News
Batal
KATEGORI
link has been copied
584
Lapor Hansip
15-04-2021 20:11

Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam

Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam


Kisah Biarawati Irena Handono pindah agama menarik diketahui. Seorang taat beragama pun bisa berpindah keyakinan seperti Irena Handono.

Irena Handono tinggalkan Kristen dan menjadi Islam berawal dari menantang cari kelemahan Islam. Irena Handono ingin membandingkan konsep ketuhanan dari agamanya dulu dengan konsep ketuhanan di Islam.

Misinya adalah membandingkan tapi hasilnya menyadarkan. Irena Handono malah jatuh hati pada konsep ketuhanan pada Islam.

Dulu dia mempelajari Islam untuk mengetahui kelemahannya kini malah mengakui Islam sebagai yang sempurna.

Awal mula Irena Handono menjadi mualaf itu suatu waktu dia berdiskusi dengan dosen di biarawati, soal perbandingan agama soal konsep keimanan.

Dasar Irena yang hobi baca dan rasa penasaran tinggi, Irena kemudian mengusulkan diri bagaimana kalau dia mempelajari Islam langsung dari sumbernya, yaitu Al Quran. Nggak diduga, dosennya mengizinkan Irena pelajari Islam dari Alquran. Setelah mengantongi izin, Irene pergi ke perpustakaan meminjam Alquran tanpa terjemahan.

Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam

Setelah di bawa pulang, Irena bingung karena huruf Alquran kan huruf Hijaiyah, dan nggak bisa membacanya. Makanya hari berikutnya Irene meminjam Alquran dengan terjemahannya. Irena salah membuka Al Quran. Harusnya dia membuka dari awal Al Quran yakni Surat Al Fatihah.

“Saya pulang ke biara dan malamnya saya baca Al Quran. Tapi cara baca terbalik, saya buka dari belakang bukan dari depan. Maka saya berjumpa surat Al Ikhlas. Ini jawaban Allah. Baru baca terjemahannya itu saja, saya sudah terkejut. Ini yang mutlak benar. Bagi saya Allahu Ahad, Allah itu Esa itu ya betul. Nggak mungkin dua, kalau dua (Tuhan) itu ciptaan,” ujar Irena dalam YouTube Cinta Quran TV.

Konsep ketuhanan di Al Quran itu menurutnya adalah sempurna, nggak terbantahkan. Sebelum menemukan konsep ketuhanan di Al Quran, dia didoktrin soal pengandaian berbagai konsep Tuhan yang ada sisi kelemahannya. Misalnya konsep Tuhan itu satu dalam segitiga.

Maka dia menggugat kalau nanti ada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka apakah bisa nanti konsep ketuhanan bisa menjadi segi empat dan artinya Tuhan ada penambahan. Irena kala itu dilarang untuk menggugat hal dasar seperti itu, karena itu terlarang dalam dogma.

Irena juga merasa pengandaian Tuhan dengan telur juga ada kelemahan konsep logikanya. Kan ada konsep Tuhan itu seperti telur, yang mana pasti punya tiga unsur yakni kulit, putih dan kuning telur. Nggak ada satu unsur saja maka itu nggak mungkin jadi konsep telur.

Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam

“Jawaban saya kala itu, telur itu kan alami penyusutan, apakah mungkin Tuhan itu susut seperti telur. Artinya tak bisa pengabdian itu dipakai,” jelasnya.

Jadi benar kata Irena, konsep Allah tempat bergantung semua mahluk, itu benar sekali. Allah tak punyai sejarah, tak terikat ruang dan waktu, mandiri, tak perlu bantuan dan tak bermitra apapun.

“Ini konsep yang sempurna,” jelasnya.

Irena Handono mengatakan reaksi pertama membaca seksama terjemahan Surat Al Ikhlas itu adalah jawaban yang selama ini ia cari.

“Pertama baca, saya ah ini bener, ini logic. Ini bener. Dari situ saya makin gali dan lihat berbagai sisi perbandingannya dan pelaksanaannya (konsep ketuhanan Islam) semakin yakin Surat Al Ikhlas,” jelasnya di kanal YouTube tvOne News.

Irena Handono mengatakan hidayah adalah anugerah dari Allah SWT, dan ini baginya adalah nikmat luar biasa. Sebab kata dia, ada lho orang sudah diberi hidayah Allah SWT tapi dicampakkan lah nikmat hidayah itu. Jadi ada jalan pula, Allah sudah beri hidayah pun, masih diberi kesempatan mau terima atau nggak.

Irena Handono mengibaratkan hidayah diberi dan manusia sendiri yang menentukan apakah terima atau tidak, seperti ibu membuat masakan yang enak menurut dia.

Kemudian sang anaknya disuruh makan, Irena Handono pilih juga makan atau tidak. Dan ada yang menumpahkan makanan kembali.

“Hidayah tak ada nilai tandingannya. Hidayah dibandingkan dengan gunung emas gunung berlian pun tidak tertukar,” kata Irene Handono.

Irena Handono mengatakan ada pengalaman menarik saat awal dia memutuskan jadi mualaf. Irena Handono menjadi mualaf sehari sebelum Ramadhan. Praktis, ritme hidupnya menyesuaikan dengan ibadah puasa Ramadan. Dia kala itu sembunyi-sembunyi dari keluarganya.

“Umi bersyahadat persis sehari sebelum Ramadhan, dengan disaksikan KH Misbach. Saat itu keluarga belum tahu. Saat sahur tiba, umi makan buah ataupun roti. Itupun sembunyi sembunyi. Maka, kalau umi boleh jujur, berbuka dengan air putih adalah menu buka puasa paling nikmat bagi umi,” kata Irene dalam cuitannya di Twitter, Selasa 13 April 2021.

Awal-awal ujiannya muncul. Saat siang hari Irene diajaki makan. Tapi kan dia sedang berpuasa dan keluarga nggak tahu dia telah memeluk Islam.

“Siang hari umi diajak makan, tapi umi menolak. Ini sebuah ujian. Di sinilah nikmanya sebuah iman. Berbuka pun berbeda dengan yang lain yang meriah, umi sendiri dengan menu seadanya,” tulisnya.


Sumber








BIARAWATI MUALAF BRAY emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinandya dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam
16-04-2021 01:17


• Matius, 7:21à “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa/Allah-ku disorga.”

Dia milih ngikutin kata matius. Gak manggil yesus Tuhan!
profile-picture
jonkosek memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
16-04-2021 01:43
Sudut pandang lu salah, mudah sekali matahin maksud tulisanlu
Ustad yg ngajarin lu bego, itu sudahemoticon-Traveller
4
profile picture
aktivis kaskus
16-04-2021 06:26
@Somad.Monyong lu capek capek ke gereja manggil yesus Tuhan tuhan eh taunya zonk. Makanya baca kita kitab lu. Jangan denger paus doang auto surga. Wkwkwkwkwk
0
profile picture
kaskus geek
16-04-2021 06:31
Itu ayat konsepnya bukan gitu emoticon-Hammer Mungkin kalo diganti katanya ente lebih ngerti. Kalo ente sakit, cuma teriak2 Dokter! Dokter! gak akan sembuh. Ente baru akan sembuh kalo ente dateng ke RS, daftar, ketemu dokter, minum obat. Ente gak teriak gak akan bikin si dokter tiba2 berubah jadi tukang kayu emoticon-Ngakak (S)
3
profile picture
aktivis kaskus
16-04-2021 06:36
@estidi inilah gimana kalian dibikin berpaling dri kebenaran. Yesus itu manusia bukan tuhan. Dia yg bilang dikitabnya bukan gw. Gw cuma kasih tau. Makanya dia bilang org yg manggil dia tuhan gak akan masuk sorga.
Dia justru VALID menuhankan Allah. gak ada 1 pun ayat jelas yesus klaim yesus sbg tuhan.

Kisah Para Rasul 2:22

2:22 Hai orang-orang Israel, dengarlah perkataan ini: Yang aku maksudkan, ialah Yesus dari Nazaret,  seorang yang telah ditentukan Allah dan yang dinyatakan kepadamu dengan kekuatan-kekuatan dan mujizat-mujizat dan tanda-tanda  yang dilakukan oleh Allah dengan perantaraan Dia  di tengah-tengah kamu, seperti yang kamu tahu.


• Matius, 4:10 “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
-1
profile picture
kaskus addict
16-04-2021 08:40
@Somad.Monyong lu yg goblog, itu sudah emoticon-Traveller
emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
16-04-2021 09:58
@Somad.Monyong gak perlu bego"in orang yg gak ada disini. Bilang aja dogma gereja gw "IMANI SAJA" udah clear tong...
0
profile picture
kaskus maniac
16-04-2021 10:59
@jonkosek buset, kayanya gw pernah denger tuh jangan pake akal, yg ngomong cina mualaf, lupa gw namanyaemoticon-Amazed
0
profile picture
kaskus addict
16-04-2021 12:38
@Somad.Monyong bilang aja sakit hati karena ada mualaf lagi, jujur dibantu emoticon-Big Grin
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
aktivis kaskus
16-04-2021 17:40
@estidi @6XCaliph3
Yesus yg ngajarin tauhid (satu tuhan)
Bukan trinitas (3tuhan)

Baca kitab jgn dengerin paus dan doktrin gereja doang.

• Matius, 4:10 “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”

Paham gak arti hanya kepada dia?
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
kaskus addict
16-04-2021 18:01
@6XCaliph3
Lu saran gue mending ke dokter dah. Kalo kepala ato badan lu kerasa aneh, mending berobat. Sehat dulu, habis itu baru ngaskus lagi.
Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam
Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam
Biarawati Irena Handono Pindah Agama, Menantang Cari Kelemahan Islam
0
profile picture
aktivis kaskus
16-04-2021 19:10
@estidi @6XCaliph3 Tauhid merupakan dasar agama Islam yang secara persis diungkapkan dalam frasa “Lā ilāha illallāh”. Menurut bahasa, tauhid adalah bentuk masdar dari fi'il wahhada-yuwahhidu yang artinya menjadikan sesuatu jadi satu saja
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memuat data ...
1 - 20 dari 28 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia