Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
262
Lapor Hansip
05-04-2021 16:17

Is Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Topik kali ini cukup sensitif tapi menarik banget untuk dibahas. Ok, berapa banyak dari orang Indonesia yang masih skeptis dengan “keperawanan seorang wanita”? Ini bukan menjadi hal yang jarang ditemui lagi melainkan banyak banget masyarakat yang masih memandang wanita hanya dari “Dia perawan gak sih?” “Masa iya dia masih perawan?” “Masa iya dia udah nggak? Kelihatannya kalem gitu” dan banyak lagi persepsi dan perkataan lainnya yang dikatakan netizen mengomentari hidup seseorang.


Apa itu Virginity sendiri? Virginity atau yang biasa dikatakan sebagai keperawanan adalah wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Indonesia sendiri adalah negara yang masih menjunjung tinggi akan keperawanan seseorang. Tidak banyak wanita yang mau menceritakan atau mendapatkan bantuan jika mereka memiliki masalah dengan keperawanan atau menjadi korban pemerkosaan.


Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo by  mentatdgt  from Pexels



Kehilangan keperawanan tidak semerta-merta karena berhubungan seksual, melainkan memiliki beberapa faktor lainnya seperti kecelakaan dan hal yang tidak disengaja. Banyak kaum lelaki yang masih tidak membuka mata mereka bahwa nilai wanita tidak hanya dari keperawanan mereka, tetapi juga banyak faktor dari wanita yang masih menjadi kekuatan yang mereka miliki. Hati yang penuh kasih sayang dan lemah lembut sudah menjadi dasar yang dimiliki kaum hawa.


Pergaulan di Indonesia selama 1 dekade terakhir, seharusnya bisa menghilangkan mindset dan sikap menilai wanita hanya berdasarkan keperawanan yang mereka miliki. Mudahnya zaman sekarang pergi ke club malam, melakukan prostitusi dan berbagai hal lainnya yang mengarah kepada topik tersebut, tidak hanya dilakukan oleh satu orang melainkan berpasangan. Tetapi, sangat jarang lelaki yang mendapatkan persepsi negatif dengan alasan bahwa tidak akan terlihat mana lelaki yang perjaka dan mana yang tidak.


Banyak kasus yang menyeret perempuan sehingga ia kehilangan keperawanan mereka di Indonesia, tetapi banyak stigma negatif yang hanya diberikan kepada perempuannya saja. Tentu masalah keperawanan menjadi hal yang sangat sensitif untuk wanita. Setiap wanita pasti ingin menjaganya, tetapi terkadang hidup menunjukkan jalan lainnya. Stigma mengenai virginity di Indonesia harus dihilangkan. Omongan pedas atau berbagai perkataan yang menyudutkan wanita mengenai status virgin mereka tidak seharusnya menjadi hal yang wajar dilakukan. 


Terang-terangan mengakui bahwa diri kita virgin mungkin hal yang wajar dilakukan bagi wanita yang belum melakukannya, tapi apakah hal tersebut tidak menyinggung wanita lainnya? Beberapa masyarakat, tidak mau dengar dan tidak mau tau tentang bagaimana keperawanan seorang wanita diambil. Tidak semua wanita setuju saat itu dilakukan, tapi tidak semua wanita dapat melakukan sesuatu ketika itu terjadi. Tubuh seorang manusia menjadi hak dari individu tersebut untuk mengaturnya atau kemana ia akan berjalan dan apa yang mereka mau lakukan.


Masih banyak ditemui bahwa lelaki berkata “Gue gak mau nikah sama dia karena dia udah gak perawan, masa pake bekasan”. Apakah kata-kata tersebut wajar untuk dikeluarkan? Tentu itu menyakiti hati orang lain, dan membuat tidak adanya rasa percaya diri. Ketika sudah menjalani suatu hubungan dan sayang dengan orang lain, seharusnya kita bisa menerima dan mau tumbuh bersama. Bukan memojokkan pasangan kita dan menilai itu hanya kesalahan yang ia lakukan secara tunggal.


Kesetaraan gender sudah menjadi motto yang banyak dibicarakan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Aspek penting dalam hal tersebut adalah walaupun laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan yang sama, tidak bisa hanya menyalahkan salah satu gender saja. Membuka pikiran terhadap hal-hal baru memang sulit bagi sebagian orang, tapi itu lah yang akan membawa kepada perkembangan. Menghargai orang lain tidak hanya dengan semata-mata dengan memuji mereka tetapi juga menghormati apa yang harusnya diketahui dan tidak.


Pemerkosaan menjadi salah satu aksi di mana banyak wanita kehilangan keperawanan mereka. Hal tersebut juga meninggalkan bekas trauma yang mendalam bagi beberapa korban yang menyebabkan sulitnya menata kembali hidup yang mereka miliki. Trauma ini banyak memimpin ke beberapa kegiatan untuk menjadi pelampiasan dari kesedihan dan beban yang mereka miliki seperti tidak mau makan, melakukan cutting atau bahkan ketakutan untuk mendapatkan pertolongan mental. Faktor untuk seorang wanita yang menjadi korban takut untuk mendapatkan pertolongan adalah adanya mindset masyarakat yang negatif tentang wanita yang kehilangan keperawanan mereka. 



Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo By bbc.com


Korban akan merasakan ketakutan untuk diketahui masalahnya walaupun oleh orang terdekat. Akibatnya ia tidak mendapatkan pertolongan yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk menyemangati diri mereka dan mensupport. Tidak hanya kaum lelaki, masih banyak kaum hawa yang bahkan menjatuhkan wanita lainnya dengan hal ini. Tidak mau berteman, membicarakan di belakang, memberikan informasi valid ini kepada khalayak luas untuk mendapatkan perhatian, merupakan beberapa tingkah yang dilakukan terkait kasus mengenai keperawanan. 


Seharusnya kita sebagai seorang masyarakat, harus tumbuh dewasa dan tumbuh seiring dengan zaman yang terus berlalu. Setiap orang memiliki hak masing-masing yang tidak bisa dicampur tangankan oleh orang lain. Kita juga tidak bisa menilai apa yang mereka lakukan itu salah dan benar karena pada akhirnya tanggung jawab terdapat di tangan mereka sendiri. Menghormati setiap manusia adalah kewajiban tanpa terkecuali dan tidak pandang bulu. Setiap wanita memiliki kehormatannya sendiri dan tidak bisa dihilangkan hanya karena masalah keperawanan.


Stigma negatif tentang Virginity tidak bisa dihilangkan 100% tetapi setidaknya bisa diminimalisir. Jika sista calon mertua, jangan memandang calon menantu hanya dari perawan atau tidak, melainkan juga hatinya dan bagaimana ia berusaha untuk menjadi versi diri terbaiknya untuk anak kalian. Jika sista adalah seorang ibu yang memiliki anak dengan kasus ini, hargai anak kalian dan apapun penyebab hal itu terjadi. Kalian adalah makhluk yang memiliki andil besar dalam hidup mereka. Dukungan akan menjadi hal yang sangat berharga. 



Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

Photo by  Andrea Piacquadio  from Pexels 


Jika sista adalah seseorang yang mengalami kasus direndahkan hanya karena keperawanan, mengalami trauma pemerkosaan atau membutuhkan bantuan tentang permasalahan ini, jangan takut untuk berbicara dan memberikan pendapat. Tidak semua hal akan menjadi baik jika kita tidak berusaha memperbaikinya. Untuk masyarakat Indonesia tidak peduli wanita atau laki-laki, tidak boleh ada perbedaan pandangan jika keduanya melakukan bersama. Memperhatikan apa yang harus ditanyakan kepada kaum hawa dan tidak menilai hanya dari Virginity harus ditanamkan pada budaya masyarakat Indonesia.  




Diubah oleh adindaptrarn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boxculvert dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?
07-04-2021 21:18
Perawan atau perjaka sudah tidak relevan lagi di dunia maju gini.

Yg penting tuh kedua belah pihak gak terjangkit penyakit menular seksual.

Juga, sex education, kurangi agama. Agamamu membuat dirimu perpikiran sempit.

Emak lu juga belom tentu masih perawan pas nikah sama bapak lu.

So, chill.
Diubah oleh LefT4DeaTh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tamadate6 dan 11 lainnya memberi reputasi
6 6
0
Memuat data ...
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 20:04
sdh segini doang yg bela agama?emoticon-Wakaka

Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?Does Virginity Still Important In Indonesian Culture?

mamam tu agama emoticon-Wakaka

msh mau bilang bukan penghalang negara maju?emoticon-Wakaka

liat korsel,jepang,singapore,cina, mereka fokus hampir 100% ngejar dunia..minoritas doang ngejar surga. kebalik ke indoemoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 20:07
@ikiopoiki27 yg senjata makan tuan tu ya elo,msh coba ngelesemoticon-Embarrassment

SDM saudi gimana? sdh cek HDI nya?emoticon-Embarrassment

brp byk peraih nobel saudi?brp byk pengusaha saudi? brp byk paten yg dihasilkan saudi?

entah ente segitu GOBLOKnya atau memang mati2an bela agama sampai pura2 bego hal diatas..

asal loe tau..PNS saudi tu segitu byk nya.. dan tanpa penghasilan negara 90% dr minyak ,apa guna SDM saudi yg sebenarnya biasa2 aja tersebut?😀

0
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 20:12
@ikiopoiki27 dan yg jelas agama menghambat negara..ga senang? protes ? loe jawab tu mengejar surga yg berkali2 gw tulis dan gimana jepang,sg,korsel,cina sukses krn fokus ngejar dunia😀

kasian segitunya ga mau ngakui agama beban negara malah mati2an nodong buktiin hal sebaliknya🤭
0
profile picture
kaskuser
08-04-2021 20:18
@dispenserr yg duluan mojokin agama siapa? Lu dan cs lu goblok. Lu seakan-akan menyalahkan negara ga maju krn agama, padahal apa, pemikiran yg lu junjung tinggi yaitu free sex ga bawa kontribusi tolol, yg ada malah bikin rugi.. coba gue suruh lu baca reply, cari emang ada gue menyatakan agama buat negara maju? Gue ga menyatakan itu tolol, gue nanya emang free sex ada kontribusi apa? Lu beneran op3n mindead ya.. Tolol bgt ini orang, disuruh bc reply aja ga bisa.. dan lu sendiri udah mengakui kan kalo free sex ga ada kontribusi pada negara maju, padahal di awal lu bilang negara maju budaya free sex.. tolol banget, dr banyaknya budaya, yg diikuti cuma free sex, yg baik²nya ga diikuti dr negara maju.. itu mah dasarnya emang lu nya otak selangkangan, tolol..
0
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 21:08
@sayshooray cs gw? siapa? loe debat am org lain ya urusan loe,intinya loe ketabok sm gwemoticon-Wakaka

intinya loe ga berani ngakui bahwa agama yg loe junjung2 itu justru menghambat kemajuan negara yg loe harep2in.mampussss mukamu kena ludah sendiri cm bisa tolol2in orgemoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskuser
08-04-2021 21:14
@dispenserr siapa? Lu ya yg kena ludah sendiri? Coba liat aja sendiri statement lu banyak yg blunder.. emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 21:26
@sayshooray segini doang bisamu?emoticon-Big Grin

pura pura ga liat trus cm bisa bego2in org dan ketawa2,menyedihkan loe sis emoticon-Wakaka

0
profile picture
aktivis kaskus
08-04-2021 22:17
‏‏‎
‏‏‎
0
profile picture
kaskus maniac
08-04-2021 22:58
@dispenserr klo SDM nya ga mendukung itu saudi juga bakal dibego"in. Nasibnya kayak indo, bakal dieksploitasi juga itu minyak sama tangan laen. Seenggaknya mereka tau cara ngelola sumber daya alam mereka sendiri untuk diekspor ke luar. Ente ngerti kagak sih tong duh dongok nya minta ampun dah, buat ngerti hal kecil gini larinya kemana mana.

Ane ga ada masalah tuh dgn ke religian ane, ane cukup punya banyak duit untuk bisa hidup layak dan menghidupi beberapa orang. Ane bisa maju secara duniawi dgn hal tersebut. Gimana argumen ente masih relevan? Kalo relevan artinya gw skg udah miskin tong bahkan ngidupin diri sendiri susah. Ente gimana? Udah bisa membiayai hidup sendiri dan orang lain blm? Jangan" masih bocil anak mami papi lg ni anak emoticon-Ngakak (S)

Ente tuh cuman nebar kebencian doang bray, ane tau tipe org" kyk ente cuman pgn mengumpat sama hal yg gak sejalan sama ente emoticon-Ngakak (S) makanya klo hidup jangan pake kacamata kuda tong... Bergaul ama org yang luas jgn kebanyakan coli/k3ntot di kamar terus, biar ga cupet pikirannya bray...
0
profile picture
kaskuser
09-04-2021 04:45
Apaan freesex emoticon-Takut
0
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 06:43
@ikiopoiki27 bocil ngeles muter2 aja loe,mirip kek @Mie88888emoticon-Leh Uga

0
profile picture
aktivis kaskus
09-04-2021 08:25
coba beberin dimari aja dah KTPnya, pengen tau kolom agamanya dicoret pake spidol permanen ato gimana itu

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 09:06
@hungryfoxx Kalau mau tegakin khilafah, silahkan keluar dari indonesia ke timur tengah. Bebas mau ngebom pake apapun disana emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
09-04-2021 09:08
sapa juga yang mau tegakin khilafah om

ane artinya khilafah aja kaga ngerti kok emoticon-Leh Uga

apalagi ideologinya gimana emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 09:11
@hungryfoxx

Yang mau negakin khilafah kan para onta dan kadrun yang mabok agama, sampe2 suka meleduk di tempat ibadah non muslim emoticon-Ngakak

Ah, paling situ denial emoticon-Ngakak

0
profile picture
aktivis kaskus
09-04-2021 09:17
emang ane eslam? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

0
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 09:50
Ada yang denial, sampe2 nyaru jadi orang lain emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
09-04-2021 09:56
lahh ane nanya dulu, ente ga bisa buktiin asal nuduh emoticon-Leh Uga

ane cuman pengaut adat ketimuran aja kok

ane kaga mau nanti punya anak perempuan terus diperawanin sama laki" madesu ga jelas kek elu

terus bunting, terus ga dinikahin

makanya

virginity is important in Indonesian culture, sama kek judul thread TS emoticon-Recommended Seller
1
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 10:34
Si tolol sok open minded sendirinya masih maki maki pemikiran orang. emoticon-Leh Uga
1
profile picture
kaskus maniac
09-04-2021 11:04
Padahal awalnya udah berani ngusir2 orang lain buat keluar dari Indonesia, begitu dibalikin ... langsung kicep minta buktiin kalau dirinya bukan onta atau kadrun. Sungguh munafik tingkat tinggi, sampe2 denial terhadap identitasnya emoticon-Ngakak
0
Memuat data ...
41 - 60 dari 69 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia