Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
Lapor Hansip
16-04-2021 12:41

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Bagi kebanyakan warga Indonesia termasuk Ane dan Ente, belum sah makan kalau belum makan pake nasi. Hidangan berbahan dasar beras ini sudah jadi makanan pokok penduduk Indonesia.

Saat bulan puasa seperi sekarang kita biasanya makan takjil dan cemilan lainnya sampai kenyang bukan? Tapi tetap saja nasi bisa masuk perut dengan lancar.

Saking mendarah dagingnya nasi di Indonesia sampai setiap daerah mempunyai nasi kebanggaannya masing-masing. Berikut @saya.kira hadirkan berbagai jenis nasi yang ada di Indonesia. Tentu belum semuanya karena pasti banyak banget, ini hanya sebagian kecil.
Apa aja, yuk simak GanSist!


1. Nasi Penggel

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Penggel, makanan khas dari daerahĀ Kebumen.
Nasi Penggel disajikan bersama sayur dan lauk. Sayur ini merupakan lodeh yang dicampur ā€˜goriā€™ atanĀ nangkaĀ muda, daunĀ singkong,Ā tempe,Ā tahuĀ dan melinjo. Adapun lauk Nasi Penggel adalah kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, ā€˜tetelanā€™, jantung, ginjal, paru,Ā tempeĀ mendoan dan semacamnya.
Ane biasa makan Nasi Penggel buat sarapan,inget ya nasi penggel bukan penggal.


2. Nasi Gandul

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Sewaktu ke daerah Pati ane menemukan yang namanya Nasi Gandul. Nasi khas Pati, ini disajikan bersama tempe, lidah sapi, usus sapi, dan tambahan lauk lainnya. Rasanya manis pedas dan berkuah. Hemmm lezat.


3. Nasi Balap

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nama nasi ini sangat unik tapi bukan berarti nasinya balapan ya gan. Dinamakan nasi balap karena nasi khas lombok ini disajikan dengan suiran ayam yang dimasak pedas. Lauk pelengkapnya antara lain, kering kentang, telur dadar dan taburan kedelai goreng. Mungkin nasi balap ini masih sepupuan sama lontong balap.


4. Nasi Megono

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Megono ini berasal dari Pekalongan gan. Menurut ane yang bikin khas nasi ini yaitu sayur Megono yang dibuat dari nangka muda yang cincang halus lalu dikasih sambal terasi,maknyus dah. Pas ane tinggal di Jogja ada penjual nasi megono langganan,di pasar STAN.


5. Nasi Jamblang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Ciri khas nasi Jamblang ini menggunakan daun jati dalam penyajiannya. Lauknya juga buanyak,agan bisa milih sambal goreng, paru, daging, semur ikan, tempe, dan ikan asin dll. Oiya hampir lupa,nasi jamblang ini berasal dari Cirebon ya gan


6. Nasi Grombyang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Olahan nasi yang satu ini dari Pemalang. Penyajian nasi ini menggunakan kuah khas yang sangat banyak dibanding isi nasinya sendiri. Sehingga terlihat seperti goyang-goyang atau 'grombyang-grombyang' dalam bahasa Jawa gan. Kaya rawon dalam mangkok kecil khas soto Kudus ya gan,tapi ini wenak tenan.


7. Nasi Lengko

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kembali ke Cirebon ya gan,ada nasi Lengko. Nasi Lengko ini banyak banget sayurannya gan sist,jadi jauh-jauh sembelit deh. Dikasih kecap khas Cirebon bikin makin maknyus rasanya


8. Nasi Boranan

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Boranan ini berasal dari Lamongan gan,konon namanya berasal dari tempat nasi yang terbuat dari anyaman bambu. Kalo ente makan nasi boranan jangan lupa lauknya ikan Sili ya gan,makin enak deh. Inget Boranan,bukan buronan.


9.Nasi Gegok

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Gegok khas Trenggalek ini disajikan dengan dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Pembuatannya unik loh gan sebelum di kukus nasi ini di taburi dengan sambal teri di bagian atasnya sehingga rasa dan aromanya sangat nikmat.


10. Nasi Tumpang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Jujur aja ane bingung nasi tumpang ini asalnya darimana,di Malang ada daerah namanya Tumpang,orang Kediri bilang nasi tumpang dari Kediri,eh di Solo juga banyak yang jual. Kalo menurut ane mirip sama pecel cuma ada sambal atau bumbu tumpang yang bikin beda


11. Nasi Liwet

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Liwet yang ane maksud ini yang khas Solo yah,bukan yang dari Sunda. Nasi liwet terkenal dengan teksturnya yang pulen dan rasa gurih. Disajikan dengan daun pisang, aromanya makin nikmat. Lauknya juga buanyak gan, ada ayam, hati/ampela ayam, tempe, tahu dan telor bacem.


12. Nasi Jagal

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Walapun terdengar sadis tapi jangan diragukan nikmatnya gan. Konon katanya dinamakannya nasi jagal karena makanan satu ini banyak dijajakan di dekat sebuah tempat penjagalan hewan bertempat di Bayur, Kota Tangerang. Jadi sudah pasti daging sapi yang jadi andalan kuliner ini dijamin segar. Fresh from the penjagalan sapi.


13. Nasi Krawu

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik, Jawa Timur. Cirinya adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya dapat berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal terasi dan serundeng. Sambal terasi yang disajikan bersama dengan nasi krawu memiliki rasa pedas yang khas.


14. Nasi Bekepor

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi ini dari Kutai Kaltim gan,Nasi khas raja-raja ini rasanya mirip nasi liwet yang penuh rasa santan. Kalau nasi liwet dimakan bersama ayam goreng, nasi bekepor ini dimakan bersama daging masak bumi hangus yang nggak kalah enak.


15. Nasi Subut

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi satu ini tampil unik dan cantik sekali dengan warna keunguan. Warna ungu dari nasi ini dihasilkan oleh ubi ungu yang menjadi bahan utamanya. Selain ubi ungu, masih ada butiran jagung yang dicampur ke dalam nasi khas Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara ini.


17. Nasi Minyak

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kali ini nasi khas dari Palembang gan,Dahulu, kuliner satu ini dianggap panganan mewah bagi masyarakat Palembang karena hanya boleh disantap oleh Sultan dan pada saat-saat tertentu saja lho!


18. Nasi Tutug Oncom

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Nasi ini umumnya disajikan dalam keadaan hangat gan biar lebih mantul.

19. Nasi Tepeng

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi Tepeng ini khas Gianyar gan,enaknya dimakan buat sarapan. Nasi ini teksturnya lembek tapi gak selembek bubur ya gan. Bumbu rempah yang kaya bikin rasanya makin nendang loh gan sist

20. Nasi Bungkus

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi bungkus adalah nasi putih beserta lauk untuk satu orang yang dibungkus pake kertas minyak. Yang bikin unik nasi ini biasa untuk amunisi pasukan pendukung capres 02. Nasbung,ada-ada aja ya netijen Indonesia.


21. Nasi Kotak

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Nasi ini sebenarnya juga nasi biasa seperti nasi bungkus,cuman yang ini buat pendukung capres 01. Nastak.


22. Nasi Indomie

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
Kalo yang satu ini ane gak usah jelasin ya gan sist, pasti dah pada tau
emoticon-Ngakak


23. Nasi Padang

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!

Terakhir pasti udah gak asing lagi kan GanSis!
Nasi PadangĀ adalah nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk khasĀ Indonesia.
Padang merujuk pada ibu kota provinsi Sumatra Barat, kampung halaman orang Minangkabau.

Nasi Padang adalah sebuah hidangan yang disajikan secara lengkap secara prasmanan dengan daging, ikan, sayuran, dan makanan pedas dimakan dengan nasi putih, itu adalah komoditas ekspor paling terkenal dan masyarakat minangkabau mempunyai kontribusi yang besar untukĀ masakan Indonesia


Sebenarnya masih banyak nasi-nasi lainnya tapi karena keterbatasan waktu dan tempat ane cukupkan aja.
Oh iya,agan dan sista udah nyobain yang mana nih?

Belum makan kalau belum pake nasi


Sumber dari:
1. Sini
2. Sini
3. Sini

Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Aneka Nasi Khas Daerah Di Indonesia, Negara Lain Mana Punya!
16-04-2021 17:38
Nasi uduk sama nasi kuning kagak ada tapi malah ada nasi indomie? šŸ˜‚
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
1 0
1
profile picture
aktivis kaskus
17-04-2021 04:10
Indomi nya gak pak pake telor lagi.. :emoticon-Wkwkwk
1
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia