News
Batal
KATEGORI
link has been copied
396
Lapor Hansip
24-04-2021 16:22

Bukti Otentik Ditemukan, TNI Pastikan KRI Nanggala 402 Tenggelam

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan kapal selam Nanggala-402 tenggelam. TNI AL dan tim pencarian lainnya menemukan bukti otentik kalau kapal selam tersebut tenggelam.

"Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelammnya KRI Nanggala," kata Hadi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Puspen TNI, Sabtu (24/4/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan satu per satu barang yang ditemukan di sekitar lokasi pencarian.

Bukti-bukti otentik yang ditampilkan kepada publik itu terdiri dari pelurus tabung torpedo, pipa pendingin, pelumas kapal selam dan alas yang digunakan ABK untuk ibadah.

"Alas yang dipakai ABK yang biasa untuk salat," ujarnya.

Setidaknya terdapat enam bukti otentik yang ditampilkan kepada publik. Solar juga termasuk menjadi bukti yang ditunjukkan.

"Dengan adanya bukti-bukti otentik ini diyakini adalah Nanggala sehingga pada saat ini kita isyaratkan untuk dari submiss kita tingkatkan menuju fase subsank."

https://www.suara.com/news/2021/04/2...-402-tenggelam



Setelah Pencarian 72 Jam, KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam, Sejumlah Barang Ditemukan

JAKARTA - TNI menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali telah tenggelam.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, isyarat subsunk (tenggelam) untuk KRI Nanggala-402 dinyatakan setelah melakukan pencarian selama 72 jam.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam. Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRTI Nanggala," ujar Hadi dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Adapun barang-barang yang ditemukan yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan di botol oranye pelumas periskop kapal selam.

Ditemukan juga alat yang dipakai ABK Nanggala untuk shalat dan spons untuk menahan panas pada presroom.

"Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Diberitakan sebelumnya, kapal selam milik Indonesia yaitu KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) dini hari.

Kapal ini merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Berdasarkan keterangannya, KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.

Adapun kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Sebanyak 21 KRI dan helikopter dikerahkan untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/24/154420678/setelah-pencarian-72-jam-kri-nanggala-402-dinyatakan-tenggelam-sejumlah?page=all#page2

Semoga semua kru selamat emoticon-Request
Diubah oleh KS06
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xdmz dan 56 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Bukti Otentik Ditemukan, TNI Pastikan KRI Nanggala 402 Tenggelam
24-04-2021 16:40
Kedalaman 800-850 gak usah nunggu oksigen habis, sudah RIP itu seluruh awak kapal selam di detik2 karam

Di kedalaman 50 meter keatas organ dalam & gendang telinga manusia sudah mulai gangguan hingga rusak,

250 meter keatas organ dalam manusia hancur,

ikan paus biru hingga kapal selam muktahir saja hanya mampu berenang maksimal 315-510 meter

600 meter keatas, ikan paus dan kapal selam ringsek & hancur seketika kena tekanan tinggi bawah laut



Diubah oleh therminust
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 80 lainnya memberi reputasi
80 1
79
Memuat data ...
profile picture
kaskus geek
24-04-2021 23:35
@gabener.edan kebanyakan nonton monster sains fiksi nih... emoticon-Leh Uga

Gak kebayang palung terdalam gitu di susur dapet apa... Karena emang palung laut itu bukti terdekat kalau bumi itu bergerak
4
profile picture
kaskus addict
24-04-2021 23:47
@durexz @therminust di kedalam 11000 ktemu makhluk apa aja yha gan?? Ngeri bener pasti gk ada cahaya samansekali tuh
3
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 00:13
@zaRIza tuk sementara hewan laut tanpa tulang belakang gan emoticon-Cool
3
profile picture
Made In Kaskus
25-04-2021 00:21
@nowbitool @gabener.edan ketika sampah dari manusia dah duluan menjelajah ke palung terdalam mendahului manusia itu sendiri. emoticon-Cape d...



7
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 03:59
@gabener.edan @durexz sampe ada meme-nya ini emoticon-Big Grin
2
profile picture
aktivis kaskus
25-04-2021 04:29
[mention]hendry_88[/mention] kapal selam nuklir yang mampu menyelam paling dalam yaitu secara teori 600 m dibawah laut adalah kapal selam kelas akula buatan rusia.

Kapal selam mampu menyelam demikian dalam karena struktur body diperkuat dari titanium.

Tapi kapal selam militer tidak bertujuan menyelam sedalam-dalamnya yg penting senyap. Ngapain nyelam sedalam-dalamnya karena teknologi sonar bisa mendeteksi ribuan meter. Klo kapal selam perang tidak terbuat dari material anti magnetik dan minimal suara ya percuma. Semakin dalam semakin sulit bermanuver karena semakin besar tekanan air.
Kecuali kapal selam untuk tujuan research yaitu dari China jialong yg saat ini mampu menyelam 3700 meter dibawah permukaan

5
profile picture
aktivis kaskus
25-04-2021 08:44
Eniwei pasti prajutit TNI nya dulu yang wafat imbas dari terkena tekanan lalu diikuti kapal selamnya, gak kebayang deh kalo saat kapal mulai penyok2 dan rapuh masih ada yang hidup, jadi kyk pesawat mau jatuh gitu nyaksiin detik2 sebelum ajalnya tiba emoticon-Takut (S)
4
profile picture
kaskus geek
25-04-2021 12:52
@saltnic kedalaman segitu dah mustahil bisa idup gan...emoticon-Takut (S)
3
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 13:56
@setiapmenit klo di kapal ada AIS transponder supaya di lacak. klo di militer, alat ini ga ada....ya kali lagi operasi pancaran posisinya di lacak lawan....
4
profile picture
kaskus addict
26-04-2021 22:31
@gabener.edan @nowbitool ntar ktemu fishman island gan, hehehe. Ada jinbe poseidon ama putri yg gede itu sapa namanya lupa😅
2
profile picture
kaskus geek
27-04-2021 14:11
0
profile picture
Made In Kaskus
27-04-2021 14:34
@zaRIza Shirahoshi
2
profile picture
kaskus addict
27-04-2021 15:12
@durexz nahhhhhh itu bener,
Turut berduka buat keluarga yg ditinggalkan....ngebayangin situasi didalam kapal selem yg menuju kebawah :cry:
3
Memuat data ...
21 - 33 dari 33 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Duka Indonesia untuk Nanggala 402
duka-indonesia-untuk-nanggala-402
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia