Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
Lapor Hansip
14-04-2021 18:22

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Quote:
Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Maaya Sakamoto, salah satu Seiyuu senior dengan banyaknya peran ikonik yang diperankan olehnya. Doi lahir pada 31 Maret 1980 di Itabashi, Tokyo, Jepang, anak bungsu dari 2 bersaudara. Karier Doi sebagai Seiyuu sebetulnya sudah dimulai kala usianya masih 12 tahun. Saat itu, Doi memerankan tokoh Chifuru.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Ini animenya

Selang 4 tahun kemudian pada 1996, Doi langsung mendapatkan peran utama sebagai Hitomi Kanzaki di serial anime Escaflowne. Tak tanggung-tanggung, dalam debutnya sebagai pemeran utama, Doi beradu peran dengan 2 Seiyuu senior lainnya, yakni Om Seki Tomokazu dan Om Miki Shinichiro. Di tahun yang sama, Doi juga memulai kariernya sebagai penyanyi dengan membawakan lagu opening dari anime tersebut yang berjudul Yakusoku wa Iranai. Sedikit fun fact, salah satu peran legendaris dari Maaya Sakamoto adalah Motoko Kusanagi dari serial Ghost in the Shell. Nah, Doi sudah mendapatkan perannya itu sejak tahun 1995 sampai sekarang.

Pada 1997, selang setahun usai merilis lagu pertamanya, Doi langsung mengeluarkan album debutnya yang diberi nama Grapefruit. Album tersebut sangat sukses pada masa itu, karena berhasil menjadi penghuni posisi puncak tangga lagu Oricon Weekly. Setahun berikutnya pada 1998, Doi kembali merilis album baru bertajuk Dive. Berbeda dengan album sebelumnya, album ini harus puas duduk di posisi ketiga pada tangga lagu Oricon Weekly. Sementara itu di tahun yang sama, Doi mendapatkan peran sebagai Stella Bonnaroo di salah satu anime legendaris di dekade 90-an, yaitu Cowboy Bebop.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Stella Bonnaroo

Di tahun 1999, Doi kembali merilis karya terbarunya di industri musik Jepang. Salah satunya dengan merilis sebuah single yang bertajuk Platinum. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu yang tersedia dalam album kompilasi miliknya yang bertajuk Single Collection+ Hotchpotch. Barulah pada tahun 2001, Doi mendapatkan peran sebagai Rip Van Winkle dari anime Hellsing Ultimate. Bersamaan dengan itu, Doi merilis 2 karya terbarunya di industri musik, sebuah album yang berjudul Lucy dan mini album pertama berjudul Easy Listening. Dibandingkan 2 album sebelumnya, album ketiganya Doi adalah album dengan rekor terburuk kalau dilihat dari tangga lagu Oricon Weekly. Pasalnya, album tersebut hanya bertengger di posisi keempat, sementara mini album perdananya berhasil menduduki peringkat ketiga di Oricon Weekly. Sampai sekarang, Doi sudah menelurkan 10 album, 6 album kompilasi, 4 Extended Plays (EP) dan sekitar 50+ single.

Di tahun 2002, Doi mendapatkan tawaran job di 2 judul anime terpopuler sepanjang masa, yakni Naruto dan Saint Seiya. Di anime Naruto, Doi berperan sebagai Matsuri, salah satu ninja asal Sunagakure yang sangat mengidolakan sosok Sabaku no Gaara. Sementara di anime Saint Seiya, Doi berperan sebagai Pandora.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Pandora

Masih di tahun 2002, Doi mendapatkan peran tetap pertamanya di sebuah series video game. Doi berperan sebagai Natsume dan Aura dari series game .hack. Di tahun ini pula Doi mendapatkan salah satu peran ikoniknya di dunia game sebagai Aerith Gainsborough dari game Final Fantasy 7 series dan Kingdom Hearts.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

.hack Series

Pada tahun 2004, Doi kembali mendapatkan peran di sebuah judul anime terpopuler, yaitu Mobile Suit Gundam. Disana Doi mendapatkan peran sebagai Lunamaria Hawke. Tak hanya itu, Doi juga berperan sebagai Lal'C Melk Mark dari anime Top wo Nerae 2! Diebuster. Lanjut ke 2006, Doi lagi-lagi mendapatkan peran di salah satu judul anime terpopuler, yaitu Death Note (sebagai Kiyomi Takada). Masih di tahun 2006, Doi juga berperan sebagai Haruhi Fujioka dari anime Ouran Koukou Host Club. Disini, Doi kembali beradu akting dengan Miyano Mamoru, usai mereka berdua berperan di anime Death Note. Selain Miyano, Maaya Sakamoto juga beradu akting dengan sang calon Suami, Kenichi Suzumura. Pasangan tersebut resmi menikah pada 8 Agustus 2011.

Menutup dekade 2000-an, ada beberapa karakter anime yang diperankan oleh Maaya Sakamoto, diantaranya Shiki Ryougi (Kara no Kyoukai), Ciel Phantomhive (Black Butler), Crona (Soul Eater), Alphard Alshaya (Canaan) sampai Mari Makinami (Evangelion series). Masuk ke dekade 2010-an, Maaya Sakamoto semakin dikenal oleh para pecinta anime usai memerankan karakter Merlin (Nanatsu no Taizai), Eto Yoshimura dan Sen Takatsuki (Tokyo Ghoul), sampai yang terbaru adalah Echidna dari musim kedua anime Re:Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu.

Sedikit fun fact lagi nih, pada tahun 2013, Doi pernah memerankan karakter Nami dari film anime Captain SHerlock. Di film tersebut, yang berperan sebagai sang tokoh utama adalah aktor Jepang Shun Oguri, pemeran Takiya Genji (Crows Zero) sampai Sakata Gintoki (Gintama Live Action).

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Captain SHerlock, diperankan oleh aktor Shun Oguri

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Nami, karakter yang diperankan oleh Maaya Sakamoto

Masih ada beberapa karakter lainnya yang diperankan sama Maaya Sakamoto, beberapa diantaranya adalah :

- Deunan Knute (Applessed XIII series)
- Leila Malcal (Code Geass series)
- Shinobu Oshino (Monogatari series)
- Farangis (Arslan Senki)
- Lyza (Made In Abyss)
- Magane Chikujouin (Re:Creators)
- Honey Kisaragi (Cutie Honey Universe)
- Annerose von Grünewald (Ginga Eiyuu Densetsu : Die Neue These)
- Quinella (Sword Art Online Alicization)
- Artemis (Danmachi Movie)
- Shou Kusakabe (Enen no Shouboutai/Fire Force)
- Sohma Akito (Fruit Basket)
- Tamayo (Kimetsu no Yaiba)
- Kanbe Suzue (Fugou Keiji Balance Unlimited)


Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Beberapa karakter anime yang diperankan oleh Maaya Sakamoto

Sebelumnya Ane udah nyebutin 3 peran ikonik Doi di dunia game (Natsume, Aura dan Aerith), tapi sebenernya, masih ada beberapa peran ikonik lainnya. Di series Final Fantasy misalnya. Selain Aerith, Doi juga dikenal sebagai pengisi suara dari Lightning (Final Fantasy 13), Diva (Final Fantasy Type-0) dan Hana Kohl (Final Fantasy Crystal Chronicle). Selain Final Fantasy series, game bergenre serupa yang juga diperankan oleh Maaya Sakamoto ialah God Eater series (sebagai Alisa Ilynichna Omela), Persona series (sebagai Aigis), Suikoden Tierkreis (sebagai Marica), sampai Granblue Fantasy (sebagai Arulumaya dan Olivia).

Oh ya, buat kalian pecinta game bergenre fighting, kalian bisa dengerin suara Doi di game Tekken (sebagai Xiaoyu) sama Dead or Alive (sebagai Lisa Hamilton/La Mariposa). Untuk genre action & adventure, kalian bisa cek game Death Stranding (sebagai Mama), Days Gone (sebagai Sarah Whitaker), Yakuza Kiwami (sebagai Yumi Sawamura), Sengoku Basara 4 (sebagai Ii Naotora), Sonic the Hedgehog versi 2006 (sebagai Putri Elise), sampai versi Jepang dari God of War Chains of Olympus (sebagai Dewi Eos).

Lanjut ke genre horor, kalian bisa temuin suaranya Maaya Sakamoto di game Fatal Frame Maiden of Black Water (sebagai Rui Kagamiya) dan Resident Evil 6 (sebagai Sherry Birkin). Terakhir, bagi pecinta game-game visual novel, Maaya Sakamoto dikenal dengan perannya di game Danganronpa V3 : Killing Harmony (sebagai Maki Harukawa) dan beberapa judul Fate series (sebagai Jeanne D'arc, Alexander dan Leonardo Da Vinci).

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Peran-peran Maaya Sakamoto di dunia game

Selanjutnya kita beralih ke ranah perfilman Hollywood. Maaya Sakamoto dikenal sebagai salah satu pengisi suara tetap dari beberapa film yang dibintangi oleh aktris Natalie Portman. Contoh yang paling populernya ialah Star Wars series (sebagai Padme Amidala) dan Marvel Cinematic Universe (sebagai Jane Foster). Selain Jane Foster, Doi juga pernah menjadi pengisi suara dari Susan "Sue" Storm a.k.a Invisible Woman dari film Fantastic Four (diperankan oleh aktris Jessica Alba).

Doi juga merupakan pengisi suara dari Beatrice "Tris" Prior (diperankan oleh aktris Shailene Woodley) di series Divergent. Tak hanya itu, Doi juga memerankan karakter Ramsey (diperankan oleh aktris Nathalie Emmanuel) dari franchise Fast and Furious. Oh ya, ada 2 judul film yang menarik perhatian Ane. Faktanya, Doi merupakan pengisi suara dari karakter Heather Mason di film live action Silent Hill dan juga si boneka cantik Barbie.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Yap, gak kerasa udah di penghujung postingan. Tapi sebelum Ane sudahi, Ane mau ngasih beberapa fakta menarik seputar Maaya Sakamoto. Berikut beberapa diantaranya :

1. Pada tahun 2003, Doi mencoba peruntungannya di dunia seni peran dengan tampil di sebuah drama teater Les Miserables. Saat itu, Doi berperan menjadi Eponine Thenardier. Sampai sekarang, sudah ada 6 judul drama (termasuk Les Miserables) yang sudah Doi perankan.

2. Doi menjadi pembawa acara di 12 siaran radio dan 1 webcast di negeri Sakura. Tak hanya itu, Doi sudah mengeluarkan 4 buah buku.

3. Sepanjang kariernya, ada beberapa pencapaian yang sudah Doi raih, antara lain :
- Menduduki peringkat ke-10 sebagai Aktris Terfavorit versi Anime Grand Prix ke-23
- Pada tahun 2007, Doi masuk ke dalam nominasi untuk 2 kategori di ajang Seiyuu Awards. Kedua kategori tersebut ialah Aktris Terfavorit dan Soundtrack Terbaik
- Single keenam Doi yang judulnya Triangler berhasil menyabet gelar Theme Song Award di ajang Animation Kobe ke-13
- Di tahun 2013, salah satu judul drama teater yang Doi perankan, Daddy Long Legs, masuk ke dalam nominasi 38th Kikuta Kazuo Theater Prize for Theater grand-prix

4. Doi pernah berduet dengan salah satu musisi asal Amerika Serikat, Steve Conte (Gitaris band "New York Dolls") untuk lagunya yang berjudul The Garden of Everything. Selain berduet, Doi juga bekerja sama dengan Steve Conte dalam proses pembuatan beberapa soundtrack untuk anime Wolf's Rain, Cowboy Bebop, RahXephon sampai Ghost in the Shell.

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

Steve Conte

5. Di tahun 2002, Doi berhasil lulus dari Toyo University jurusan Sosiologi.

6. Faktanya, Maaya Sakamoto gak cuma berprofesi sebagai penyanyi solo, Doi adalah salah satu anggota dari duo grup Whoops!! bersama dengan rekan Seiyuu lainnya, Chieko Higuchi. Bersama Whoops!! Doi menelurkan 4 buah album, Love Love Phantasy, Genie dan P (1999) serta album terakhir mereka yang bertajuk P' (2006)

Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto

7. Memperingati 15 tahun kariernya di industri hiburan, Doi sempat mengadakan konser di Nippon Budokan pada 31 Maret 2010, bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-30.


Source :
Maaya Sakamoto
My Anime List
profile-picture
profile-picture
ferist123 dan doobey memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Yuk, Kenalan Sama Maaya Sakamoto
16-04-2021 16:08
Banyak yg hobi jepang
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia