News
Batal
KATEGORI
link has been copied
53
Lapor Hansip
16-04-2021 14:02

Anies Baswedan Panen Raya di Cilacap Untuk Stok Beras Jakarta

Anies Baswedan Panen Raya di Cilacap Untuk Stok Beras JakartaCilacap - Untuk menjaga ketersediaan beras di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan panen raya padi pada lahan seluas 1.000 hektare di Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Panen tersebut merupakan kerjasama penyediaan beras bersama untuk masyarakat di Jakarta.

"Program ini memberikan manfaat bagi semua, pertama melalui program ini, kita memotong mata rantai tata niaga beras, sehingga para petani akan bisa mendapatkan harga jual yang lebih baik. Di sisi lain masyarakat di Jakarta akan bisa mendapatkan beras dengan harga yang lebih terjangkau," kata Anies Baswedan kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Dia mengatakan kerjasama antara PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap juga bisa memastikan adanya kepastian pasokan, sekaligus juga punya konsekuensi pada Stabilitas harga. Sehingga inflasi yang sering dipengaruhi oleh naik turunnya harga beras menjadi lebih terjangkau di Jakarta.

"Jadi harapannya kita dengan program ini bisa memberikan kepastian pasokan untuk warga di DKI Jakarta dan untuk masyarakat petani di Cilacap bisa mendapatkan manfaat kepastian khususnya pada aspek harga," ujar Anies Baswedan.

Dia menjelaskan jika kerjasama ini juga didukung penuh oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Sehingga program suplai beras ini bisa meningkat dari tahun ke tahun, dan pada tahun ini bisa panen di lahan seluas 1.000 hektare.

"Apa yang tadi kita saksikan adalah penanda bahwa kita di Indonesia memiliki sumber daya yang luar biasa sehingga insyaallah kita bisa mencapai ketahanan pangan khususnya untuk di DKI Jakarta," jelasnya.

Anies Baswedan mengungkapkan jika Jakarta juga ingin mengirimkan pesan, bahwa dengan kolaborasi antara DKI Jakarta dengan Kabupaten Cilacap terus berkembang. Sehingga masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir dengan pasokan beras.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, menambahkan dengan adanya kerjasama kolaborasi ini akan memotivasi para petani di wilayahnya untuk giat bertani.

"Ini tantangan untuk Gapoktan, bagi petani untuk giat bertani, untuk semangat bertani, karena apa jadinya kalau petani mogok, petani itu tidak mau lagi. Nah semangat-semangat itu yang memotivasi Kabupaten Cilacap untuk menjadi lumbung nasional. Dengan kerjasama seperti ini beras akan stabil harganya, bahkan pasokannya tetap dan kualitasnya lebih dijamin lagi maka petani akan jaya," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Pamrihadi Wiraryo, mengatakan jika nilai kerjasama pada tahun 2019, Food Station berhasil menyerap Rp 21,2 miliar gabah kering panen, dan tahun 2020 pihaknya berhasil menyerap Rp 23,2 miliar.

"Sampai dengan 14 April 2021 kami berhasil menyerap Rp 8,5 miliar (gabah kering panen). Artinya kalau di setahun-kan, ekuivalen hampir antara Rp 30 miliar sampai Rp 32 miliar, jadi bertumbuh kurang lebih 25 persen-30 persen," jelasnya.

Saat ini pasokan beras untuk DKI Jakarta yang diambil dari Cilacap mencapai 5.700 ton untuk sekali panen. Sedangkan 1.000 hektare lahan yang ada di Cilacap merupakan bagian dari 7.200 hektare kontrak farming yang dilakukan food station di beberapa wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Saat ini kami masih membutuhkan lagi pasokan beras (untuk DKI Jakarta), dalam arti kerjasama ini akan ditingkatkan agar ketahanan pangan atau suplai beras di wilayah Jakarta ini bisa terjaga," ujarnya.

Ketua Gapoktan Sumber Makmur Sahroni menambahkan, penyerapan ke PT Food Station Tjipinang Jaya Jakarta memberikan kepastian penyerapan dengan harga yang cukup tinggi.

"Kalau Bulog kan hanya setahun sekali untuk pengadaan, tapi kalau ini rutin setiap saat. Kalau harga cocok, kita kirim," katanya.

Sahroni mengatakan untuk pengiriman ke Jakarta yang dibutuhkan tidak hanya gabah kering panen, tapi juga setengah putih dan pecah kulit. Varietas padi yang dibutuhkan adalah mentik wangi, IR 64, muncul, dan merah.

"Ke PT Food Station harga GKP Rp 4.650 per kilogram. Kalau di luar itu, GKP Rp 4.250 per kilogram," jelasnya.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...eras-jakarta/2

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Dah itu ajaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Anies Baswedan Panen Raya di Cilacap Untuk Stok Beras Jakarta
16-04-2021 18:46
parah ini orang panggung bupati cilacap aja disikat buat publisitas, offside nya kebangetan wkwkwk
profile-picture
samsol... memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
16-04-2021 19:06
Kayak jokowi enggak aja
bong cebong.

Jokowi dulu sampai datengin beras, ikan sama sapi dari sulsel

Anies Baswedan Panen Raya di Cilacap Untuk Stok Beras Jakarta
0
profile picture
kaskus maniac
16-04-2021 19:14
Oh berarti ngikutin jokowi y.. emoticon-Angkat Beer
0
profile picture
kaskus maniac
16-04-2021 22:32
@awixcool yoi, raja pencitraan, over act, tukan offside, bukan urusan saya
0
profile picture
kaskus holic
17-04-2021 08:13
@awixcool @lanank.jagad yah berarti sama aja lah wkwkwk, masih mending jokowi itu gubernur sulsel diundang, skr pun dijadikan menteri.
1
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia