Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
8928
Lapor Hansip
11-02-2018 18:37

Shingeki no Kyojin Thread

karya terbaru Shingeki no Kyojin/ Advancing Giants ( rilis 2009) dari mangaka anyar, Hajime Isayama emoticon-Big Grin

cover vol 1

cover vol 2

Summary


chapter terbaru bahasa Inggris bisa dibaca online di :
http://mangastream.com/manga/attack_on_titan
Imbauan


sedang dalam tahap update
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sepenpoldism dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Shingeki no Kyojin Thread - Part 1
08-04-2021 10:25

Shingeki no Kyojin dan Fandom yang Ane Gk Ngerti

Entah kenapa kadang ane ngerasa kalo apa yang ane baca itu beda sama yang agan2 baca. Semenjak liberio, kesimpulannya miss terus. Dan entah kenapa yang bisa nikmatin ni manga cuman orang2 yang bener2 ngebaca ceritanya. Macem Johan atau Edod kalo yang suka main di readsnk.

Ending Rushed
Coba kita address yang paling banyak di sebut orang2 sini. Kalo rushed gk bakal ada namanya bang haji bisa prediksi udah "sisa 2-3%" waktu di wawancara dulu. Ditambah lagi semua yang ada di beberapa chapter terakhir ini udah di foreshadow jauh2 hari. Walaupun memang rushed, yang bakal berubah kalo bakal dibikin extended edition atau snyder cut cuman detil2nya aja, plot poinnya pasti masih sama ngeliat cocok sama foreshadow yang ane sebutin sebelumnya. Bahkan panel "you are free" juga ada.

Bang Haji Ngerubah Ending gara2 Bujukan Editor, Penerbit, dll
Ini udah bahasan lama, dan semua pada pake contoh yang sama. "Editor dulu pernah minta bang haji buat jangan ngebunuh sasha". Iya tapi akhirnya dibunuh juga, bukti jelas kalo pada akhirnya bang haji punya kuasa atas karyanya. Lagian balik lagi ke poin diatas. Chapter ini cocok sama foreshadow, jadi apa yang mau di komplen?

Akhir Kata
Ending snk memang gk se mewah seperti yang agan2 harapin tapi disaat yang sama juga bukan ending seburuk yang agan2 sebutin.

Hanya sebuah ending bittersweet seperti yang bang haji janjikan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Valdynoer dan 9 lainnya memberi reputasi
6 4
2
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 10:42
Yang ngamuk banyakan yang kecewa AoT malah pake pakem shounen kebanyakan.

Fans udah berekspektasi endingnya bakal beda.

Gaada masalah sebenernya kubu siapa yang bakal dpt happy ending. Cuman buildup endingnya ngeselin.

Rules AoT udah kompleks, eh endingnya akhirnya pake pakem shounen kebanyakan (nakama, bacot no jutsu).

Wajar banyak yg kecewa belum lg shipper yang kapalnya kandas + haters Gabi yg pasti ngamuk juga.
5
profile picture
kaskuser
08-04-2021 10:48
@espressio gk ada masalah sama ending shonen selama masuk akal

"Fans udah berekspektasi endingnya bakal beda."
coba ekspetasinya jangan lewat perasaan tapi dari apa yang udah dibangun. Orang2 bisa aja ekspetasi "ada cyborg yang menyelamatkan semua" tapi apa itu masuk akal di manga kayak gini?

gk ada ane liat bacot no jutsu atau nakama

sejak awal ini bukan manga romance jadi kenapa berharap ship yang berlayar?
3
profile picture
kaskuser
08-04-2021 10:51
@pejuang17 mau sampe kapan sembunyi dibalik bata gan?
1
profile picture
kaskuser
08-04-2021 11:00
@espressio @remniscate klu disebut manga romance iya jg gan, tp romancenya berujung tragis, teman ane jg suka sama endingnya eth mengapa, jd kesimpulannya pendapat orang itu berbeda-beda bukan krn mereka kurang nikmati ini manga.

Klu fans yg berekspektasi tinggi itu krn hajime sering ngasih plottwist diceritanya, di interviewnya hajime jg pernah ngomong ngak mau ngecewain fansnya, aot bkl dikenang sepanjang masa, bla bla bla......ya termasuk efek overhype sih.
1
profile picture
kaskuser
08-04-2021 11:13
@espressio @Indomieno1
Genre menentukan fokus cerita. Karena snk gk berfokus ke romance gk bisa dibilang kalo ini manga romance. Gk mungkin kan agan nawarin manga ini keorang, trus pas di tanya genrenya apa, agan bilang manga romance?

Kalo ane peratiin dari apa yang agan omongin disini poin argumen agan itu lebih ke "hargai semua pendapat". Masalahnya disini yang ane omongin itu bukan pendapat, tapi fakta. Sama kayak waktu kita debat masalah tujuan willy. Itu bukan pendapat ane, itu fakta lapangannya.

Yang bikin ane gk suka itu karena orang2 gk bisa narik kesimpulan dari statement yang simpel trus berangsur2 jadi gini, yang disalahin orang lain, padahal salah narik kesimpulan sendiri.

Sama kayak ending ini, ane gk masalah sama orang yang gk suka Tapi masalahnya kalo dia emang gk suka sama endingnya, harusnya gk pernah suka sama snk dari awal. Soalnya apa yang disajiin bang haji gk berubah dari awal dia bikin snk.

Soal plottwist, itu gk liat plottwist bahwa orang yang ditunggu2 ymir selama 2000 tahun bukan eren, tapi mikasa?

Soal ekspetasi, ane setuju soal overhype. Tapi tetep aja gk bisa dipake alasan.
2
profile picture
kaskuser
08-04-2021 11:28
@espressio @remniscate So klu ane ngak suka sama endingnya apa ane kurang nikmati cerita ini manga gan, padahal banyak alasan orang itu suka apa kagak yg berujung nyalahin orang lain klu tidak suka, alasan ane ngak suka sama endingnya krn pengen beda dr yg lain aja (sesuatu yg baru).

Padahal bang haji pernah ngubah ending aot yg ditetapkan pertama kali saat animenya S1 itu lg booming. genre aot itu action tp masukin unsur romance di dlm ceritanya yg berujung tragedi (ymir fritz)
1
profile picture
kaskuser
08-04-2021 11:35
@espressio @Indomieno1
Balik ke poin ane diatas "ada cyborg yang menyelamatkan semua". Kenapa berharap sesuatu yang baru, padahal patternnya sama build upnya gk ngarah kesana?

Ngubah ending tapi tetep dikuasanya dia, poinnya tetep disana.

Balik lagi unsur =/= fokus cerita. tetep gk bisa dibilang romance. Cerita kayak gyo atau uzumaki (karangan junji ito) juga ada unsur komedinya, tapi apa orang baca manga itu berharap sama komedinya?
2
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 11:47
@remniscate Dari apa yang sudah dibangun ini dari segi apa? Build cerita?
Namanya ekspektasi bisa datang dari mana aja lah.

Dari fans sendiri, bang haji, bahkan dari anime beserta staffnya.

Contohnya interview Bang Haji soal ending bakal dark lah ato bittersweet itu aja udah ningkatin ekspektasi. Kemaren VA-nya Eren yg beritanya nangis pas liat script akhir aja itu udah ningkatin ekspektasi.

Ekspektasi dari fans sendiri udah tinggi, ditambah Bang Haji sendiri udah janjiin sesuatu + ada berita tentang VA Eren nangis. Jadi ya wajarlah banyak yg ngamuk.
3
profile picture
kaskuser
08-04-2021 12:24
@espressio Iya build cerita.
Iya ekspetasi bisa dateng dari mana aja, cuman kalo udah gk sesuai ekspetasi yang datangnya dari tempat yang jelas, gimana ceritanya bisa fair kalo ngejudge endingnya jelek?

Kalo dari fans, kalo fansnya sesat kok yang disalahin manganya?

Trus interview bang haji, bittersweet itu gk dark. Udah banyak yang kemakan misinformasi ini. Bittersweet itu jauh dari istilah dark. Gk happy, gk bad, itu bittersweet

Trus soal VA nya eren, gk ada salahnya dia omong gitu. Emang kebukti karakter eren saat ini menjadi salah satu karakter paling tragis di snk, apanya yang bikin orang nge cap endingnya jelek dari statemenya VAnya eren?

Ekspetasi yang agan bilang itu subjektif, soalnya basisnya dari fans, interview yang misinformasi, sama main bikin asumsi sendiri dari va eren. gk bisa diukur dengan istilah tinggi atau rendah
2
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 13:22
berarti misi nya bang Haji berhasil karena bisa bikin fans pada ngamuk dengan ending kayak gini emoticon-Ngakak

padahal menurut ane ending nya oke2 aja, malah realistis, lebih kayak cerita film daripada cerita komik
0
profile picture
kaskuser
08-04-2021 13:28
@remniscate
Jadi ane baca ch 139 berulang kali, & ngacuhin pendapat orang lain.

not bad-lah, seperti yg agan sebutin klu ane kurang nikmati ceritanya, ngak ada plothole & klupun ada itupun bisa dijelaskan, partnya jg tersambung 1 sama lain kyk puzzle, ekspektasi ane terlalu tinggi aja, hajime benar klu dia mau menghianati seseorang, & aot bukan manga romance, pandangan ane terhadap mc & karakter lain berubah 180 derajat, jarang2 ada manga yg buat ane emosi dr awal sampai akhir cerita. mungkin pendapat ane akan berbeda klu ni manga lebih dulu terbit sebelum anime code geass, naruto, evangelion, dll

9/10 emoticon-Cendol Gan
4
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 14:20
@remniscate Weh gaada hubungannya subjektif atau objektif disini.

Poin gw bukan nyalahin Fans atau Bang haji. Gw ngejelasin kenapa fans bisa ngamuk.

Series dengan hype tinggi macam AoT jelas ekspektasinya tinggi.

Oke gw ngerti fans juga salah karena overhype dan terlalu berasumsi. Tapi Bang Haji juga menanggung beban ekspektasi fans disini. Dan dengan banyaknya amukan, udah jelas bahwa Bang Haji ga memenuhin ekspektasi fans.
1
profile picture
kaskuser
08-04-2021 14:24
@espressio Jelas ada hubungannya, kita kan ngebahas fans ngamuk masalah ending, fair atau gk. Kalo hypenya karena subjektif masa fair nyalahin yang lain?

Sejak kapan banyak amukan bisa ngejustifikasi hype subjektif? Gk belajar dari masalah kemarin soal catur gan? Itu banyak loh yang ngehype, taunya salah sendiri.
1
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 14:30
@remniscate Sekali lagi gw ga bahas salah2an disini. Kalo ngomong salah2an gw udah jelasin 2-2nya punya andil dari fans sama Bang Haji sendiri.

Kan poin gw cuman jelasin kenapa fans ngamuk. Kalo ente pengen lampiasin emosi karena menurut ente fans salah silahkan.
Tapi bukan itu yg gw bahas disini emoticon-DP
2
profile picture
kaskuser
08-04-2021 14:37
@espressio Dan ane ngejelasin disini kalo itu tetep gk fair (merujuk ke post pertama ane). kan bahasan awal kita dari sana.
0
profile picture
kaskus addict
08-04-2021 15:01
@remniscate Ya sah2 aja menurut ente ga fair.

Toh dari kalimat pertama ente bingung kan ama fandom AoT yang ngamuk2? Itu gw jelasin kenapa.
1
profile picture
kaskus geek
08-04-2021 15:30
Katanya masterpis katanya hajime GOAT yaelah ceritanya menejelang ending malah ga jelas mau kmn arahnya. Mau damai? Malah neo nazi tau gtu ngapain adek kakak jd tumbal dunia? emoticon-Ngakak fans ni manga pada banggain bakal kiamat endingnya bakal meledak. Yaelah naruto yg ampas aja lebih baik finishingnya dan masalahnya selesai emoticon-Ngakak AOT? Malah numbuhin bibit2 permusuhan emoticon-Ngakak
1
profile picture
kaskuser
08-04-2021 17:23
@espressio itu pernyataan retorik kalo agan gk tau
0
profile picture
kaskuser
08-04-2021 17:28
@PneumonoCyclone "Ending snk memang gk se mewah seperti yang agan2 harapin tapi disaat yang sama juga bukan ending seburuk yang agan2 sebutin.

Hanya sebuah ending bittersweet seperti yang bang haji janjikan."

"Mau damai? Malah neo nazi tau gtu ngapain adek kakak jd tumbal dunia?"
Kan narik kesimpulan sendiri, nge stretch jau banget
0
profile picture
newbie
08-04-2021 17:45
Hmm.. memang beda perspektif kyknya dirimu gan, build up yg dibangun bang haji menggambarkan keadaan yang mencekam dan hampir semua manusia saling egois untuk bertahan hidup.. gk ada nakama dan bacot justu? Dari armin ngerayu pasukan marley buat percaya kalo mereka bukan musuh lagi aja udah sangat naif.. bagaimana mungkin orang" yg barusan ngebunuh beberapa comrade mereka dan sekejap bisa mandang para eldian itu innocent, pasti akan ada dendam (walau itu salah alamat)
2
Memuat data ...
1 - 20 dari 43 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia