• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Hino R260 AS, Sasis Bersuspensi Udara Murah Terbaru Yang Bisa Pakai Body SHD!

ulungrinjani
TS
ulungrinjani
Hino R260 AS, Sasis Bersuspensi Udara Murah Terbaru Yang Bisa Pakai Body SHD!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia. Kali ini, ane bakal bahas seputar Hino R260 AS, sasis bersuspensi udara dengan harga murah terbaru yang bisa memakai body SHD.


Body SHD. Hmm, sepertinya harus pakai sasis yang premium nih kalau mau pakai body SHD, sementara RK8 sangat disarankan untuk dimodifikasi dengan airsus dahulu untuk dipasangi body SHD. Tetapi, Hino meluncurkan sebuah sasis yang mungkin sangat revolusioner karena menjadi sasis murah yang gak "nanggung", yaitu R260 AS, dengan suspensi udara tipe wide. 

Hino R260 AS adalah pengganti Hino RK8 yang sudah meluncur di Indonesia. Tentu, dengan harga yang lebih mahal namun dengan kenyamanan yang "lebih mahal" pula, karena tersedianya suspensi udara, tetapi dengan harga yang lebih murah ketimbang Hino RN 285. Hino meluncurkan ini sebagai pelengkap di pasar bus segmen ladder frame dengan air suspension karena tingkat kenyamanannya tinggi.

Sasis yang baru diluncurkan kurang dari 24 jam sebelum thread ini dibuat memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Hino RK8. Spesifikasi dari Hino R260 AS adalah:

- Mesin J08E-UF Euro 2/4 Diesel 7.684cc 6 silinder segaris, dengan tenaga 260 PS dan torsi sekitar 750nm, posisi di belakang.
- Dimensi panjang 11,470 meter, lebar 2,440 meter, dan wheelbase 6 meter dengan power steering.
- Suspensi air suspension tipe wide, GVW N/A, mungkin sekitar 16-18 ton.
- Tangki solar 270 liter.
- Transmisi manual 6 percepatan dengan 1 gigi mundur.
- Sasis tipe ladder frame standar.


Sebagai sasis dengan wide air suspension dan tipe ladder frame, tentunya Hino R260 AS bisa dipasangi body SHD. Yup, itu karena suspensinya bertipe wide jadi diluar sasis, sehingga body yang bahkan tingginya sekitar 3,9 meter bisa dipasang tanpa masalah di Hino R260 AS ini.

Standar emisi dari Hino R260 AS setahu ane ada 2 pilihan, Euro 2 atau Euro 4. Tetapi, mengingat Hino R260 AS ini masih bersistem mekanikal, belum ada ECU apalagi commonrail, maka baik di standar emisi Euro 2 atau 4 semuanya bisa menggunakan solar bersubsidi di negara kita tanpa masalah. 


Rasa dari suspensi udaranya ane kurang tau pasti. Yang jelas, pasti lebih nyaman dari leaf spring, dan tentu tak ada bunyi "kriyet-kriyet-kriyet" alias "anti kriyet-kriyet club" emoticon-Ngakak (S)

Hino R260 AS, sebagai sasis yang belum ada 24 jam diluncurkan saat thread ini dibuat, tentu belum ada yang memesannya. Mungkin sudah ada beberapa, tetapi masih sedikit sekali PO yang memesan. Tetapi, R260 AS sangat berpotensi menjadi sasis paling laris di Tanah Air, karena harganya yang murah tetapi bisa memakai body SHD dan memiliki air suspension tipe wide,


Untuk soal teknologi yang disematkan ke sasis ini sih masih standar-standar saja. Tak ada sekedar ECU, commonrail, drive-by-wire system itu tak ada. Masih sama seperti Hino RK8 R260 Gansis. Setir juga masih tak berbeda dengan Hino RK8 R260 juga.

Menyoal seputar perawatan, kalau kita lihat perawatan dari Hino RK8 R260 yang gampang, mestinya R260 AS ini gampang pula. Sebab sistem dari mesin dan lain sebagainya masih mekanik, dan diler Hino sudah menyebar di seluruh Indonesia.


Harga dari Hino R260 AS ini adalah 951.000.000 rupiah. Ane belum tahu apakah itu off the road atau on the road, tetapi 951 juta rupiah itu hanya mesin, stir, speedometer, jok driver, sasis, suspensi dan lain-lain, tentunya belum termasuk body, AC, jok dan lain sebagainya. Seharusnya, jika termasuk dengan AC, jok, dan body SHD, harga dari Hino R260 AS ini akan menyentuh di kisaran 1,8 hingga 2 miliar rupiah.

Yang unik dari R260 AS ini adalah, R260 AS memiliki suspensi yang bisa dinaik-turunkan. Jadi seperti bus-bus premium, seperti bus premium yang sekelas Scania K360IB atau O500R 1836, dan yang lebih tinggi diatasnya. Tentu, hal ini akan memudahkan ketika melewati jalanan rusak dan menaik-turunkan penumpang Gansis.


Semoga saja, kedepan banyak PO yang membeli sasis ini, jadi ane bisa merasakan sensasi R260 AS yang satu ini. Ane penasaran nih, gimana rasanya "mental-mentul" airsus R260 AS emoticon-Big Grin.

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar Hino R260 AS? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yang salah!

Sumber: 123
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Note: Sebagian gambar hanya ilustrasi, menggunakan gambar bus bersasis Hino RK8 R260 karena keterbatasan ilustrasi.
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan ataupun menjatuhkan pihak manapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ulungrinjani 07-04-2021 02:29
EriksaRizkiMbudaykoi7
koi7 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
5.3K
65
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Tampilkan semua post
jlamp
MOD
jlamp
#1
Pengembangan dari R 260.. katanya Airsus ini kolaborasi dengan Adiputro yak.. cmiiw.

Kalo harga segitu, mepet gak sama RN 285 nih.. ?
69banditos
69banditos memberi reputasi
1
Tutup
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.