News
Batal
KATEGORI
link has been copied
279
Lapor Hansip
14-04-2021 21:52

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan selama lebih dari satu tahun belum juga menunjukkan perbaikan di sektor konsumsi seperti ritel hingga restoran.
Contoh terbaru adalah waralaba restoran KFC yang setahun terakhir didera masalah hubungan industrial dengan pekerja karena soal penutupan gerai, upah, sampai berujung masalah keuangan yang berdarah-darah.
Di sisi lain, sektor ritel juga tak kalah pelik, hari ke hari jumlah gerai ritel yang tutup bertumbangan. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan setiap harinya toko ritel di Indonesia yang tutup kian bertambah.

Menurutnya, toko yang harus tutup atau bangkrut ini disebabkan karena permintaan lemah di sektor konsumsi. Padahal konsumsi masyarakat sangat menentukan keberlanjutan usaha ritel.
"Setiap hari kami hitung dari sisi asosiasi, hampir 1 toko tutup setiap hari, di seluruh Indonesia termasuk di Bali," ujarnya dikutip Rabu (14/4).

Ia bilang pelaku usaha ritel yang harus gulung tikar dan menutup usahanya masih berlanjut di tahun ini. Sejak awal tahun hingga saat ini sudah ada 90 toko yang harus menutup usahanya.
"Kalau kita lihat 3 bulan ini kita sudah ada 90 toko yang tutup termasuk minimarket, supermarket, department store maupun juga tenant," katanya.

Minta Perlindungan Pemerintah

Kondisi yang terus berlarut tanpa adanya perbaikan membuat pelaku usaha risau. Roy meminta perlindungan pemerintah agar tidak semakin banyak pelaku usaha ritel yang bangkrut.
Perhatian khusus dari Pemerintah sangat diharapkan, apalagi industri ritel adalah salah satu usaha yang harus bertahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
"Ini bagaimana relaksasi untuk tetap bertahan dan beroperasi sebagai sektor kedua yang harus tetap buka selain RS," jelasnya.

Ia menyebutkan, salah satu stimulus yang dibutuhkan oleh pelaku usaha ritel adalah tambahan dana dari Pemerintah. Diharapkan tambahan anggaran dari Pemerintah bisa membantu sektor ritel tetap bertahan dan melayani UMKM yang berbelanja di mereka.
"Kami butuh vaksinasi keuangan selain vaksinasi pandemi, karena tanpa itu kemana kita. Kita punya 7 juta UMKM yang dagang di ritel, tapi UMKM enggak bisa dagang karena toko (ritel) tutup. Jadi mereka (pelaku usaha ritel) butuh diberikan bantuan untuk bisa tetap berdagang dengan menjaga sektor hilirnya," tegasnya.

KFC yang Berdarah-Darah

Memburuknya kondisi ritel juga diikuti oleh usaha sejenis tenant restoran. Setelah tahun lalu menutup ratusan gerainya, persoalan internal soal hubungan industrial dengan pekerjanya menjadi masalah belum berkesudahan.

Pada Senin (12/4), kalangan buruh yang tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI) SBT PT Fast Food Indonesia Tbk menggelar aksi demonstrasi di depan gerai KFC Gelael, MT Haryono, Jakarta, yang juga sebagai lokasi kantor pusat.
Para pekerja mendesak PT Fast Food Indonesia Tbk untuk mengeluarkan kebijakan pembayaran upah sebagaimana mestinya dan mengembalikan upah yang selama ini ditahan oleh perusahaan.
"Upah dipotong dan dihutang 30% yang otomatis upah di bawah UMK (upah minimum kota)," kata Koordinator SPBI Anthony Matondang kepada CNBC Indonesia, Rabu (14/4/21).

pada April 2020 lalu perusahaan mengeluarkan kebijakan pemotongan dan penahanan upah. Bahkan, Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibayarkan tidak sesuai dengan ketentuan Perjanjian Kerja Bersama (PKB).
"Akibat dari kebijakan ini, sebagian pekerja KFC mendapatkan upah jauh di bawah upah minimum kota atau kabupaten yang berlaku tahun 2020," jelasnya.
Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk Justinus Dalimin Juwono akhirnya buka suara. Ia menegaskan ihwal persoalan kebijakan perusahaan yang terkait para pekerja sudah disampaikan, dirundingkan, dan ada kesepakatan dengan serikat pekerja lain, yakni SPFFI. Ia menegaskan segala persoalan sudah selesai dibahas dengan serikat pekerja.
"Jadi sudah ada pembicaraan klarifikasi sama serikat pekerja kita sudah beres dengan serikat pekerja kita. Sudah tuntas," katanya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-toko-per-hari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luweh dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
KFC Berdarah-Darah, Toko Ritel Bertumbangan 1 Toko Per Hari!
14-04-2021 23:14
Gue bingung masih ada aja yg demen ke kfc
Nasi ayam saos 50 ribu? Overprice 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
77665.123456 dan 12 lainnya memberi reputasi
9 4
5
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
15-04-2021 18:44
@khususfilm tapi tetep kentang goreng curly nya AW seng ada lawan, hahaha..
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2021 19:17
@friendzone.dude @khususfilm emang kentang goreng curly aw enak ya? Seumur2 belum pernah nyoba AW, entah ya agak males aja gitu masuk kesana. Padahalkan harga jg 11 12 sm kayak BK McD kali ya, Nah klo BK, McD, KFC, sdh sering sekali...
1
profile picture
kaskus addict
15-04-2021 19:24
@khususfilm @terjengkang dibanding KFC McD sih enakan AW, bahkan sama french fries berbumbunya KFC masih enakan AW.
2
profile picture
kaskus geek
15-04-2021 19:48
@friendzone.dude @khususfilm ooh baiklah. I should try klo gitu sesekali. Besok deh kesana nyobain kentang goreng, sm ayamnya
0
profile picture
kaskuser
15-04-2021 21:46
Burger juga enakkan aw sebenarnya, cuma harganya burger standar aw setara bigmac, ah tapi udah ninggalin burger mainstream
0
profile picture
kaskus geek
15-04-2021 21:48
@vhitriani big mac jg kurang memuaskan menurut ane, klo burger sih ane ttp lbh milih burger king ukuran paling gede emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
15-04-2021 23:13
Nah sama gan, mending doner kebab kemana mana njir
0
profile picture
15-04-2021 23:13
@vhitriani @terjengkang ane kl burger no 1 carls jr. Ga ada obeng parah enaknya. Bk ama mcd putus buat ane mah
0
profile picture
kaskuser
15-04-2021 23:25
@cekakak.cekikik @terjengkang kalau ane udah suka sama lawless , harga sesuai sama rasanya gan. Udah ga tertarik burger mainstream, paling selain itu suka sama burger +
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 06:52
Yg terbaru, kampanye beresin mejanya sendri sehabis makan, apa pula ini ? emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 08:18
@satop seharusnya emang gitu sih gan. Harusnya tanpa perlu dikasih campaign orang juga bersin mejanya sendiri.
0
profile picture
aktivis kaskus
19-04-2021 09:24
@satop Ngikuti ala luar negeri, breh. Kalo makan di resto nanggung atau murah, kita taruh nampan sendiri di tempat yang sudah disediakan emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 10:47
@friendzone.dude ane liatnya spt ini gan. Kalo campaigne ini berhasil dalam 2tahun kedepan selanjutnya jumlah karyawan di tiap gerai akan dievaluasi, jumlahnya dikurangin krn beban kerjanya berkurang.
Kita makan bayar lebih mahal beres2 sendiri sementara kontribusi penyerapan karyawanya jg berkurang. Untung lebih gede emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
19-04-2021 11:04
@satop gak juga sih. Selama ini ane makan di tempat kayak gitu dan ada meja yang sisa makanannya belum diberesin, pekerja yang nyamperin dan beresin itu gak ada. Entah mereka sibuk bersihin lantai, entah toilet, entah kaca. Mau sebersih apapun kita beresin meja sendiri, suatu saat tuh meja akan tetep ada yang ngelapin, gak mungkin gak dilapin.

Kenapa warung makanan biasa gak perlu ngeberesin piring sendiri, ya karena service yang mereka berikan juga beda. Mereka baru ngepel juga paling kalo ada yang tumpah, atau pas tempat makan baru buka atau mau tutup. Gak sesering tempat2 tadi.
0
profile picture
kaskuser
23-04-2021 10:54
@pumpupkids miskin banget jadi orang (jane jessica)
0
profile picture
kaskuser
23-04-2021 11:03
Udah klonengan, kebanyakan klonengan lagi.. males 😜
0
Memuat data ...
41 - 56 dari 56 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia