makassar.terkini.id/kritik-k...gak-maju-maju/


profile-picture
profile-picture
profile-picture
japutra dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kritik Keras UAS, Husin Shihab: Ustadz Model Kek Gini Bikin Negeri Gak Maju-maju
08-05-2021 12:26
urusan internal


Kritik Keras UAS, Husin Shihab: Ustadz Model Kek Gini Bikin Negeri Gak Maju-maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pedoabadke7 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 14:09
padahal untuk memahamii Al Quran itu diperlukan akal pikiran. dan itulah kenapa manusia lebih baik dibanding makhluk lain. Kwetiauw somplak
1
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 14:54
Andai di seluruh dunia diserang wabah zombie yang memangsa otak, di Indo pasti survivalnya paling banyak.. emoticon-Malu (S)
2
profile picture
kaskus maniac
08-05-2021 15:03
@masgembus
memahami Alqura'an itu emang diperlukan akal pikiran, tapi yang dimaksud oleh FS itu, akal pikiran bukan panduan dalam hidup.

masih terlalu mentah elu memahami suatu kalimat dan kehidupan.
-5
profile picture
kaskus maniac
08-05-2021 15:05
@Raelagh
orang Islam.
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 18:42
@The.Lord.of.Uni tp akal pikiran itu jg salah satu sumber panduan dalam islam....
0
profile picture
kaskus maniac
08-05-2021 19:26
@campusnight
keliru bingit elu.

akal pikiran itu untuk memahami, bukan panduan.

analoginya, yang jadi petunjuk jalan itu, peta, akal digunakan untuk memahami peta.
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:17
@masgembus @The.Lord.of.Uni kalau akal pikiran bukan bagian dari panduan hidup, apa bedanya dengan BINATANG. Justru akal pikiranlah FILTER dan pembeda manusia dengan binatang
0
profile picture
kaskus maniac
08-05-2021 20:37
@masgembus @superandroid
cara berfikir elu masih mentah banget, mendewakan akal, padahal akal pikiran manusia itu penuh dengan relatifitas dan subjektifitas.

sederhana aja logikanya . . .
kalo elu jalan, terus tersesat, apaka elu akan berfikir keras cari jalan dengan mencoba coba, atau elu bertanya ke orang guna dapetin jalan yang bener?

masih mentah cara berfikir elu cui.

nurut akal pikiran elu, gay, lesbi, itu bener atou salah?
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:39
@masgembus @The.Lord.of.Uni lu mau bicara gay, lesbi ?? Udah lu baca kisah luth hmmm SAMPAH, klau itu yg lu omongin, udah dari jaman nabi masalah gituan udah ada🤣🤣🤣jejak sejarah gay, lesbi udah lama ada🤣🤣🤣jangankan gay, lesbi, perang pun udah ada sejak jaman nabi adam🤣🤣🤣
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:42
@masgembus @The.Lord.of.Uni berapa banyak itu isi manual book menyuruh manusia UNTUK BERFIKIR, apa lu mau DENIAL manual book yg jelas2 MENYURUH MANUSIA BERFIKIR
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:45
Siapa yang ngajarin anak adam cara menguburkan manusia, coba lu jawab yg bener ya SAMPAH, apa itu anak adam bisa nguburin manusia kalau bukan belajar dari BURUNG GAGAK, nach BURUNG GAGAK yg ngasih contoh cara menguburkan manusia. MANUAL BOOK jangan dipahami cuma secara TEKSTUAL, pahami juga KONTEKSTUAL, makanya keluar tafsir untuk memahami kitab suci secara KONTEKSTUAL
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:47
Ada 71 ayat yang menyuruh MANUSIA UNTUK BERFIKIR, artinya apa wey sampah, jelas2 manual book mengajarkan MANUSIA UNTUK BERFIKIR
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:51
Ayat-ayat yang mencela dan menghardik orang-orang yang tidak mau berfikir. Untuk mencela orang-orang yang tidak berfikir dan tidak menggunakan akal, al-Qur’an banyak menggunakan tanda tanya yang bersifat negatif seperti:
Apakah kamu tidak menggunakan akal fikiran (afala ta’qilun)?
Apakah kamu tidak berfikir (afala tatafakkarun?)
Apakah kamu tidak melihat (afala tubsirun)?
Apakah kamu tidak ingat (afala tadzakkarun)?
Apakah mereka tidak mendalami (afala tadabbarun)?
0
profile picture
kaskus addict
08-05-2021 20:58
Gua kasih tahu lu ya SAMPAH, gay, lesbi itu ga lebih dan ga kurang adalah PENGULANGAN SEJARAH MASA LALU
0
profile picture
kaskus addict
09-05-2021 02:43
@The.Lord.of.Uni kalau ijtihad?
0
profile picture
kaskus maniac
09-05-2021 03:50
Kenapa islam ada aliran bermacam macam...ya karena akal n pikiran manusia beda beda..somad dengan waloni beda..somad dengan tengkudul beda..yg sama sok paling tau n paling dalam ilmunya..kan daglox maksimal...orang berilmu ga bakal merasa sok paling..orang berilmu ga bakal mengkofar kafirkan orang lain..orang berilmu ga bakal kaya rijik sihab..jelas itu barang emoticon-Traveller..makanya segala hal harus ada sanad n guru nya..guru bener murid daglok aja banyak..ehh malah banyak jaman now belajar dari guru yg nyata2 salah..
1
profile picture
kaskus maniac
09-05-2021 05:50
@superandroid
yang gua tanya itu, menurut akal pikiran elu, gay atou lesbi itu bener atou salah? itu dulu . . . . .

kembali elu salah memahami, disuruh berfikir, bukan berarti fikiran yang menjadi panduan.

Analogi sederhana lagi, yang jadi penunjuk arah itu, kompas, bukan otak elu, otak elu cuman disuruh berfikir untuk memahami cara kerja kompas dan gimana gunain kompas.
0
profile picture
kaskus maniac
09-05-2021 06:04
@campusnight
sama aja cui, ijtihad itu rtinya, sederhananya juga, berfikir, berfikir untuk mencari jalan yang bener sesuai petunjuk yang ada.

analogi sederhana lagi cui.
kita kan kenal yang namanya teori, secara sederhana, teori itukan simplifikasi dari dunia realita, dan namanya teori, tak lah dimaksudkan untuk mengilustrasikan dunia nyata secara mendetail. teori hanya sebatas garis besar dari dunia nyata, dibuat sesimpel mungkin agar mudah dipahami orang yang membacanya.

contoh kasus, secara harafiah, yang diharamkan itu adalah khamar. Bagaimana dengan narkoba, yang jelas nggak ada disebutkan dalam AlQur;an?. dengan berijtihad, berfikir, menganalogikan ke Khamar, maka hukum dari narkoba adalah haram.
0
profile picture
kaskus maniac
09-05-2021 06:09
@kardison
elu sok bijak, tapi tanpa sadar, isi postingan elu juga udah menghakimi orang yang beseberangan pemahaman dengan elu.

what the fake it is
0
profile picture
kaskus addict
09-05-2021 07:33
@The.Lord.of.Uni lu bicara LGBT, baca fakta sejarah bahwa itu adalah PENGULANGAN SEJARAH, ga lebih ga kurang. Yang bikin ketawa itu jelas2 SIMRONGOS SO MAD🤣🤣🤣udah jelas2 dalam kisah sejarah pun ada, khalifah umar pernah masuk ke dalam gereja, apakah itu HARAM🤣🤣🤣berapa mazhab yang mengatakan HARAM, berapa mazhab yg mengatakan BOLEH. Nich lu baca ya SAMPAH


Hukum Makruh (Meninggalkan Lebih Baik daripada Mengerjakannya)
Ulama mazhab Hanafi berpendapat hukum masuk gereja dan sinagog bagi umat muslim adalah makruh.
Hukum Haram (Tidak Boleh Dilakukan)
Ulama mazhab Syafi'i berpendapat orang Muslim haram hukumnya masuk tempat ibadah non-Muslim kecuali ada izin dari mereka. Sebagian ulama mazhab Syafi'i yang lain berpendapat tidak haram memasuki tempat ibadah lain meski tanpa ada izin.
Boleh tapi Makruh
Ulama mazhab Hanbali, masuk ke rumah ibadah umat agama lain boleh, bahkan melakukan salat di dalamnya. Akan tetapi hukumnya makruh menurut Imam Ahmadi bila di dalam tempat ibadah tersebut ada gambar.
Pendapat Beberapa Ulama
Ibn Taimiyah berpendapat tidak mengapa masuk sinagog dan gereja jika tidak ada gambar di dalamnya, begitu juga shalat di dalamnya.
Ibn Aqil berpendapat makruh karena ada gambar. Namun ada dua pendapat: ada yang bilang tidak mengapa shalat di dalam gereja berdasarkan riwayat dari sahabat Nabi, Ibnu Umar dan Abu Musa, sebagaimana dikisahkan oleh banyak ulama, dan ada juga riwayat dari Ibn Abbas dan Malik bahwa shalat di gereja makruh karena ada gambarnya.
Penjelasan di atas berdasarkan juz 20 hlm 245 dan di dalam juz 38 hlm 155.

“Ulama mazhab Maliki, Hanbali, dan sebagian ulama mazhab Syafi’i berpendapat bahwa boleh bagi orang Muslim memasuki sinagog, gereja dan rumah ibadah lainnya.”

Sebagai perbandingan, berikut ini beberapa pandangan para ulama berdasarkan kitab al-Mughni karya Ibn Qudamah.

Ibn Qudamah menjelaskan al-Hasan, Umar bin Abdul Azis, Sya’bi, Awza’i dan Sa’id bin Abdul Azis, serta riwayat dari Umar bin Khattab dan Abu Musa, mengatakan tidak mengapa shalat di dalam gereja yang bersih. Namun Ibn Abbas dan Malik memakruhkannya karena ada gambar di dalam gereja.

Namun bagi kami (Ibn Qudamah dan ulama yang sepaham dengannya) Nabi Saw pernah shalat di dalam Ka’bah dan di dalamnya ada gambar. Ini juga termasuk dalam sabda Nabi:

“Jika waktu shalat telah tiba, kerjakan shalat di manapun, karena di manapun bumi Allah adalah masjid (tempat sujud).”

Edit : siMRONGOS SO MAD memenggal pernyataan hanya sampai pada kata HARAM, dan menghilangkan kata kecuali ada izin dari mereka ( dalam hal ini pengurus rumah ibadalh ).

Sedangkan dalam MANUAL BOOK + HADITS ga ada sama sekali larangan secara jelas dan tegas melarang muslim masuk gereja atau rumah ibadah lain🤣🤣🤣kalau memang HARAM, ya sudah...itu muslim2 yang suka ke borobudur atau tempat ibadah yg lain dilarang juga donk, gitu aja kok repot
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 68 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia