News
Batal
KATEGORI
link has been copied
218
Lapor Hansip
07-05-2021 07:28

Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang



Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang Foto: Penyekatan mudik di Tol Cikarang, Jawa Barat. (AP/Achmad Ibrahim)


Jakarta, CNBC Indonesia - Hari Pertama diberlakukannya kebijakan peniadaan mudik masih terdapat kebingungan di tengah-tengah masyarakat. Dari laporan yang diterima Satgas Penanganan Covid-19, terjadi penumpukan penumpang angkutan umum yang tidak bisa melewati pintu penyekatan akibat tidak memenuhi syarat perjalanan.


Terkait hal ini, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito meminta masyarakat memahami dengan baik kebijakan pelarangan mudik yang telah disosialisasikan sebelumnya.

Secara tegas, pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran, apapun bentuknya baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi. Tujuannya mencegah secara maksimal terjadinya interaksi fisik yang menjadi cara virus bertransmisi dari satu orang ke orang lainnya.

"Untuk memecah kebingungan di masyarakat soal mudik lokal di wilayah aglomerasi, saya tegaskan bahwa pemerintah melarang apapun bentuk mudik, baik lintas provinsi maupun dalam satu wilayah kabupaten/kota aglomerasi."
"Namun, kegiatan selain mudik di suatu wilayah kabupaten/kota atau aglomerasi khususnya di sektor-sektor esensial, akan tetap beroperasi tanpa penyekatan apapun, demi melancarkan kegiatan sosial ekonomi daerah," Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (6/5/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait kegiatan di sektor-sektor esensial ini, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap potensi penularan dalam satu wilayah. Karena operasionalnya telah diatur dalam kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kabupaten/kota maupun PKKM Mikro, baik melalui pengaturan kapasitas maupun jam operasionalnya.

Untuk lebih jelasnya, wilayah-wilayah aglomerasi yang dimaksud ialah di Sulawesi Selatan terdapat di Makassar, Sungguminasa, Takalar dan Maros. Di Sumatera Utara terdapat di Medan, Binjai, Deli Serdang dan Karo. Di Jawa Timur di Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Di Jawa Barat yang masuk wilayah Bandung Raya. Lalu yang masuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi). Di Jawa Tengah Semarang, Kendal dan Purwodadi serta yang masuk Solo Raya. Serta di DI Yogyakarta yang masuk dalam wilayah Yogyakarta Raya.

Masyarakat yang berkegiatan di dalam wilayah-wilayah tersebut tetap diwajibkan mematuhi ketentuan yang sudan ditetapkan. Dan bagi yang nekat melakukan perjalanan tanpa surat hasil negatif Covid-19 dan maupun surat izin pelaku perjalanan.

Aparat berwenang jelas akan menjatuhkan sanksi terhadap pelanggaran. Yakni bagi kendaraan travel gelap (plat hitam) dilakukan penahanan kendaraan selama masa peniadaan mudik oleh Polri dan penumpang dikembalikan ke daerah asal.
Lalu, untuk penyalahgunaan angkutan barang untuk mudik akan dijatuhkan sanksi berupa dilakukan penyitaan kendaraan oleh Polri dan pemberian sanksi berupa denda.

Bagi operator angkutan umum ataupun badan usaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) akan disanksi berupa dikeluarkan dari jadwal pelayanan dan dilarang beroperasi selama periode Idul Fitri. Untuk itu perusahaan angkutan umum diminta kerjasamanya untuk mengembalikan ke daerah awal pemberangkatan bagi para penumpang yang tidak memenuhi persyaratan perjalanan.

Dengan demikian, pada penumpang tidak terlantar dan menimbulkan penumpukan di pintu-pintu penyekatan. "Bagi siapapun yang berani melanggar kebijakan ini maka harus siap dengan konsekuensinya," tegas Wiku.


SUMUR

kemaren denger denger dr pondok aren ke ciledug aja pake SIKM yaa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Makin Bingung! Mudik di Wilayah Aglomerasi Juga Dilarang
07-05-2021 10:38
karena nggak pakai sistem yang benar. harusnya sejak awal PSBB, pemerintah buat database perusahaan yang boleh beroperasi selama masa pandemi berikut database pegawainya. semua pegawai yang kerja diberi 1 QR code yang tinggal di-scan oleh petugas penyekatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
secer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
profile picture
kaskus maniac
07-05-2021 10:44
bangun om, ini bukan Jerman atau Jepang
6
profile picture
kaskuser
07-05-2021 10:55
Nah ini ide yang keren. Cuman susah sih gan. Contoh data bansos aja ga pernah ada yang bener. Ini pandemi hantamannya tiba-tiba sih, infrastruktur kita belum mendukung, dan kita cenderung tidak siap.

Contoh keren ya di stasiun KA kita dimana sekarang udah pake tiket scan QR dan nyaman dipakai. Tapi itu juga gak gampang loh, perlu ada orang visioner yang berani mengubah tradisi. Nah ada orang yang visioner pun kalo bawahannya belum manut ya tetep ga jalan.

Ya kalau dibanding sama tahun lalu yang pelarangan mudik super longgar, tahun ini sudah lebih baik. Tapi mungkin harus diedukasi lebih baik lagi, terutama pada periode hari kerja yang mana banyak pekerja yang melakukan perjalanan aglomerasi.
0
profile picture
kaskus geek
07-05-2021 11:11
Bikin e-ktp aj mumet emoticon-Leh Uga
Kalah sama OVO n gopay emoticon-Hammer2
1
profile picture
kaskus geek
07-05-2021 11:26
justru ini saatnya membereskan yang kacau itu. wong ovo/gopay aja kalau mau upgrade justru pakai data KTP kok.
0
profile picture
kaskus addict
07-05-2021 13:43
e-KTP aja difotokopi
0
profile picture
kaskus addict
07-05-2021 13:58
@billyns
bikin ktp pake gopay emoticon-Ngacir2
0
profile picture
kaskus addict
07-05-2021 14:54
dr dulu bangsa ini klo soal data (ya updatenya, ya validasinya) ancur2an.... data penduduk aja ky KTP masih byk duplikasi ane yakin
0
profile picture
kaskus geek
07-05-2021 15:34
Sudah ada E-KTP

Tinggal gesek terlihat data nya

Dan photo nya sama tidak dengan database di kementrian dalam negri
0
profile picture
Aktivis Reg. Banyuwangi
07-05-2021 16:26
Mungkin dikira semua pekerja rumahnya sekota

emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
10-05-2021 10:35
pake sistem QR ide bagus, seperti e-hac kalo berangkat pake pesawat...namun kuatir tetap aj bisa disalah gunakan...tau sendiri betapa kreatifnya rakyat +62..pengecekan segini aj di tol masih ad yg ngotot mudik dgn bersembunyi dibalik truk pengangkut otomotif emoticon-Leh Uga
0
Memuat data ...
1 - 10 dari 10 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia