Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
Lapor Hansip
19-04-2021 16:08

Kegelisahan Ane terhadap Liga Super Eropa! Wooo Gembel!!

Sepak bola Eropa ternyata sama lucunya kayak sepak bola Indonesia ya hadeuh-hadeuh. Emangnya ada apa tuh? Apalagi kalau bukan Liga Super Eropa, dari namanya aja udah sombong 'Super' berasa paling oke? Biasanya yang sombong-sombong gini bakal dijatuhin sama yang di Atas tinggal tunggu tanggal mainnya aja.

Kegelisahan Ane terhadap Liga Super Eropa! Wooo Gembel!!
(Tim Big Six Liga Inggris yang Menyetujui Kompetisi Liga Super Eropa, Foto: BBC)


Hingga saat ini ada 12 tim besar Eropa, eh maap salah nulis harusnya 12 tim 'Super' Eropa yang menyetujui kompetiti ini berlangsung. 12 tim tersebut adalah Manchester City, Manchester United, Chelsea, Tottenham Hotspurs, Arsenal, Liverpool, Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Juventus, Inter dan Milan. Duh mana ada tim jagoan gua nyempil dari ke-12 tim itu lagi.

Keanehan Liga Super Eropa



Yang gua heran ni, ngapa sih tuh 12 tim setuju kompetisi kayak begitu? Udah paling super? Arsenal sama Spurs tim super? Yailah ketawa aja ane mah, terakhir juara liga sendiri aja udah lama banget ini gaya-gaya mau ikutan liga super. Woi inget Arsenal kemarin malem, Minggu (18/4) ditahan imbang 1-1 sama Fulham tim yang berada di zona degradasi hampir kalah lagi ini mau sok-sokan main di liga super mau dibantai berapa kosong Arsenal? Spurs mau ngapain mau ngeramein kompetisi? Juara di liga sendiri aja susah banget.



Ada yang bilang juga ini kompetisi diadain karena uang hadiahnya menjanjikan, yaelah bambang! Lu juara Liga Champions aja ni kompetisi resminya UEFA udah dapet duit buanyak banget! Emang pada dasarnya aja itu ke-12 tim super gak pernah puas.

Bayangin aja ni ya sekarang tim-tim kayak Leicester, Leeds, Sevilla atau apalah kalau juara Liga Champions uangnya bisa benerin skuat satu tim. Lagian udah apa, duit kalian ni ke-12 tim super ane yakin udah banyak, emang sih sekarang lagi pandemi COVID-19 cuman bisa gak kalian gak bikin sensasi kayak gini?

Baca juga: Uang Menjadi Alasan Utama Dibentuknya European Super League?

Nasib Pesepak Bola yang Membela 12 Tim di Kompetisi Liga Super Eropa



Ini kalau kompetisi sampai beneran berlangsung, para pesepak bola yang ngebela 12 klub ini mau ngapain kedepannya? Soalnya UEFA udah bilang sendiri bakal ngebanned klub dan para pemain di kompetisi UEFA, FIFA di kancah domestik mau pun internasional.

Baca juga: Tim-tim Yang Berlaga di Kompetisi Eropa Jika Super League Disanksi EUFA, Mau Nonton?

Emang bener kata orang tua ane, kalau yang dipikiran sama dihati cuman duit-duit doang, duit bisa ngebutain kehidupan. Apa lu tega woi 12 tim super bikin kompetisi sendiri tanpa memikirkan kepentingan banyak pihak? Lagian ni ya, tanpa adanya itu kompetisi emang kalian udah tim-tim besar Eropa. Bahkan ni ya orang awam yang gak suka nonton sepak bola kalau ditanya 'Lu tau Real Madrid gak, lu tau Barcelona gak?' setidaknya satu atau dua orang pasti ada yang jawab tahu. GITU!

{thread_title}


Sepak Bola Itu Apa?



Emang dah udah gak paham lagi ane, sepak bola sekarang kalau bisa diduitin, diduitin dah, bodo amat yang lain kenapa-napa ya kan? Yang penting finansial klub aman, pemain bisa digaji, kalau kayak gitu pemikirannya anak kecil juga bisa. Tapi kan kita hidup dunia, semua mesti seimbang, ada besar ada kecil. Ya kalau kalian yang merasa paling super bikin kompetisi sendiri, kalian gak mandang klub lainnya gitu? Apa mereka gak pantas berkompetisi sama kalian? Mikir dong woi jajaran-jajaran klub super!

Sebenernya sepak bola itu ada buat apa sih? Sepak bola ngasih nilai-nilai apa sih ke masyarakat? Kalau kayak gini caranya, semua orang yang suka sepak bola juga gedek sama tingkah laku kalian wahai ke-12 super Eropa. Mau kalian nyungsep, mau kalian degradasi, para suporter militan kalian selalu dukung kalian. Spurs terakhir kali juara Liga Inggris kapan sih? Tapi masih ada suporter kan? Di Indonesia juga banyak suporternya.

Jadi, ayolah wahai ke-12 tim super yang kabarnya bakal ngopi-ngopi bareng sama UEFA, kalau bisa keinginan untuk adanya kompetisi Liga Super Eropa ini diilangin ya. Mendingan kalian ke-12 super berfikir gimana caranya memberikan tontonan sepak bola yang bisa mengedukasi masyarakat, gimana caranya Liga Champions dan segala macemnya bisa dicintai masyarakat dunia. Bukan dengan bikin kompetisi sendiri, merasa hebat kalian, dijatuhin sama yang di Atas baru tahu kalian!

Baca juga: Fakta-fakta Seputar European Super League yang Tuai Kontroversi
Diubah oleh HernandezJoe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
minhakim20 dan 17 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kegelisahan Ane terhadap Liga Super Eropa! Wooo Gembel!!
20-04-2021 06:00
Kalo ditanya setuju apa nggak, gw sebenernya nggak setuju. Tapi kalo liat dari posisi netral, sebenernya proposal ESL ini merupakan tamparan keras buat UEFA yang selama ini udah duduk nyaman di atas angin dengan dipimpin oleh orang2 korup yang kadang suka semena2 terhadap klub2. Kalo dilihat dari konsep turnamen, sebenernya konsep yg diajukan nggak jauh2 beda dari format baru UCL yg udah fix bakal bergulir tahun 2024 nanti (dan no, kalo soal sombong, manggil diri kita juara itu buat gw lebih sombong daripada manggil kita super).

Terus, proposal ESL ini bukan juga proposal pertama yg diajukan oleh klub2. Dulu EFL (England Football League) juga ditinggal sama 22 klub yg milih memisahkan diri karena formatnya yg udah ketinggalan jaman yang sangat membatasi klub2 buat dapet dana2 revenue tambahan, dimana 22 klub ini selanjutnya ngebentuk sendiri apa yg namanya kita kenal sekarang sebagai EPL (English Premier League). Cuma mungkin karena masih level nasional, dulu UEFA ga terlalu campur tangan, dan FA sendiri ikut dukung. Masih banyak juga sebenernya contoh2 dimana klub2 belot buat bikin peraturan/turnamen tambahan baru karena yg lama udah dianggap nggak cocok.

Dan soal liga yg menggantikan UCL, ESL ini sebenernya bukan barang baru. Ini bahasan yg umurnya udah 20 tahun lebih, dan UEFA sendiri sebenernya juga berpendapat pengen ngeganti format UCL (yg menurut gw sebenernya format yg sekarang udah pas), dan pengumuman tentang format baru tahun 2024 nanti juga udah diketok palu. Format baru ini pun juga dikecam dimana2 dari banyak pihak. Gw ngeliat ESL ini sebagai gebrakan (walaupun gw juga ga suka format nya) dari klub buat berontak dari UEFA yang semena2, karena salah satu highlight yg dikeluarkan dari rapat ESL ini adalah:

"Going forward, the Founding Clubs [of the ESL] look forward to holding discussions with UEFA and FIFA to work together in partnership to deliver the best outcomes for the new League and for football as a whole."

yang kalo gw terjemahin secara intinya adalah: "Oi bro kita juga bisa bikin peraturan, ayolah kita ngopi bareng aja, antara lo sama klub2, buat diskusi enaknya gimana. Jangan suka2 lo terus."
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kumaniaks dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
kaskus holic
20-04-2021 11:54
bener gan, tanpa club raksasa eropa ECL gak ada tai2nya. bisa jadi malah Liga Champions yang bubar. soalnya hak siarnya pasti lebih mahal ESL
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia