Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
6
Lapor Hansip
08-04-2021 18:01

Baru Tau, Tanam Pohon di Lingkungan Candi Tak Boleh Ngasal

Kaskus.co.id, Jakarta -  Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)” gelara sebuah acara dalam rangka meluncurkan kegiatan Candi Darling From Home. Bagi Kaskuser yang belum tahu, kegiatan ini merupakan adaptasi dari program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini digerakkan secara daring dalam upaya menghijaukan 3 candi (Barong, Banyunibo dan Sambisari).

Baru Tau, Tanam Pohon di Lingkungan Candi Tak Boleh Ngasal


Prosesi peluncuran kegiatan digelar pada Rabu (7/4) secara virtual dengan hadirkan beberapa pembicara, salah satunya adalah Abdurrachman Aldila selaku Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation. Dari berbagai informasi yang beliau beberkan dalam kesempatan tersebut, setidaknya ane sendiri mendapatkan asupan pengetahuan,. Mulai dari soal nama-nama tanaman, proses riset, hingga terlaksana dapat menanam tanaman di sekitar Candi. 

Sebagaimana kita ketahui nih gan, Candi adalah peninggalan peradaban masa lampau yang begitu berharga. Oleh karena itu, keberadaannya pun wajib dijaga oleh banyak pihak. Mulai dari pihak pengelola, pengunjung atau wisatawan, sampai dengan masyarakat luas. Salah satu bukti nyata pelestarian cagar budaya adalah dihijaukannya Candi Prambanan, Candi Ijo, situs Ratu Boko, dan Candi Gedong Songo melalui Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling).

Baru Tau, Tanam Pohon di Lingkungan Candi Tak Boleh Ngasal

Pada peluncuran Candi Darling From Home, Abdurrachman Aldila atau yang lebih akrab disapa dengan Aldi, ini mengungkap akan proses sebelum menentukan 3 candi yang akan menjadi tujuan penghijauan. Mulai dari proses riset,  hingga kolaborasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun ada salah satu paparan dari beliau yang sangat menarik, yakni tentang menanam pohon di lingkungan candi. 

Menurutnya, dalam proses penghijuan di sekitar lingkungan Candi memang tak bisa sembarangan dalam menanam pohon. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,  yaitu jenis tanaman harus sesuai dengan karakteristik tanah dan lingkungan sekitar. Lalu ia pun menambahkan, bahwa menanam pohon di lingkungan Candi juga harus menyesuaikan dengan sejarah dan budaya dari Candi tersebut.

Kemudian beliau pun menambahakan bahwa dalam Candi Dariling From Home ini nantinya akan menanam tanaman hias guna menambah nilai estetika di wilayah Candi.


Diubah oleh syarif.abdullah
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Baru Tau, Tanam Pohon di Lingkungan Candi Tak Boleh Ngasal
08-04-2021 18:50
Quote:Original Posted By syarif.abdullah
Kaskuser,
Mana nih yang udah pernah iku partisipasi program penghijauan? Komengtar dan opininya Dong...


Pernah, waktu event Kaskus Cendolin Indonesia. Kan ijo tuh
Diubah oleh saya.kira
0 0
0
profile picture
Kaskus Officer
08-04-2021 19:38


leh uga emoticon-Shakehand2
0
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia