News
Batal
KATEGORI
link has been copied
319
Lapor Hansip
12-04-2021 16:13

Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar

Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar


Suara.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memastikan akan tetap berkomitmen memberlakukan pelarangan beroperasinya ritel Indomaret dan Alfamart sebagai upaya melindungi UKM dan pengusaha lokal.

"Kami tetap konsisten dengan kebijakan itu karena ini merupakan sesuatu yang positif untuk Sumbar," kata Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy di Padang, Senin, usai menghadiri peresmian ritel Nagari Mart Sungai Pisang, Kasang.

Menurut dia, kebijakan ini mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan di luar Sumatera Barat dan ia berharap pengusaha lokal yang bergerak di bidang ritel mengambil peluang ini.

"Sebenarnya kalau mau buat usaha ritel di Sumbar peluangnya besar karena Indomaret dan Alfamart tidak ada," ujarnya.

Ia memastikan lewat kebijakan ini bukan berarti Sumbar menutup diri dari investasi luar namun memberikan peluang bagi pelaku usaha ritel lokal berkembang.

Audy menilai kunci keberhasilan usaha ritel adalah dikelola dengan baik mulai dari operasional, sumber daya manusia, dan lainnya.

"Semua harus punya standar operasional prosedur yang baik dan terstandar," katanya lagi.

Ia melihat jika pengelolaan usaha ritel tidak baik maka akan sulit berkembang dan bertahan.

Apalagi sekarang era digital semua bisa dikelola lewat teknologi informasi mulai dari stok barang hingga laporan keuangan, katanya.

Termasuk, kata dia, soal pelayanan harus bisa memberikan yang terbaik kepada konsumen, dalam usaha ritel semua orang bisa membuka usaha sehingga tidak ada monopoli, dan kunci memenangi persaingan ada di pelayanan.

Selain itu ia berpesan agar pelaku usaha ritel memberi ruang bagi produk UKM lokal dengan membuatkan pojok khusus UMKM yang bisa terlihat.

Sementara Direktur Utama PT Nagari Minang Sakato, Nasirman Chan selaku pengelola Nagari Mart menyampaikan kehadiran Nagari Mart merupakan upaya memudahkan masyarakat yang ada di nagari memenuhi kebutuhan belanja harian.

"Jadi tidak perlu harus ke kota lagi dalam pengelolaan dan kerja sama menerapkan sistem koperasi," kata dia.

Ia menyampaikan saat ini ada sekitar 1.000 nagari di Sumbar dan jika 10 persen saja siap bekerja sama mendirikan Nagari Mart itu sudah luar biasa.

Sejalan dengan itu Ketua Kadin Sumbar Ramal saleh menyampaikan saat ini terdapat 600 ribu pelaku UKM di Sumbar dan jika didukung dengan baik maka Sumbar sudah punya 10 persen wirausaha dibandingkan total penduduk. (Antara)



https://www.suara.com/news/2021/04/1...umbar?page=all

profile-picture
profile-picture
profile-picture
asamboigan dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Larang Indomaret-Alfamart Beredar, Wagub Audi: Hal Positif buat Sumbar
12-04-2021 16:29
Curiganya sih ada jajaran pejabat yg punya saham di nagari mart tuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baongmania dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 16:31
ga ada urusan dgn pejabat
murni buat dukung ekonomi warga
masy boleh pake nama sendiri
ahyau Mart silahkan deh buka
franchise kan kalo mau
-7
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 16:33
@music9000
Lah, gimana buka franchise disana? Itu alpa indomrt aja dilarang..
2
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 16:34
@Ahyau @music9000 maksudnya mungkin kalo orang asli sumbar mau buka "model" indomart tapi make merk sendiri bisa
2
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 16:53
@music9000 @Adit.m.n
Yah mungkin begitu.

Emang bagus dilarang begini sih.. franchise minimarket ini ngancurin usaha umkm..
1
profile picture
kaskus holic
12-04-2021 17:07
Bener, SUMBAR dukung ekonomi lokal bro emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 20:04
intinya mah mirip2 di jogja ya, gw dulu di jogja aja kaya susah bet nyari indo/alfa mart.
1
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 20:42
@Ahyau sama aja gan...franchise alfaindo nggk boleh tapi orang2 kaya sumbar punya aneka minimarket yang besar.

umkn toko kelontong tetap aja bersaing dgn minimarket kakap.
1
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:09
@jd101 ente dah pernah ke sumbar gan? Kayanya tau bnget retail2 kakap menguasai di banding ukm lain yg kecil, ang mangecek sapanjang tali baruak ndak ado isi nyo
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:12
@politon21 lu belajar baca dulu, ada gw nulis menguasai?...... jan gadang ota se
1
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:17
@jd101 bahaso ang secara ndak langsuang mode tu pantek, ang teliti elok2, caliak bana apo baso ang di ateh anjiang..
1
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:18
@politon21 oi njiang ado den nulis menguasai....pakak diam se la ang
1
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:19
@jd101 , makasuit tulisan ang apo kalera? Bantuak ngarati bana ang pantek, pakak? Mato ang nan lah katarak, luruih se bantuak kandiak
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:22
@politon21 selamat.... lu nunjukin kapasitas lu yang goblok.

ahyau nyebut franchise baiknya dilarang krn menghancurkan usaha umkn

gw biang sama aja krn di sumbar franchise minimarket juga ada dan tetap aja umkn mesti bersaing dgn mereka.

lu ngerti sekarang blok.....soal kuasa menguasai itu opini tolol lu pantek
3
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:24
@jd101 den ndak ado urusan jo sia2, ang se nan katarak, mato ang pambarek kaniang se, utak ang nan ndak sampai ka sinan
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:27
@politon21 lu screenshot aja komen gw kalo pernah ngomong menguasai....simple kan?

oi ang baraja baco dulu dari sdemoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:27
Ahyau @jd101 jelas doi melarang, udah jelas ada atau nggak nya franchise di sumbar ukm tetep saingan dengan ukm lain, Utak ang samo jo pantek
0
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:29
@jd101 balabiah bana ang minum tuak, isi utak ang lah samo jo utak anjiang, ato ndak ado isi nyo?
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:29
@politon21 maksud ang toko kelontong lawan minimarket gadang bantuak budiman, aciak?

iyo itu masalahnyo pakak ang ma.....ado indak alfaindo tetap aja toko kelontong bakal berhadapan dgn pemain gadang
2
profile picture
kaskuser
12-04-2021 21:31
@jd101 budiman kok sanjai kok hoki lah, budiman kan urg awak jo nyo, ang samo jo pakak nyo
0
profile picture
kaskus addict
12-04-2021 21:36
@politon21 yang diuntungkan pelarangan alfaindo ya pengusaha sekelas budiman tsb......masak bodoh gw ama pemilik kakap di sumbar

pemiik gerai alfaindo (kalau dibolehkan) juga orang minang namanya aja franchise....ang pakai utak stek

dan umkn toko kelontong tetap aja jadi toko kelontong
2
Memuat data ...
1 - 20 dari 35 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia