News
Batal
KATEGORI
link has been copied
181
Lapor Hansip
10-04-2021 10:11

Singapura Marah Disebut KPK Surga Koruptor!

Singapura Marah Disebut KPK Surga Koruptor!

Jakarta - Pemerintah Singapura marah disebut sebagai surga koruptor oleh Deputi Penindakan KPK Karyoto. Menurut Singapura, pernyataan itu tak memiliki dasar apa pun.

"Tidak ada dasar untuk tuduhan tersebut. Singapura telah memberikan bantuan kepada Indonesia dalam beberapa investigasi sebelumnya dan yang sedang berlangsung," demikian tanggapan pemerintah Singapura yang diunggah dalam situs resmi Kemlu Singapura, Sabtu (10/4/2021).

Kemlu Singapura mengungkit bantuan CPIB terhadap KPK. Salah satunya terkait bantuan untuk memanggil bagi orang-orang yang hendak diperiksa KPK.

"Singapura juga telah membantu pihak berwenang Indonesia dengan memberikan konfirmasi tentang keberadaan warga negara Indonesia tertentu yang sedang diselidiki. Singapura memfasilitasi kunjungan KPK ke Singapura pada Mei 2018 untuk mewawancarai orang yang berkepentingan dengan penyelidikan mereka. Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mencatat koordinasi KPK dengan CPIB melalui keterangan publik pada 30 Desember 2020," ucap Kemlu Singapura.

Singapura juga mengungkit perjanjian ekstradisi dan perjanjian kerja sama pertahanan sebagai satu paket pada April 2007. Penandatanganan itu disaksikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Lee Hsien Loong. Namun kedua perjanjian tersebut masih menunggu ratifikasi oleh DPR.

"Namun, Singapura telah memberikan dan akan terus memberikan bantuan yang diperlukan kepada Indonesia jika Singapura menerima permintaan dengan informasi yang diperlukan melalui saluran resmi yang sesuai. Singapura dan Indonesia adalah pihak dalam treaty on mutual legal assistance (MLA) dalam masalah pidana di antara negara-negara anggota ASEAN yang sepikiran, di mana kerja sama telah dilakukan sejalan dengan hukum domestik Singapura dan kewajiban internasional," ujar Kemlu Singapura.

Pihak Singapura mengklaim telah berulang kali memberi bantuan kepada Indonesia atas permintaan MLA-nya. Kemlu Singapura menegaskan komitmen kuat pada supremasi hukum.

"Singapura berkomitmen kuat pada supremasi hukum dan pemerintahan yang baik. Kami akan bekerja sama dalam penegakan hukum dengan Indonesia sesuai dengan hukum domestik dan kewajiban internasional kami. Tidaklah membantu untuk mengalihkan perhatian atau menyalahkan yurisdiksi asing," demikian ujar Kemlu Singapura.

Sebelumnya, KPK angkat bicara mengenai pengusutan perkara dugaan korupsi yang berkaitan dengan posisi tersangka di luar negeri, salah satunya Singapura. KPK menyebut Negeri Singa sebagai surga bagi para koruptor.

Awalnya Deputi Penindakan KPK ditanya mengenai perkara dugaan korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Paulus Tannos. Dia diketahui bermukim di Singapura.

"Begini, kalau yang namanya pencarian dan kemudian dia berada di luar negeri, apalagi di Singapura, secara hubungan antarnegara memang di Singapura nih kalau orang yang sudah dapat permanent residence dan lain-lain agak repot, sekalipun dia sudah ditetapkan tersangka," ucap Karyoto di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (6/4).

"Dan kita tahu bahwa satu-satunya negara yang tidak menandatangani ekstradisi yang berkaitan dengan korupsi adalah Singapura. Itu surganya koruptor, yang paling dekat adalah Singapura," imbuh Karyoto.

https://news.detik.com/berita/d-5527...004.1609585657

Alasan dulu kenapa perjanjian ekstradisi antara indonesia - singapore tidak d setujui DPR karena satu paket ma DCA..

Dalam perjanjian itu tertulis apabila kedua negara telah setuju dan telah diratifikasi oleh lembaga legislative, kedua negara boleh menggunakan fasilitas dan wilayah bersama untuk latihan militer. Hal ini dikira sangat merugikan Indonesia, dan Singapura mendapat keuntungan karena mereka bisa mengurangi biaya yang biasa mereka gunakan untuk latihan militer di Perancis dan berbagai negara lain. 

Halo pak SBY??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh sindo.news
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 36 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Singapura Marah Disebut KPK Surga Koruptor!
10-04-2021 13:12
Emang negara rakus itu singapore. Kecil tapi rakus. Malak di atas kesusahan tetangga nya.
Ibarat rumah Lo kebakaran. Lo mau minta air sama tetangga Lo buat madamin api, dia bilang, dia juga mau air dari rumah Lo. Selain itu, dia mau tidurin anak Lu juga yang cewe belum puber.

Mereka gak mau perjanjian ekstradisi semata, mau dapat bonus DCA juga dari Indo. Mau di lindungin Indonesia kalau dia di serang, mau pakai riau dan sumur buat latihan militer. Itu kalo Kita pinjemin, who knows sama mereka di sewakan lagi ke Amerika atau Cina. Sama Amerika di pake buat cari celah di mana bisa supply senjata buat orang Sumatera/Aceh, biar sewaktu2 Aceh bisa kudeta/lepas dari Indo.

Sedangkan negara lain lebih fair, macem KorSel yang cuma minta ekstradisi balik, that's all.

Singapore emang terkenal doyan maen 2 kaki, deket sama Cina, deket juga sama Amerika. Mirip2 Demokrat lah. Sebrengsek2 nya PKS, Gw lebih respect sama PKS di banding Demokrat yang gak bisa di percaya.

Paling gak demen sama orang singapore dan philippines. Singapore karena rakus nya, philippines karena tolol2.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baonxs dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
profile picture
kaskus maniac
10-04-2021 17:54


Oh ternyata pks lbh brengsek dr pdip ya? emoticon-Embarrassment
-1
profile picture
aktivis kaskus
11-04-2021 00:03
Mntap gan opininya...horas bahhh
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia