Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
22-04-2021 23:28

Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?

Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
Hai agan sista semua yang masih setia ngekaskus pagi siang dan malam. Kalau gak ada kalian para kaskuser mungkin thread ane bakalan sepi dan gak ada yang baca.

Oke gan, ane mau bikin thread lagi nih, kali ini ngebahas masalah Indonesia dan penjajahan zaman dulu.

Tadi siang ane kedatangan temen ane yang ngedadak jadi kritis dan nasionalis setelah dia nonton channel sejarah di YouTube.

Terus dia bilang ke ane, “Jika seandainya Indonesia gak dijajah, mungkin sekarang Indonesia akan jadi Negara maju!”

Ane sebelumnya setuju dengan pemikiran teman ane ini, tapi ane rasa setelah ane Googling dan membaca sedikit artikel sejarah zaman penjajahan dulu, maka disini ane mulai gak setuju gan dengan pemikiran temen ane ini.

Apakah benar Indonesia akan lebih maju dari sekarang jika dulunya tidak dijajah?

Berdasarkan opini ane, ane rasa tidak gan.
Karena jika kita flashback ke zaman dulu, sebenarnya Indonesia itu bisa ada dari sabang sampai Merauke karena adanya penjajahan.

Sebab pada awalnya juga, sebelum bangsa eropa menjajah Indonesia sebenarnya bangsa Eropa sudah lama menginjakkan kaki di bumi Nusantara ini, namun dulu belum ada Indonesia dan masih zaman kerajaan.

Nah benar kan.

Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?

Lahirnya Indonesia sendiri pasti agan sista semua juga sudah tau, yaitu setelah beberapa kerajaan di Nusantara runtuh, lalu bertahun-tahun lamanya dijajah sampai akhirnya Jepang menyerah kepada sekutu dan pada saat itu kemerdekaan Indonesia mulai di proklamasi kan.

Jadi sederhananya gini gan, kalau gak dijajah mungkin Indonesia gak bakalan ada. Tapi yang ada mungkin adalah beberapa kerajaan di Nusantara ini yang membentuk sebuah negara kerajaan seperti Majapahit, Sriwijaya, Mataram, dan lain sebagainya.
Tapi karena adanya penjajahan yang dilakukan oleh pihak Belanda selama lebih dari seratus tahun lamanya dan sampai kerajaan yang di Nusantara runtuh, akhirnya bangsa ini yang dulunya saling bertengkar karena adu domba pun bersatu dalam satu bahasa yang sama, cita-cita yang sama, keinginan untuk terbebas dari penjajah dan lahirlah Indonesia.

Kalau Indonesia tidak dijajah, mungkin negara ini tidak akan semaju ini. Sebab nantinya Indonesia akan tertinggal dari segi teknologi informasi dan sistem pemerintahan.

Ini ane bukannya mau meremehkan orang asia tenggara, tapi jika tidak dijajah mungkin yang akan jadi negara maju hanya kerajaan besar Nusantara saja yang akan maju, misalnya Majapahit dan Sriwijaya yang sudah terkenal kerajaan besar dan sering melakukan penjelajahan samudra ke kerajaan lain.
Hal ini dikarenakan sudah adanya sistem pemerintahan yang baik di kerajaan besar yang ada di Nusantara. Selain itu, dalam segi ekonomi dan teknologi juga sudah maju karena adanya pengaruh dari bangsa lain seperti bangsa Arab, India, dan China gan.

Tapi jika kita bandingkan dengan bangsa eropa, maka bangsa Eropa sudah jauh lebih maju dari orang-orang yang ada hidup di asia tenggara.

Ya ini wajarlah gan, yang dilalui oleh bangsa Eropa sudah beragam gan. Mulai dari awal peradaban Yunani kuno, sampai Eropa juga pernah mengalami kemunduran pada abad dark age.

Karena adanya penjajahan di Indonesia juga, maka kita bisa semaju ini.

Mulai dari sistem pemerintahan, pendidikan, demokrasi, sampai militer juga awal konsepnya itu dari adanya penjajahan Belanda dan Jepang gan.

Ini sih menurut ane gan, kalau menurut agan gimana ?





profile-picture
profile-picture
profile-picture
zander13 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Benarkah Indonesia akan jadi negara maju jika tidak dijajah?
26-04-2021 14:18
Setauku enggak kyaknya gan.
Karena dulu pas belajar sejarah tau kalo masalah Indo bukan di penjajahnya yang utama.
Tapi dari kitanya yang mudah terpecah belah dan diadu domba
profile-picture
profile-picture
marpaung72 dan Tomdic memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus maniac
26-04-2021 14:59
Sampai sekarang pun masih mudah dipecah belah. Hhhh
3
profile picture
aktivis kaskus
27-04-2021 06:16
adu domba d mari plg gmpng gan,,
0
profile picture
kaskus maniac
28-04-2021 05:25
@towers99 yah, ibarat kompor beberapa org indonesia itu ky kompor meleduk. Entah kenapa bs begitu, sayang sekali.. gak jauh2 keluarga terdekat saya pun dpt isu apa dikit langsung berapi2. Gak bol3h dikompor-komporin
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia