Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
Lapor Hansip
16-04-2021 03:39

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Hewan mempunyai kemampuan khusus yang tidak bisa ditandingi oleh manusia. Misalnya saja singa, singa dengan cakar tajamnya yang dengan satu ayunan saja dapat merobek mangsanya atau cheetah yang kecepatannya mampu menembus 100 km/jam hanya dalam hitungan detik.

Nah, beberapa hewan lain juga mempunyai indera yang hebat dibagian wajahnya. Ini dia kekuatan di wajah hewan yang bikin ciut nyali.

1. Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Tidak sedikit hewan yang menggunakan indera pendengaran untuk bertahan hidup, pendengaran yang tajam bisa menghindarkan mereka dari ancaman predator. Selain itu, pendengarannya juga dapat membantu dalam usaha mencari mangsa, lantas hewan apa yang pendengarannya paling peka.

1.1. Kelelawar, Si Buta Dengan Pendengaran Peka

Kelelawar memiliki penglihatan yang buruk, bahkan bisa juga dibilang buta. Tapi hewan malam ini terkenal dengan kemampuan mendengarnya. Ambang pendengaran kelelawar berkisar antara 2.000 - 110.000 hertz. Hewan dengan nama ilmiah Chiroptera ini mengandalkan eko lokasi dari gelombang ultra sonik sebagai navigasi terbang dimalam hari.

Cara tersebut digunakan untuk menentukan ukuran dan lokasi objek disekitar, serta mencari mangsa dikegelapan. Kelelawar juga memiliki 20 otot telinga, serta dapat mengubah bentuk dan arah telinga guna menyempurnakan penerimaan gema.

1.2. Ngengat Lilin Musuh Kelelawar

Sang pesaing dari kelelawar adalah ngengat lilin, meski bertubuh mini tapi daya dengarnya sangat luar biasa. Bagaimana tidak, ngengat lilin bisa mendengar gelombang suara hingga frekuensi 300.000 hertz atau 15x lebih tajam dari pendengaran manusia.

Padahal secara ukuran, telinga ngengat hanya sebesar kepala penitih. Dikutip dari National Geographic, fungsi pendengaran ngengat adalah untuk bertahan dari serangan pemangsa, seperti kelelawar.

Nah, hewan dengan nama latin Galleria mellonella ini menginspirasi beberapa peneliti untuk merancang teknologi alat bantu dengar yang bisa membuat si pengguna mendengar satu percakapan walau dalam kondisi ramai.

2. Hewan Dengan Gigi Terpanjang

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Bagi makhluk hidup gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan agar mudah ditelan. Nah, kira-kira antara Unta dan Kuda Nil siapa yang giginya paling panjang.

2.1. Unta, Hewan Santuy Bergigi Baja

Unta memang hewan yang tidak berbahaya bagi manusia, tapi siapa sangka kalau didalam mulutnya tersimpan kekuatan dahsyat. Unta memiliki gigi dengan panjang rata-rata 7,5 cm, kekuatan gigi unta sanggup melumat pohon kaktus yang dipenuhi duri tajam.

Dilansir dari National Geographic bahwa unta memiliki struktur keras yang bernama Papilla di dalam mulutnya. Dengan Papilla tersebut, unta bisa mengarahkan duri-duri kaktus supaya tidak menusuk mulutnya.

Gigi unta tidak boleh dianggap remeh, gigitannya bisa menghancurkan tengkorak manusia seperti pada beberapa kasus. Dimana sang pemilik unta terbunuh oleh unta peliharaannya.

2.2. Kuda Nil, Si Gigi 30 Centimeter

Jika dilihat sepintas, Kuda Nil sepertinya tidak berbahaya karena sering bermalas-malasan di dalam air. Namun faktanya, di Afrika kuda nil adalah salah satu hewan paling mematikan. Diperkirakan lebih dari 300 orang menjadi korban keganasan hewan ini setiap tahunnya.

Salah satu senjata kuda nil terletak pada kekuatan rahang dan gigi panjangnya yang bisa mencapai 30 cm.

3. Hewan Dengan Penglihatan Tertajam

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Sebagian orang mengira bahwa burung elang adalah satu-satunya hewan dengan mata tertajam. Faktanya, yang memiliki mata tertajam justru hewan yang memiliki tubuhnya 1.000x lebih kecil dari si burung elang, mereka adalah capung dan lebah.

3.1. Capung Bermata Gahar

Capung bisa dibilang menjadi salah satu serangga yang mempunyai mata sakti mandraguna. Hampir setengah dari bagian kepalanya adalah mata, dan hebatnya bola mata capung terdiri dari 60.000 lensa. Ajaibnya, setiap lensa mengarah kesudut yang berbeda sehingga dapat melihat dengan sudut pandang hingga 360°.

Mata majemuk capung juga didukung dengan 3 mata kecil yang disebut Ocelli yang berfungsi untuk mendeteksi dan bereaksi terhadap setiap gerakan.

3.2. Lebah, Penghasil Madu Bermata Liar

Se tipe dengan capung, lebah penghasil madu ini juga mempunyai 5 mata di kepalanya, 2 mata majemuk dan 3 mata ocelli yang bisa mendeteksi objek didepannya walau datang dengan kecepatan tinggi. Perbedaannya dengan capung adalah jumlah lensa yang berada di mata majemuk.

Satu bola mata lebah memiliki 150.000 lensa, jika digabung kedua mata lebah bisa mempunyai 300.000 lensa.

4. Hewan Dengan Penciuman Tertajam

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Jika ditanya, hewan apa dengan penciuman tertajam di dunia, mungkin sebagian besar akan menjawab anjing. Tapi faktanya, anjing hanya masuk dalam 5 besar hewan dengan penciuman tertajam. Lantas apa dong hewan dengan penciuman tertajam.!!.

4.1. Gajah, Si Jago Mencium

Gajah Afrika memiliki ujung saraf penciuman yang sangat peka terhadap rangsangan, dibandingkan dengan tikus, anjing, bahkan manusia. Di dalam indera penciuman gajah terdapat sekitar 1.948 reseptor penciuman. Hal tersebut menyebabkan gajah mampu membedakan dua suku di Kenya, Maasai dan Kamba hanya dengan menciumnya.

Tidak hanya itu saja, hewan dengan bobot bisa mencapai 6 ton ini mampu mendeteksi keberadaan air yang jaraknya 16 km dari tempatnya berdiri.

4.2. Beruang, Si Hidung Sensitif

Memiliki hidung yang berukuran besar yang dilengkapi ribuan reseptor bau, membuat penciuman beruang sangat tajam. Dari hasil penelitian, indera penciuman beruang 2.100x lebih kuat dari manusia. Dengan kemampuan tersebut, beruang sanggup mencari makanan, pasangan, hingga mencium anaknya di alam liar.

5. Serangan Lidah Terpanjang

Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam

Selanjutnya soal lidah, kira-kira hewan apa yang lidahnya paling panjang. Untuk kategori ini ada dua kandidat, yakni Trenggiling dan lawannya adalah Bunglon.

5.1. Trenggiling, Lidah Pencari Serangga

Trenggiling yang nama ilmiahnya Pholidota ini mencari makan dengan cara menjulurkan lidahnya ke dalam lubang-lubang kecil untuk mencari semut atau serangga lainnya. Lidahnya yang sepanjang 40 cm dilengkapi dengan air liur yang lengket, sehingga semut atau serangga yang sudah menempel tidak bisa membebaskan diri.

5.2. Bunglon, Si Jago Kamuflase

Sementara sang pesaing, yakni Bunglon memiliki kecepatan menjulurkan lidahnya bagaikan mobil sedang ngebut, yakni 96 km/jam. Sementara panjang lidahnya bisa mencapai 3x panjang tubuhnya atau sekitar 50 cm. Dengan lidah sepanjang itu, serangan lidah bunglon bagaikan sebuah anak panah yang lepas dari busur dan menancap tepat disasaran.







profile-picture
profile-picture
profile-picture
yugeel dan 41 lainnya memberi reputasi
42
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kekuatan Di Wajah Hewan Bikin Ciut Nyali: Hewan Dengan Pendengaran Tertajam
17-04-2021 03:41
Kudanil idola anak BP... emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jamban.bocor dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
kaskus addict
17-04-2021 04:16
😂😂 betul betul
1
profile picture
kaskuser
17-04-2021 08:34


Semoga ndak ada yg sumon kudanil di mari
1
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia