Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
Lapor Hansip
03-05-2021 09:19

Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, itulah yang pasti dirasakan oleh para orang tua di masa kini. Bukan hanya tentang gempuran internet dan media sosial belaka namun juga hal-hal lainnya yang membuat pekerjaan mendidik anak bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh dan sebelah mata. Dari terlahir hingga berkembang menuju dewasa, selalu saja ada tantangannya dalam mendidik anak.
Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Credit : grid.id

Banyak hal yang terlihat remeh namun jika diperhatikan kembali hal tersebut tak bisa diremehkan. Hal tersebut biasa ditemukan saat mendidik anak terutama saat awal-awal mengenal dunia. Dibalik kelucuan anak-anak tentu saja harus ada kesiapan mendidiknya disaat mulai lincah menikmati dunia. Anak bukan hanya soal kuantitas belaka namun juga soal kualitas dengan pendidikan anak terbaik untuk anak. Pendidikan terbaik untuk anak tentunya lebih baik dari orang tuanya langsung karena orang tua lebih tahu tentang kondisi anak itu sendiri.

Salah satu hal yang mungkin seringkali diremehkan adalah soal makanan yang dikonsumsi anak-anak. Biasanya saat anak sudah mulai makan tentunya orang tua pun memberikan aneka jenis makanan. Namun dibalik itu tersimpan sesuatu yang miris dimana anak seringkali diberi makanan apa saja termasuk minuman-minuman yang tak cocok untuk usianya. Padahal jika bisa cermat tentunya di setiap kemasan makanan seringkali dicantumkan perhatian untuk tidak memberikan makanan kepada ibu hamil, ibu menyusui dan juga anak-anak dibawah usia 5 tahun.
Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Credit : kompasiana.com

Kesadaran yang rendah akan kesehatan membuat banyak orang tua memberikan jajanan seenaknya kepada anak-anak. Maka tak heran bila ketika mulai bertumbuh besar anak-anak pun suka jajan makanan sembarangan. Dan ketika jatuh sakitpun anak tersebut dimarahi karena jajan sembarangan, padahal terkadang orang tua sendirilah yang dulunya membiarkan anak diberi makanan apapun meskipun itu tidak cocok usianya. Janganlah heran bila ada dampak negatif bila anak diberi jajan atau makanan sembarangan mulai gigi yang berlubang dan masalah kesehatan lainnya.

Sebagai orang tua tentu harus bisa bersikap bijak, agar anak bisa sadar tentang pentingnya kesehatan sudah semestinya dimulai dari orang tua itu sendiri dalam memberikan anak tidak sembarang memberikan makanan. Jangan biarkan anak jajan sembarangan dengan cara kembali kepada pendidikan orang tua sejak dini, hal ini karena ketika anak mulai beranjak dewasa seringkali tak mudah untuk diatur.
Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan

Credit : educenter.id

Mulailah kebiasaan baik sejak dini dengan cara jangan membiarkan anak jajan sembarangan, sebagai orang tua sudah semestinya berikan pendidikan terbaik untuk anak termasuk dalam memberikan anak pilihan makanan tentunya harus yang baik-baik. Maka untuk itulah ajarilah anak sejak dini untuk tidak jajan sembarangan. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan
03-05-2021 10:17
Gw belum punya anak sih, tapi menurut gw pasti ruwet melarang jajan sembarangan.

1. Kalo emg dilarang jajan sembarangan, solusi nya pasti cuma satu. Kurung anak. Jajan hilang, teman hilang.
(hasil mengamati tetangga kanan kiri).

2. Kalo cuma diomongin tanpa dilarang, beberapa anak pasti paham, tapi belum tentu nurut. Ya mereka tau itu bahan yg ga baik, tapi dorongan pergaulan pasti bikin anak tetep jajan.
(hasil pengamatan masa kecil gw sendiri)

Efeknya, anak yg sensitif terhadap bahan jajan pasti akan sering keluar masuk klinik.
(lagi2 pengalaman gw sendiri).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SalsaPermata dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus maniac
03-05-2021 12:21
anaknya diajak masak saja, bikin jajan sendiri,
sekalian ajak masak anak tetangga juga.

tapi bapak tetangga marah nanti anaknya dimasak.
0
profile picture
kaskus maniac
10-05-2021 20:18
Sependapat gan .. barusan ane juga komen gitu. Sepengetahuan ane dari keponakan2 ane sama anaknya tetangga.. anak yg gak begitu dilarnag makan ini itu justru kebal. Tapi yg kebanyakan dilarang makan jajan ciki aja dilarang, beli gerobakan keliling dilarang justru sekalinya jajan malah sensitif gampang banget sakir
1
profile picture
kaskus addict
10-05-2021 20:33
@siangpenat kalo gw dulu engga dilarang sih jajan apa aja, dan tiap pulang sekolah selalu jajan di pedagang pinggir jalan. Waktu masih kecil engga begitu terasa efeknya, tapi setelah tua, jadi sensitif ama bahan2 jajan murah, seperti es batu, zat pemanis buatan, pewarna buatan yg ga jelas merk nya, dan beberapa minuman rasa buah, sama bubuk pedas juga gw udah ga sanggup.
emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskus maniac
10-05-2021 20:43
@a2team wkwk senasib, jaman bocah ane bersyukur bisa bebas jajan.. cuma ya tetep ada satu dua yg dikasih tau mending beli yg laen. Jadi ane jarang banget tuh sakit gegara makanan. Tapi klo gede sekarang beli jamu di abang keliling aja berasa banget klo pake pemanis, di tenggorokan berasa banget. Makan gorengan keenakan abis beberapa biji aja juga tenggorokan berasa ada minyak nyantol wkwk
1
profile picture
kaskus addict
11-05-2021 08:07
@siangpenat khusus gorengan, gw hanya makan gorengan yg dibuat di rumah, pake minyak baru. Iya bener, untuk menghindari rasa lengket di mulut & tenggorokan.
0
profile picture
kaskus maniac
11-05-2021 09:09
Gwe pas kecil jarang maen hujan2an sekali basah kehujanan jd sakit.. temen2 gwe suka maen hujan2an jd kebal
1
profile picture
kaskus maniac
11-05-2021 11:00
belum punya anak tapi sudah bisa mengamati dan mencermati, warbiasa ente gan emoticon-army
0
profile picture
kaskus addict
11-05-2021 12:04
@kayakeduta berdasar pengalaman sendiri & teman2 sewaktu jadi bocah.
emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia