News
Batal
KATEGORI
link has been copied
435
Lapor Hansip
03-04-2021 16:43

Ustaz Mufy Hanif Serukan Muslim Pegawai Bank Resign: Jangan Takut Lapar

Ustaz Mufy Hanif Serukan Muslim Pegawai Bank Resign: Jangan Takut Lapar

BeritaHits.id - Video ceramah Ustaz Mufy Hanif Thalib berisi seruan kepada muslim pegawai bank untuk berhenti bekerja baru-baru ini disorot.

Pasalnya, Ustaz Mufy Hanif Thalib menyebut bank itu riba sehingga harus ditinggalkan oleh para pegawai beragama Islam.

Ceramah Ustaz Mufy Hanif Thalib tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Twitter @Jumianto_RK.

"Ceramah Ustaz radikal yang hanya bisa berkata halal haram kofar kafir," tulisnya seperti dikutip beritahits.id, Sabtu (3/4/2021).

Namun, akun itu menyoroti mikrofon sebagaimana dipakai oleh Ustaz Mufy Hanif Thalib.

"Dia gak sadar padahal dia ngomong pakai mik buatan kafir," tukasnya menambahkan.

Jangan Kerja di Bank

Dalam video tersebut, terekam momen saat Ustaz Mufy Hanif menyampaikan sebuah ceramah di mimbar.

Potongan ceramah yang disampaikan oleh Ustaz Mufy Hanif itu diduga mengulas tentang pekerjaan sebagai pegawai bank.
Dia pun terdengar menyerukan agar umat muslim yang berprofesi sebagai pegawai bank.

"Yang masih kerja di bank, bank ribawi, keluar!" tukas Ustaz Mufy Hanif Thalib.

Lebih lanjut, Ustaz Mufy Hanif Thalib berpesan kepada para muslim pegawai bank untuk tak takut kelaparan apabila memutuskan keluar dari pekerjaannya.

Pasalnya, kata Mufy Hanif Thalib, apabila muslim pegawa bank taat kepada Allah SWT, maka tak mungkin dibuat kelaparan.

"Kalau kita taat kepada Allah SWT, kita gak mungkin kelaparan jemaah sekalian. Orang kafir sama Allah dikasih makan," tukasnya.

"Terus kita salat di masjid, gak yakin dikasih rezeki sama Allah, ke mana iman kita jemaah," tandas Ustaz Mufy Hanif Thalib.

Respons Publik

"Hidup bukan untuk menderita dan sakit susah, tapi hidup untuk berkayra, berbuat yang baik, mendapat hasil supaya bisa berbagi dengan yang belum mampu. Bukan malah membawa hidup supaya susah menderita dengan alasan surga. Kejam sekali surga," komentar Ferdinand Hutahaean.

"Orang kafir dikasih makan oleh Allah... karena orang kafir mau berbagi dan beramal untuk sesama manusia tanpa melihat agama dan ras. Bagaimana Allah mau kasih makan orang 'beriman' jika jahat terhadap sesama manusia? Allah tinggal dalam hati orang baik," ujar Dj*******ud.

Tipe-tipe Pekerjaan Menurut Islam

1. Pekerjaan yang Terindikasi Syirik dan Mengandung Sihir.

Pekerjaan yang punya potensi terhadap syirik dan sihir ialah jenis pekerjaan seperti perdukunan, peramal nasib, paranormal, dan sejenisnya. Terutama bila sudah memanfaatkan kekuatan jin dan setan.

Selain dukun, paranormal, dan peramal nasib, profesi seperti juru kunci, pembuat patung untuk dipuja, pelukis makhluk bernyawa dan sejenisnya juga bisa tergolong ke arah pekerjaan syirik. Apalagi jika penggunaanya sampai menyekutukan Sang Maha Pencipta.

2. Jual Beli Hal-hal yang Merugikan

Berdagang itu diperbolehkan tapi hal itu bisa menjadi pekerjaan haram menurut Islam kalau kita memperjualbelikan hal-hal yang dilarang oleh syariat Islam. Misalnya, menjual bangkai, daging babi atau babi masih hidup, darah, anjing, minuman keras, narkotika, memperdagangkan manusia, dan lain sebagainya.

Dosanya akan semakin besar jika perdagangan yang kita lakukan mengakibatkan rusaknya suatu generasi bangsa. Pekerjaan jenis itu seperti perdagangan narkotika, minuman keras, dan perdagangan manusia.

Ketiganya sangat potensial merusak pertumbuhan generasi suatu bangsa di masa depan.

3. Memakan Harta Riba

Usaha apa saja itu dibolehkan, tetapi ada ketentuan khususnya, di mana kita harus berbisnis secara jujur. Hal ini sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam usaha dagangnya, dia selalu menjadi seorang yang jujur.

Harta riba itu berupa mengambil keuntungan berlebih dari penetapan bunga. Misalkan kita membuka usaha pinjam uang. Lalu kita membebankan bunga pengembalian yang melebihi jumlah pinjaman pokok peminjam. Inilah ketidaksesuaian dari situasi tersebut.

Kalau kita menerima bunga pengembalian itu kita sudah memakan harta riba yang diharamkan oleh Islam.

Sebaiknya, kalau Anda meminjamkan uang, ada baiknya mengikuti peraturan Bank Indonesia untuk menetapkan jumlah bunga. Lebih terpuji lagi kalau tidak membebankan bunga kepada peminjam.

Sebenarnya masih ada banyak lagi pekerjaan haram menurut Islam. Sebut saja judi, menimbun barang-barang perdagangan supaya bisa menjual mahal di kemudian hari, mengambil harta anak yatim piatu, mencuri, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, diharapkan contoh di atas sudah cukup sebagai peringatan agar kita senantiasa menjaga diri dari perbuatan tercela. Sebagai umat muslim, silahkan pilih pekerjaan yang halal dalam pandangan Islam, supaya selamat dunia akhirat.

https://hits.suara.com/read/2021/04/...t-lapar?page=4

Quote:Dalam hadis riwayat at-Tirmidzi disebutkan, pada zaman Rasulullah SAW ada seorang laki-laki ingin meninggalkan untanya di depan masjid tanpa diikat, dengan alasan ia bertawakal kepada Allah SWT. Ketika hal itu diketahui Rasulullah SAW, beliau mengatakan,

“Ikatlah untamu lebih dahulu, kemudian bertawakal.”

Setelah mendengar nasihat dari Rasulullah, akhirnya sahabat Rasulullah mengikat untanya di pohon sesuai anjuran.
Dalam cerita ini, Nabi mengajarkan kepada kita agar bekerja dan berupaya terlebih dahulu sebelum pasrah kepada Allah SWT.


mereka hanya bisa memberi pernyataan tanpa solusi.
Jangan bebankan semua kepada Tuhan dan Tuhan pun tak akan memberi tanpa kamu berusaha.
Bila kini kamu berkerja di Bank dan hanya itu sumber rejekimu demi kehidupan anak dan istrimu.
Tetaplah disana sambil mencari yang sesuai dgn keinginanmu.
Jangan kau campakan rejekimu yg skrg tanpa ada sikap bijaksana.
Kalo nih ustadz,dia mah enak modal bacot duit mengaliremoticon-Traveller

Sebagai pencerahan emoticon-Cool

Diubah oleh samsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 35 lainnya memberi reputasi
34
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ustaz Mufy Hanif Serukan Muslim Pegawai Bank Resign: Jangan Takut Lapar
03-04-2021 16:47
Bodo amat dah, gw sering ga mau nyicil pakenya logika aja

Motor cicilan 26jt cashnya cuman 20jt jelas rugi kalo nyicil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sarjuu5 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Memuat data ...
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 21:31
@zeratull @Nibrashilmy2 cuma ubah nama aja dong prakteknya sama dengan peminjaman resmi yg dituduh riba

kayak kibulan dong atas nama syariah
0
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 21:39
@Nibrashilmy2 mana ada peminjaman resmi yg bunga 5% keatas (kalau black renternir yah iya)
yakin buka bisnis simpan pinjam dijamin pasti kaya???
real world tidak segampang pemikiran elu dan kaum elu
kalau cuma buat bisnis langsung dijamin kaya, dari dulu bakal nga akan ada orang miskin jadinya

nga usah bisnis-bisnis peminjaman dari pengalaman saja saling pinjam antar teman bahkan keluarga
orang yg kalau punya utang lalu ditagih minta ampun ngeyelnya
kadang orang yg ber utang lebih galak dari pada yg beri utang ketika di tagih.

resiko itu yg buat teori untuk melakukan bisnis simpan pinjam berkembang untuk menutup segala resiko

makanya ada denda-dendaan supaya buat jera tukang utang yg banyak ngeyelnya klo ditagih
dan buat orang yg tidak pandai mengatur uang dan hanya punya penghasilan yg tidak stabil untuk berpikir berkali-kali kalau mau berutang
0
profile picture
kaskus geek
04-04-2021 22:32
@Nibrashilmy2 makanya taun 2000 bapak gw buka BMT isinya ya kredit macet semua. 🤣 bubar tuh banknya. Banyak manusia cem elu
-1
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 12:08
@0land haha..sy kaum apa ?sy malah ngomong dunia yg nyata sekali..
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 12:09
@rachmacool ya karena buka bisnis tak punya basis ilmu ekonomi mungkin ya..rasanya di dunia ini cuma ada ada satu kasus nasabah semuanya gagal bayar..haha
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 14:09
@Nibrashilmy2 lah omongan elu
buka bisnis simpan pinjam bunga 5% dijamin pasti kaya

kenyataannya dari fakta tidak seperti itu
semua bisnis ada kendala dan tantangannya
bukan asal buka pemilik langsung kaya
yg pernah gw baca aja kurang lebih 70% usahawan yg membuka usaha baru mengalami kegagalan

dalam bisnis peminjaman juga banyak tantangannya biar gw nga bergerak di bidang itu tapi gw bisa melihat sedikit banyak tantangan bisnis peminjaman yg kalau salah kelola dijamin bakal bangkrut walau bikin bunga 10-20% sekalipun

semua sistem yg diterapkan di model bisnis peminjaman modern yg kaum elu sebut riba itu sebenarnya sistem yg membuat efisien pengelolaan bisnis peminjaman dan meminimalisir resiko dari bisnis model tersebut.
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 14:43
@0land berarti kamu tidak tahu dunia bisnis,atau tidak konek dengan dunia bisnis..ada orang jahat yang terjun dalam bisnis bunga sangat tinggi itu,itu masih banyak di masyarakat..banyak cara yg di pakai,ada kredit bayar mingguan dll,tempai gadai mobil,motor dll..itu banyak kejadian..mobil di gadai telat bayar,langsung berbunga lagi..ujung2 nya ke sita..ya sy jadi tak respek sama kamu..pakai bawa2 kaum apa..yg di omongkan di sini itu masalah bisnis ekonomi kok..sy memang orang Islam..di kehidupan nyata pasti teman,guru,tetangga,dosen,pegawai bank pasti juga mayoritas Islam..
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 15:09
@Nibrashilmy2 orang jahat terjun ke dunia bisnis lalu mengeneralisir seluruh sistem yg berlaku adalah jahat???

orang jahat yg terjun itu hanya menerapkan sistem sampai tingkat yg ekstrim tapi kebanyakan itu adalah ilegal di semua negara

makanya kalau mau berutang di tempat yg legal segala bulshit yg engkau katakan nga akan dialami

jangankan di dunia bisnis peminjaman semua bisnis pun ada orang jahatnya
apakah semua orang yg bergerak di bidang bisnis yg ada orang jahat yg pandai mengelabui sistem adalah pendosa dan harus resign???

goblok banget pemikiran itu

disini bahas bisnis pinjam meminjam dan bank yg kaum elu anggap riba-ribaan

gw nga ngomong ke agama
kaum = golongan saja bukan mayoritas

nyata bahwa mayoritas muslim masih pakai jasa bank, dealer, leasing dsb (bahkan di timteng sana) menunjukan hanya segelintir kaum yg sepemikiran sama elu yg nga tau bagaimana dunia bekerja dan belajar sistem ekonomi dari satu sisi aja lalu menghakimi binis ini itu RIBA-RIBAAN
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 15:12
@0land @Nibrashilmy2 sumber hukum islam itu quran dan hadits om.. kalo rmang banyak muslim yang masih pake sistem riba tidak membuat riba itu halal om.. tetep aja haram
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 15:16
@Nibrashilmy2 @zeratull yup dan menciptakan bisnis embel syariah yg kalau dipelajari sama aja dengan yg konvesional
cuma ganti namanya dalam sistemnya
ditambah menghilangkan aturan yg sebenarnya membuka cela untuk dieksploitasi nasabah yg punya pemikiran jahat
0
Memuat data ...
21 - 30 dari 30 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia