News
Batal
KATEGORI
link has been copied
144
Lapor Hansip
23-04-2021 15:18

(SIF:The Eight Hundred) Perjuangan Tentara Tiongkok di Pertahanan Akhir Shanghai

Hai Selamat Datang di Thread ane 

emoticon-Hai

Hai para rekan - rekan kaskuser selamat datang kembali ke thread ane, tapi sebelumnya ijinkan ane untuk mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan - rekan kaskuser yang menjalankan. Ane juga minta maaf jika sudah lama tidak posting karena kesibukan di RL ane, dan kali ini ane memperkenalkan segmen  baru dari thread ane yang bernama SIF : Sejarah Inspirasi Film (kalo agan/aganwati punya singkatan yang lebih oke dan sopan sesuai dengan norma - norma yang berlaku boleh kasih saran ke ane), dan SFI ini adalah segmen dimana ane akan membahas kisah - kisah sejarah di dunia yang menjadi inspirasi dibuatnya sebuah film. Karena ada banyak kisah menarik bisa kita kupas dari sebuah kejadian sejarah yang difilmkan, dan tentunya buat teman - teman yang belum menonton untuk film yang akan ane bahas, ane ingetkan thread ini mengandung SPOILER WARNING! emoticon-Hansip


(SFI:The Eight Hundred) Perjuangan Tentara Tiongkok di Pertahanan Akhir Shanghai
(Source : Google Image)

Kali ini ane akan mengupas kejadian sejarah dari benua Asia, nah tumben - tumbenan ini ane baru membahas sejarah Asia dan mungkin rekan - rekan kaskuser bertanya - tanya angin apa nih si Gojira mau bahas sejarah Asia. Jadi ane mau bahas kejadian sejarah satu ini karena terinspirasi dari film yang ane tonton belum lama ini, yang berjudul The Eight Hundred (inget ya eight bukan three ntar kalian nanya lagi mana si Leonidas atau kok gak ada yang teriak Spartaaaa!!!emoticon-Bata (S)). Nah The Eight Hundred ini diambil dari sebuah kisah nyata ketika terjadi perang Sino - Jepang kedua pada tahun 1937, dimana pasukan nasional Tiongkok harus berhadapan dengan pasukan Jepang dalam mempertahankan garis pertahanan akhir di kota Shanghai. Pasukan Tiongkok yang hanya terdiri dari 452 orang harus bertahan disebuah gudang besar ditepi sungai Suzhou yang juga menjadi batas antara wilayah Tiongkok dan wilayah konsesi yang dijaga oleh pasukan - pasukan negara barat seperti Inggris dan Prancis, dan pasukan Tiongkok ini harus menghadang pasukan Jepang yang datang agar membuka jalan bagi warga sipil untuk mengungsi ke wilayah konsesi. Bagaimana kisah yang cukup epik ini berjalan? mari kita kupas di thread ini, cekidot gan! 





Penyerbuan Jepang ke Kota Shanghai

Batalion ke-1 mempertahankan Gudang Sihang dengan gigih


Peristiwa Pengibaran Bendera Tiongkok di Gudang Sihang


Trailer Film The Eight Hundred

 

Pertempuran ini menjadi salah satu pertempuran paling heroik dalam babak perang Sino - Jepang kedua, dan membuat negara - negara barat kecuali Jerman dan Italia untuk mendukung Tiongkok dalam perang ini. 

Itu tadi thread ane yang berjudul (SFI:The Eight Hundred) Perjuangan Tentara Tiongkok di Pertahanan Akhir Shanghai, Jika agan/aganwati senang silahkan komen dan cendolemoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) tapi jangan dibataemoticon-Bata (S) please. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan di thread ane, sampai jumpa lagi di thread ane berikutnya, Auf Wiedersehen! 



Sumber

Diubah oleh Gojira1998
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 34 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
(SFI:The Eight Hundred) Perjuangan Tentara Tiongkok di Pertahanan Akhir Shanghai
02-05-2021 06:45
jepang jago banget ya, dulu banyak negara yg di caplok

selain indo, mereka caplok tiongkok juga dan banyak
(SFI:The Eight Hundred) Perjuangan Tentara Tiongkok di Pertahanan Akhir Shanghai
Diubah oleh ushirota
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan Gojira1998 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 09:51


Kalo Tiongkok sebagian aja dicaplok gan, gak seluruhnya tapi tetap aja bisa hampir seluruh Pasifik dikuasai GG juga sih ni negara pada saat itu.
1
profile picture
kaskus geek
02-05-2021 12:31
@Gojira1998 tapi tetap aja, cuma jepang yg berhasil caplok banyak negara, selain itu serang pearl harbor juga, gila bener ini jepang kekuatannyaemoticon-Ngakak

paling berbahaya menjadikan jepang musuh
1
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 12:53
@ushirota @Gojira1998 Iya, badass banget tu negara. US aja sampe mengakui armada lautnya kalah kuat dari Jepang waktu itu.
1
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 13:17
@ushirota Ya gimana gan, dia Asia saat itu mereka yang memiliki teknologi paling maju
1
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 13:18
@inginmenghilang @ushirota tapi uniknya kapal2 Jepang semutakhir itu mereka gak punya radar lho. Maksudnya radar yang seperti Amerika punya tu mereka gak punya.
1
profile picture
kaskus geek
02-05-2021 15:15
@Gojira1998 @inginmenghilang nah iya nih, gimana tuh jepang kekurangannya cuma radar, makanya pas nuklir ke hiroshima and nagasaki mereka ga ada persiapan, hancur langsung, kalo ada radar kan ada nguing2 peringatan dulu ya

indonesia merdeka karena bantuan amerika yg menghancurkan jepang saat itu
1
profile picture
kaskus addict
02-05-2021 23:32
@ushirota @inginmenghilang kalo dibilang merdeka dibantu Amerika ya gak lah gan, Amerika kan menjatuhkan bom atom bertujuan untuk membuat Jepang menyerah bukan untuk memerdekakan Indonesia. Tapi kalo menjadi salah satu faktor penyebab kekosongan kekuasaan di Nusantara dan akhirnya memproklamirkan kemerdekaan Indonesia itu baru bener gan.
1
profile picture
kaskus geek
03-05-2021 06:16
@Gojira1998 ya begitulah, setelah amerika menjatuhkan bom atom(itu karena jepang berani nyerang pearl harbor) jepang melemah dan melepas semua daerah jajahannya, termasuk indonesia, para pahlawan indo mengambil kesempatan itu

kalo ga di bom atom kemungkinan jepang masih menjajah, di lawan tak bisa karena tentara jepang itu hebat, gila jepang ini kekuatannya, untunglah sekarang tak sadis lagiemoticon-Ngakak
1
profile picture
aktivis kaskus
08-05-2021 22:46
Bah, Jepang kalau secara kualitas militer benar2 jomplang antara Rikugun sama Kaigun. Yang Rikugun benar2 gak dikasih prioritas untuk mengembangkan senjata sama strategi militer. Belum lagi doktrin produksi militer mereka yang fokus di Quality over Quantity yang benar2 backfired waktu lawan US.
1
profile picture
aktivis kaskus
08-05-2021 22:53
Oh iya, Dai Nippon Teikoku pada waktu itu benar2 tergantung sama elemen of Surprise, jadi kalau disuruh lawan Gun to Gun sama Tentara Allied Forces sudah pasti terhenti atau malah pertempurannya lama. Untuk yang kasus di China, Jepang gak bisa kontrol China Interior sama selatan karena daerah2 tersebut benar2 gak ada infrastruktur industri sama sekali, makanya Tentara Dai Nippon gak bisa mencaplok wilayah disana karena problem logistik. Dan juga kebrutalan tentara Jepang malah menyebabkan banyak partisan (terutama milisinya CCP) bermunculan.
1
profile picture
kaskus addict
09-05-2021 11:20
@ibianconeri404 iya bener gan kalo dilihat dari persenjataan dan alutsista yang dimiliki angkatan darat cukup flat tidak ada varian yang lebih unggul atau gimana. Mungkin para petinggi Militer Jepang juga menyadari gan bahwa area pertempuran yang dihadapi kebanyakan berupa lautan yang tentunya harus berimbas dengan peningkatan alutsista pada angkatan laut dan angkatan udara. Walaupun memang secara kualitas masih bisa dibilang Amerika sudah maju selangkah dari Jepang.


Memang Jepang dalam setiap pertempuran selama perang dunia II banyak menggunakan efek surprise, seperti Pearl Harbour, Nol Monhan untuk menghadapi Soviet, kecuali insiden jembatan Marco Polo kali ya, soalnya itu bener2 keliatan banget untuk memancing keributan dengan Pasukan Tiongkok. Selain itu kesalahan strategi militer Jepang sama seperti yang dilakukan Jerman, tidak menghabiskan dulu perang di satu front tapi sudah membuka perang di front lain, alhasil mereka harus berperang di dua front secara bersamaan
1
profile picture
aktivis kaskus
09-05-2021 13:40
@Gojira1998 Jepang malah bertempur di 3 front sekaligus malah. Dan tiga2nya jadi war of attrition semua, Kalau Jerman yang War of Attrition cuma di Eastern Front aja. Yang lain cuma akibat dari fokus Jerman untuk nahan Eastern Front.
1
profile picture
kaskus addict
15-05-2021 14:20
@ibianconeri404 Bicara war of attrition pasukan Jepang ane jadi inget pulau yang didaerah kepulauan Andaman dekat Myanmar, ane lupa namanya tapi pasukan Jepang dibantai sama buaya.
0
profile picture
aktivis kaskus
15-05-2021 18:22
@Gojira1998 Bukan dibantai sama buaya. Tapi mayat Tentara Dai Nippon yang dimakan buaya. Mereka dibantai senapan mesin Burmese Colonial Army, waktu mereka berusaha mundur. Tapi front di Burma memang kacau, Waktu Kido Butai hancur di Midway, Tentara Rikugun gak punya support sama sekali dari udara. Tank mereka "Chi-ha" gak mampu menerobos hutan sama gunung di perbatasan Burma sama British Raj India.
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia