News
Batal
KATEGORI
link has been copied
203
Lapor Hansip
22-04-2021 18:52

KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI

Kabar tidak menyenangkan kembali datang dari alutsista TNI, pada hari Rabu (21/4/2021). Dikutip dari Kompas.id, satu dari lima kapal selam yang dimiliki Indonesia, KRI Nanggala (402) dinyatakan hilang. Kapal selam buatan Jerman tahun 1979 tersebut dilaporkan tenggelam di sekitar Pulau Bali. Kabar tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Beliau mengatakan bahwa kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari utara Pulau Bali. Sekitar pukul 03.00 (Rabu pagi) kapal izin utuk menyelam setelah diberi clearance, kemudian pada pukul 03.46, KRI Nanggala mulai melakukan penyelaman. Pukul 04.00, kapal selam melaksanakan penggenangan peluncur terpedo, menurut laporan TNI AL komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala pada pukul 04.25.

Rencananya KRI Nanggala (402) akan ikut dalam latihan penembakan rudal di laut Bali. Latihan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Panglima TNI dan KSAL Laksamana Yudho Margono pada hari Kamis (22/4/2021). Dalam latihan tersebut, kapal selam membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata.


KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI

Foto: M. Risyal Hidayat/ANTARA



Pada pukul 07.00 WIB melalui pengamatan udara dengan helikopter, ditemukan tumpahan minyak di sekitar posisi awal menyelam, hal tersebut disampaikan oleh Biro Humas Kemhan, Rabu (21/4/2021) malam. Indonesia telah meminta bantuan Singapura dan Australia yang memiliki kapal penyelamat kapal selam untuk mencari Kapal Selam Nanggala. Selain itu pihak India juga siap untuk membantu pencarian tersebut.

Pihak TNI AL juga mengirimkan distres International Submarine Escape and Rescue Liaison Officer (ISMERLO) ke sejumlah negara sahabat. Hingga Rabu malam upaya pencarian masih dilakukan dengan mengirimkan KRI Rengat dari Satuan Ranjau untuk membantu pencarian dengan menggunakan side scan sonar. Selain itu TNI AL juga mengerahkan kapal survei hidrooseanografi, yakni KRI Spica dan KRI Rigel. Kapal survei tersebut memiliki kemampuan untuk misi pencarian bawah air.

Saat ikut melakukan pencarian, KRI RE Martadinata sempat melaporkan secara lisan bahwa mereka mendeteksi pergerakan di bawah air dengan kecepatan 2,5 knot. Namun, laporan tersebut belum bisa dijadikan kesimpulan bahwa yang dideteksi adalah kapal selam. Sebab, kontak tersebut kemudian hilang sehingga tidak cukup data untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.


KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI

Ilustrasi: nasional.okezone.com



Dari hasil pantauan laut dan udara juga sempat ditemukan tumpahan minyak, yang diduga dari kapal selam tersebut. Temuan tersebut terlihat secara visual oleh helikopter Panther 4211 posisi 7 derajat 49 menit 74 detik LS, 114 derajat 50 menit 78 detik BT dengan radius 150 meter. KAL Bawean juga menemukan tumpahan minyak, tapi lokasi tidak dilaporkan. KRI RE Martadinata juga melaporkan menemukan tumpahan minyak di posisi 7 derajat 51 menit 92 detik LS, kemudian 114 derajat 5 menit 77 detik BT dengan area 150 meter.

Saat ini upaya pencarian masih dilakukan, namun belum ada tanda-tanda dari kapal selam tersebut. Diperkirakan posisi KRI Nanggala berada di kedalaman 600-700 m. Dugaan sementara kapal mengalami blackout saat melakukan penyelaman statis. Hal itu mengakibatkan kapal tidak terkendali serta tidak dapat melaksanakan prosedur kedaruratan untuk kembali naik ke permukaan laut.

Selain dugaan blackout, KRI Nanggala juga diduga mengalami kebocoran atau kerusakan di bagian tangki. Dugaan itu muncul saat pencarian lewat udara yang mendapati tumpahan minyak di lokasi awal kapal selam tersebut menyelam.

Bicara soal usia, kapal selam tersebut memang sudah berusia uzur. Kapal selam ini hadir saat masa Orde Baru, dan mulai masuk jajaran Satkalsel TNI AL pada tahun 1981. Selama hampir 40 tahun pengabdiannya, KRI Nanggala memang sudah melalui berbagai macam penugasan. Kapal selam itu juga beberapa kali mengalami overhaul, yang terakhir kapal selam tersebut baru saja selesai overhaul di Korea Selatan.


KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI

Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos



Tenggelamnya KRI Nanggala menambah daftar panjang alutsista TNI yang bernasib tragis, belum genap setahun, 3 matra TNI kehilangan masing-masing inventarisnya. Pada hari Sabtu (06/06/2020) helikopter Mil Mi-17 TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah. Dalam insiden itu menewaskan 4 orang personel. Sembilan hari kemudian giliran TNI AU yang kehilangan inventarisnya. Pesawat latih Hawk jatuh di Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020).

Dalam kejadian di Riau tersebut pilot berhasil menyelamatkan diri, jatuhnya pesawat Hawk waktu itu menyebabkan kerusakan pada rumah warga. Kemudian kejadian terakhir menimpa kapal selam KRI Nanggala dengan nomor 204 pada hari Rabu (21/04/2021). Dan sampai saat ini kapal selam tersebut belum ditemukan, ironisnya ketiga inventaris TNI tersebut mengalami insiden saat sedang 'melakukan latihan'. Ada masalah besar dalam perawatan alutsista TNI, belum genap setahun ketiga matra TNI kehilangan inventarisnya.

Tentu kita sebagai WNI pasti bertanya-tanya, ada apa dengan alutsista TNI ? Apakah perawatannya sudah sesuai ? Apakah alutsista yang berusia uzur tersebut memang benar-benar layak pakai ? Ada banyak hal yang bisa ditanyakan, namun segala pertanyaan tersebut tidak akan pernah menemukan jawaban.

Meski beragam alutsista TNI masih layak dan dalam keadaan siap operasi, tentu alutsista yang sudah berusia puluhan tahun (uzur) tetap harus mendapat perhatian ekstra. Sebab, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kerugiannya menjadi lebih besar. Termasuk kehilangan personel. ”Itu merupakan kerugian paling besar".




Ada apa dengan Alutsista TNI ?






Referensi: 1.2.3
Ilustrasi Gambar: ANTARA, Jawa Pos dan berbagai sumber
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
teyaling dan 55 lainnya memberi reputasi
56
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI
22-04-2021 18:52
Mil Mi-17 milik TNI AD (06/06/2020)

KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI


Hawk 209 millik TNI AU (15/06/2020)

KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI


KRI Nanggala Milik TNI AL (21/04/2021)

KRI Nanggala Hilang di Utara Pulau Bali, Ada Masalah Serius dengan Alutsista TNI


------


Ada apa dengan alutsista TNI ? emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh si.matamalaikat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 24 lainnya memberi reputasi
24 1
23
profile picture
kaskus addict
23-04-2021 03:46
bukan soal umur, tapi soal maintenance.. ketersedian suku cadang orisinil, liat di negara maju juga mereka masih banyak pakai alutsista berumur tapi mereka punya sistem perawatan yang sangat baik sehingga serviceability dari alutsistanya bisa panjang, idk disini tapi melihat dari kasus2 yg sebelumnya (Mil Mi 17, Hawk 209, dll) berarti ada yang perlu dibenahi, CMIIW
13
profile picture
kaskus maniac
23-04-2021 07:59
maintenance kurang, atau anggaran maintenance diembat sama atasannya emoticon-linux2 udah rahasia umum klo petinggi2 ijo itu byk yg manfaatin loyalitas anak buahnya buat ngembat duit dikit2 emoticon-linux2 serba salah juga sih mindsetnya apapun kata atasan harus diturutin g boleh nanya atau bantah emoticon-linux2 sempurna banget buat korup bawahannya pasti diem2 aja biarpun dia tau emoticon-linux2
makanya g jarang tusuk2an kudeta2an dikalangan mereka emoticon-linux2 depan muka patuh dibelakang punya agenda masing2 emoticon-linux2 contoh uang makan tentaranya beberapa lauk2 dikurangin buat ambil selisih sisa dsb emoticon-linux2
14
profile picture
kaskus addict
23-04-2021 08:39
@gusmi21 saya ga bisa komen soal itu gan, tapi kalau benar terjadi ya kejadian serupa seperti KRI Nanggala 402 bakal tinggal tunggu waktu, dan yg jadi korban prajurit2 kita sendiri..
4
profile picture
kaskus maniac
23-04-2021 09:53
@ganguroboy kalau bicara soal KRI Nanggal, menurut ane ada di faktor umur gan. kalau kasus mil mi-17 dan hawk ada di faktor maintenance dan suku cadang. bicara soal maintenance, KRI Nanggala baru saja selesai overhaul di Korea Selatan. cmiiw
4
profile picture
kaskus maniac
23-04-2021 09:55
@si.matamalaikat kalau baru overhaul kemungkinan jadi mengerucut ke human error lagi emoticon-linux2 emoticon-Nohope tapi sering amat setiap kecelakaan alusista human error mulu emoticon-Nohope memang SDM kita kurang atau bagaimana? apa cuma diajarkan perang infantri angkat senjata jadi kontrol alusista kurang? emoticon-linux2
1
profile picture
kaskus maniac
24-04-2021 12:02
@gusmi21 emoticon-Ngakak pernah denger yang kek ginian utamanya lauk pauk ... sudah selayaknya diaudit oleh auditor external ( independen ) ... auditor internal ? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak bijimane mau audit klo pangkat auditornya lebih rendah dari yg mau di audit emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
6
profile picture
kaskus maniac
25-04-2021 11:52
@adhiantowahyu @gusmi21 ngeri emang korupsi di tubuh TNI, gada yg berani nyentuh emoticon-Shutup

Jd inget almarmum kakek (pensiunan AL) yg ditabrak mobil sepulang sidang sengketa tanah melawan perwira aktif AL emoticon-Berduka (S)
1
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 14:18
@adhiantowahyu @gusmi21 @stealth.mode waduh gan sampe begitu?, my deep condolences untuk almarhum🙏
2
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 16:21
Quote:Prabowo Subianto menyatakan bahwa alutsista bukan barang murah. Bahkan tergolong sangat mahal jika dilihat dari kebutuhan belanja negara. Prabowo menyebut pimpinan negara-negara lain pun berpandangan serupa


Tidak perlu berdebat lagi soal kenapa gak mau beli alusita baru tapi malah jalan2 keluar negeri dan mau beli focus f35 tapi ditolak amerika karena bukan sekutu. Sudah sepantasnya dicopot ini orang yang sudah kejadian 3 kali di masa jabatannya. Pak Jokowi tidak perlu nahan2.
0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 16:48
@freedomjustice tahukah anda yang menyetujui anggaran belanja pertahanan adalah DPR kenapa cuma menterinya yg disalahkan?kok situ ga nyebut anggota2 DPRnya juga hehehe.. udahlah gan kl ga paham betul situasi di lapangan ga usah komen terlalu jauh.
0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 17:14
@ganguroboy cie pembela wowo nongol. Rapat antara wowo dan dpr sudah disetujui beberapa kali tanpa keterbukaan anggaran dan tidak ada masalah. Jadi kembali lagi anggaran menhan yang menjadi prioritas itu apa?
0
profile picture
kaskus addict
25-04-2021 20:20
@freedomjustice hahaha tidak terbuka untuk umum krn ada rahasia negara disitu tp smw anggota DPR yang hadir di sidangnya dipaparkan secara rinci kan jelas di rekaman Youtubenya bro sy ini bukan pembela Prabowo, sy juga apa untungnya bela beliau cuma yg sy mw blg saya dan anda ini kan sama2 ga paham ap2 sebnya cuma baca artikel sana sini (kcuali anda pelaku ga tw lg sy) jd kl komen ga berimbang kn ga bagus juga bro, but itu your rights lah berpendapat.. sama seperti sy juga punya hak gak setuju kan sama pendapat agan.
0
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Duka Indonesia untuk Nanggala 402
duka-indonesia-untuk-nanggala-402
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia