News
Batal
KATEGORI
link has been copied
148
Lapor Hansip
19-04-2021 13:59

Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!

Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!

Jakarta, CNBC Indonesia - Impor barang konsumsi rata-rata mengalami kenaikan di kuartal I tahun ini. Mulai dari beras, daging lembu hingga bawang putih.
Untuk bawang putih, kenaikan impor di kuartal I ini bahkan mencapai 165% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Bahkan secara bulanan impor ini juga naik.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dikutip Senin (19/4/2021), tercatat impor pada kuartal I ini sebanyak 53.536,9 ton atau naik 165,23% dari kuartal I-2020 yang tercatat sebanyak 20.184,98 ton.

Jika dilihat dari bulan ke bulan (month to month/mtm) impor juga alami kenaikan yang signifikan. Bahkan impor naik hampir 300%.
Pada Maret, impor bawang putih tercatat 5.825,5 ton atau naik tajam 294,21% dibandingkan dengan Februari 2021 yang sebanyak 1.477,7 ton.

Sedangkan, dibandingkan Maret 2020, impor bawang putih alami penurunan yang cukup dalam yakni 66,91% yang tercatat sebanyak 17.606,5 ton.
Ada empat negara pengimpor utama bawang putih ke Indonesia pada Maret ini. Namun yang paling mendominasi adalah bawang putih asal China.

Berikut negara pengimpor bawang putih pada Maret 2021:
1. China sebanyak 5.796 ton dengan nilai US$ 6,9 juta
2. Amerika Serikat sebanyak 25,5 ton dengan nilai US$ 157.330
3. India sebanyak 3,8 ton dengan nilai US$ 7.640
4. Jerman sebanyak 60 kg dengan nilai US$ 265

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...asih-impor-bos
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kata Orang RI Tanah Surga, Bawang Putih Saja Masih Impor Bos!
19-04-2021 14:21
lha memang ga bisa tumbuh dengan baik, di Indonesia.
Sama seperti gandum, kamu coba tanam juga ga akan sebaik gandum luar.

Sama seperti padi kamu coba tanam di Canada. Mana bisa.
Atau biji kopi kamu tanam di pusat Starbucks di US, mana bisa. Starbucks impor dari negara2 equatorial seperti misalnya Indonesia.

Gimana sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 18:05
betul gan, ane pernah nyoba tanem bawang merah dan bawang putih. yang putih selalu gagal, yang merah 2-3 bulan baru bisa panen

sedangkan indonesia mayoritas makanan harus ada cabai, bawang merah, bawang putih, dan garam
contohnya dagang nasi goreng yang menjamur, minimal harus punya 4 bahan pokok itu
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 18:34
@Imaginerkus wah ini jadi mind blowing, lantas kenapa makanan2 indo ngga dibikin dr bahan baku yg sepele tumbuh di indo aja ya gan, biar ga ribet..
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 19:22
@Imaginerkus @babaysan mantap ndan bisa dilist nih daftar makanan yg tumbuh diiklim tropis
0
profile picture
kaskus geek
19-04-2021 19:44
@Imaginerkus kalau baca2 resep kuliner asli nusantara enggak ada yg pakek bawang putih Gan, pakai nya bawang merah.
Nenek moyang kita baru mengenal bawang putih dari pendatang asal Tiongkok. Lalu terjadilah akulturasi bumbu masak. Orang kita menambah bawang putih untuk menguatkan rasa. Orang Tiongkok di sini juga memakai bawang merah agar rasa lebih sedap.

Agan bisa kok bikin nasi goreng tanpa bawang putih, banyakin aja bawang merahnya pasti nasgornya lebih enak.
1
profile picture
aktivis kaskus
20-04-2021 11:10
Bener juga, masakan manado kayaknya ga pake bawang putih
0
Memuat data ...
1 - 5 dari 5 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia