Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
248
Lapor Hansip
02-04-2021 11:10

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus PungliPerpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Jika selama ini, banyak orang menganggap institusi korps coklat adalah lahan "basah" pungutan liar, nampaknya stigma tersebut saat ini mulai tergerus seiring dengan diangkatnya Jenderal Listyo Sigit sebagai Kapolri. Kapolri baru yang menggantikan Kapolri lama Jenderal Idham Azis ini memang sedari awal sudah membawa angin segar perubahan ditubuh kepolisian. Mulai dari janji penegakan hukum yang tak lagi tajam ke bawah dan tumpul keatas, hingga penegakan hukum dijalan raya yang tak lagi melibatkan polantas.

Kurang dari tiga bulan sejak dilantik pada Januari lalu, Jenderal Listyo sudah menunjukkan tajinya dengan merilis dua program berbasis teknologi. Pertama, penerapan tilang elektronik berbasis kamera CCTV atau yang biasa disebut dengan ETLE. Lalu yang kedua, yaitu penyederhanaan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang bisa dilakukan dari rumah menggunakan aplikasi smartphone. Dua gebrakan baru yang menurut ane layak diapresiasi. Kenapa? Karena dua layanan baru ini jelas akan membuat citra kepolisian semakin meningkat.

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Tilang elektronik berbasis kamera pengintai membuat siapapun pelanggar lalu lintas tidak bisa mengelak. Karena kamera akan secara jelas dan tepat menyorot setiap pelanggaran tanpa kecuali. Bisa diartikan pula, semua pelanggar, baik masyarakat sipil maupun anggota kepolisian bila memang melanggar, maka akan dikenakan tilang. Juga, tidak akan ada lagi pungutan liar atau titip tilang yang selama ini kerap terjadi. Sistem tilang elektronik tidak memungkinkan para oknum bermain belakang. Karena setiap pelanggar akan dikirim surat tilang yang berisi denda yang harus dibayarkan beserta capture pelanggaran yang dilakukannya.

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Surat tilang elektronik tersebut juga memuat virtual account, akun untuk pembayaran denda tilang. Sehingga, semua proses akan lebih aman dari pungutan liar. Karena sistem sudah terintegrasi tanpa campur tangan oknum lagi. Meski, sistem ETLE ini masih memungkinkan untuk "dicurangi" oleh pelanggar jika pengguna kendaraan menggunakan plat nomor palsu.

Setali tiga uang dengan penerapan tilang elektronik, sistem perpanjangan SIM via hape yang rencananya akan dirilis bulan April ini juga akan membuat ruang gerak pungutan liar mati langkah. Jika selama ini banyak oknum "bermain" dalam proses perpanjangan SIM, maka setelah sistem baru ini diterapkan, masyarakat hanya perlu membayar biaya perpanjangan sesuai dengan ketentuan yang seharusnya, tanpa ada tambahan tip atau "uang titip".

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Sekedar diketahui, alur perpanjangan SIM menggunakan hape ini sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan sambil rebahan. Pemohon hanya perlu mengunduh aplikasi, melakukan pendaftaran, mengisi sejumlah tes, lalu membayar melalui transfer. Jika semua persyaratan terpenuhi, SIM akan dikirim ke alamat pemohon. Sangat mudah bukan? Selain mudah, celah calo tilang akan terbabat habis dengan sistem ini. Alur rumit dan proses panjang yang selama ini dirasakan masyarakat saat mengurus perpanjangan SIM akan sirna, berganti dengan kemudahan dan kepraktisan.

Semoga saja inovasi - inovasi baru bisa ditelurkan Korps Kepolisian, agar selain membuat citranya semakin baik, juga supaya memudahkan dan membantu masyarakat. Seperti semboyannya, Melindungi, Mengayomi, dan melayani masyarakat

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cungkringoke dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Perpanjang SIM Bisa Dari Hape, Inovasi Baru Yang Menggerus Pungli
02-04-2021 20:31
Awal maret kemarin istri perpanjang sim A, di sim keliling daerah T, minta 300rb gan. Pdhal diberita cuman 135rb. Waduh... lemas dah,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
black_robo dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
KASKUS Plus
02-04-2021 20:46
Pakai "jasa" kah?
0
profile picture
kaskus addict
03-04-2021 21:09
@powerpunk urus sendiri gan, ikut ngantri sekitar 2 jam, kata istri semua di minta 300rb, saya jd ikut aja katanya gitu gan.
0
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 19:15
sama sih gan ane jg kyk, dengan polos nya ane ikutin arahan polkis , ane dari awal mau nya jalur biasa nanya lah ke polkis di arahin tuh pas masuk ruangan dlm hati fucekkk knp nembak jadi nya emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 19:27
Idem Gan.. Ane perpanjang 200rb sama tempat SIM nya 20rb.. Jadi 220rb Wajib itu.. Di Purwakarta.. Itu Kaga ane sensor dah.. Kali aja di tindak wkwk
2
profile picture
kaskus geek
04-04-2021 20:42
Hahaha ane sim C aja dimintain 145 kok. Bullshit kalo mobil bisa 135 sesuai aturan.

Apalagi pas dimintain duit ga dikasi struk atau semacam kwitansi tanda terima. Itu mah kemungkinan ada markup harga dari petugas samsat keliling. Tapi enaknya sih disana ngantrinya gak lama. Anehnya ga ada tes kesehatan gitu2. Pokoknya dateng, ngantri, foto, bayar, terima sim.

Lokasi di pasar segar depok 2
0
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 21:15
Simnya udah kelewat belom emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus addict
04-04-2021 21:20
@megatron21 Apa urusannya ama samsat keliling? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Gak ada kwitansi? Seharusnya kalo mengikuti prosedur, perpanjang itu diharuskan ngisi formulir dan ada kwitansi bank/PNBPnya. Kalo gak disuruh begitu, bisa agan tegur operator atau petugas yg disana.
Kecuali agan emang gak percaya sama sekali, silahkan setorkan sendiri ke bank untuk biaya PNBPnya.

Perlu diketahui jg PNBP SIM C itu 75rb, berlaku seluruh Indonesia. Adapun biayanya jadi segitu itu adalah ditambah biaya persyaratan kaya keterangan sehat dan psikologi (mungkin akan berbeda di tiap daerah). Kalo emang di sana cuma mau bayar PNBP aja, silahkan bawa persyaratan sendiri yg tentunya bisa dipertanggungjawabkan keasliannya.

Jadi kalo ada yg masih mikir2 itu harga markup, do your research first emoticon-Malu (S)
0
profile picture
kaskus geek
05-04-2021 00:21
@RadeonHD4670
Kan ane bilang kemungkinan. Blom tentu benar belom tentu salah. Dan meskipun ente bilang selisih biayanya adalah untuk biaya persyaratan macam keterangan sehat dan psikologi, maka gak ada tes seperti itu di samsat keliling.

Seperti yg ane bilang. Dateng, (ambil antrian, serahin sim lama dan ktp asli) trus ngantri, (dipanggil masuk) validasi standar trus foto, bayar, terima sim. Gak kurang gak lebih.

Kalo pas ane bikin sim pertama x, ada tuh bukti pembayaran cek kesehatan sgala macam. Tapi kalo samsat keliling ya ga ada. Pokoknya ujung2nya SIM jadi aja. Ga ada isi form apa2 juga.

Mungkin... Bisa juga prosedural cek kesehatan, dll memang di skip (entah saat itu doang atau selalu) soalnya gw perpanjang waktu psbb.

Ini bukan lagi cuma soal research. Ini sudah praktik langsung ane perpanjang taun kmaren. emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 06:24
@megatron21 Bentar, apa urusannya perpanjang sim di samsat keliling sih? emoticon-Ngakak


Tapi buat praktik yg ente bilang itu begitu, baiklah. Mungkin beberapa mungkin, atau banyak pelayanan sim keliling yg kaya gitu. Seharusnya buat yg laen klo nemu yg kaya gini, langsung tegur petugasnya. Tanya, "Kenapa saya gak dites?" Karena seharusnya prosedurnya ya isi form, tes psikologi dulu, tes kesehatan dulu baru bisa diproses di dalem bis.
0
profile picture
kaskus geek
05-04-2021 09:17
@RadeonHD4670
Lho? Kok urusannya apa?
emoticon-Bingung Itu ane reply ke postingan di paling atas. Bijimane ente

Ya kalo buat ane harga 145 gak masalah. Seperti ente bilang mungkin aja buat biaya2 itu, atau upah buat mereka ngetikin form buat ane. Mana aja bebas. Yg jelas, realisasinya untuk sekarang, biaya perpanjangan ga bakal sesuai sama peraturan yg sudah ada. Ane untuk sim C aja kena 145 dan itu yg paling atas sim mobil kena 300.

Ane malah malas negur petugas karena ga ada tes2an. Karena menurut ane tak ada tes tak buang waktu
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 09:46
@megatron21 samsat ya samsat, sim ya sim.. Masih blm bisa bedain apa gimana 😂😂😂😂😂😂😂😂
0
profile picture
kaskus addict
05-04-2021 10:46
Kemarinan baru perpanjang SIM A dan SIM C di SIMKEL Kantor Pos Lapangan Banteng Jak-Pus.

Dapet nomor antrian jam 08.00, selesai 9.57
Biaya nya untuk 2 SIM tsb IDR 265,000

Kalau di jabarkan sesuai mungkin ya

SIM C
- PNBP 75k
- Kesehatan 25k
- Asuransi 30k

SIM A
- PNBP 80k
- Kesehatan 25k
- Asuransi 30k

Ga ada punglli, dan ga ada yg di persulit sama sekali.
Jadi ane ambil kesimpulan, kalo mau perpanjang lebih baik di SIM Keliling deh
1
profile picture
kaskus geek
05-04-2021 10:51
@RadeonHD4670
Oh ya maksud ane itu. Soalnya kalo disini sih pada nyebutnya samsat keliling. Karena nyatu sama pengurusan pajak juga.
0
profile picture
kaskus geek
05-04-2021 10:52
@AkihikoYuuto
Oh masih masuk akal berarti ane bayar 145. Selisih 15 rebu doang.

Berarti mungkin ada simkel yg bener ada yg nakal juga kali
0
Memuat data ...
1 - 14 dari 14 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia