others
Batal
link has been copied
168
Lapor Hansip
24-03-2021 08:06

Berkat Dijajah Portugis, Kita Jadi Bisa Makan Enak! Kok Bisa?

Sadar Nggak? Ternyata Budaya Portugis Ini Masih Dipakai oleh Bangsa Indonesia!

Kita pasti pernah mendengar bahwa bangsa asing yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Portugis, jauh sebelum Belanda dan Jepang hadir. Meskipun Portugis pada mulanya datang untuk berburu rempah - rempah, namun interaksi bangsa Portugis dengan Indonesia melahirkan akulturasi atau pencampuran budaya.

Dalam segi kuliner, Indonesia juga terinspirasi dari Portugis yang amat suka memasukkan rempah - rempah ke dalam menu masakannya. Dulu masyarakat Indonesia belum begitu mengerti cara membudidayakan tanaman rempah dan memanfaatkannya dengan baik. Akibat masa penjajahan dan didikan dari bangsa Portugis, kini kita bisa menikmati masakan Nusantara yang kaya cita rasa karena telah dibumbui dengan rempah - rempah yang tumbuh di negeri sendiri. Kekayaan terbesar Indonesia yang diburu bangsa Asing berabad - abad yang lalu. Jadi rugi banget deh gansist kalau tidak bisa memasak dan mengolah serta menikmati hidangan yang diracik dengan rempah - rempah ini.



Orang asing saja rela melaut berbulan - bulan ke Indonesia demi rempah- rempah, masak gansist tiap hari makannya micin doang? emoticon-Ngakak Padahal cita rasa hidangan yang dibumbui dengan rempah - rempah jauh lebih aduhai dan bergizi pastinya. Gansist pasti tau bakwan jagung atau dadar jagung kan? Ternyata pembuat resepnya adalah orang Portugis lho!

Biji jagung mulai dibawa orang Portugis dan ditanam di ladang Indonesia, ketika musim panen raya tiba, masyarakat Portugis memasak dadar jagung sebagai hidangan jamuan makan.


Selain dari segi perdapuran yang banyak berkembang, dari segi tata bahasa saja pun banyak kosakata bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Portugis misalnya saja, biola yang berasal dari kata viola, pesiar modifikasi dari passear, pita dari kata dasar fita, mentega berasal dari kosakata manteiga, bendera dari kata bandeira, cerutu serapan dari kosakata charuto, dan masih banyak lagi yang lain.

Belum lagi musik keroncong yang pada mulanya adalah seni pertunjukan musik Portugis dengan satu alat musik berupa gitar mini yang disebut Cavaquinho. Kalau masyarakat Indonesia bilang sekarang namanya gitar kentrung atau ukulele. Bunyi khas dari ukulele yang cenderung berbunyi "crong ... crong" membuat masyarakat Indonesia memlesetkannya menjadi musik keroncong. Sungguh unik ya gansist!

Meskipun musik keroncong saat ini sudah tidak terlalu banyak digandrungi oleh kaum muda dan anak millenial namun budaya Cavaquinho merupakan bagian dari kekayaan bangsa yang melegenda. Di daerah Jawa Tengah khususnya Yogyakarta, kita masih bisa melihat para pengamen menggaungkan aliran musik keroncong ketika bernyanyi. Selain di momen itu, sajian musik keroncong sudah jarang ada, kecuali di pertunjukan seni tradisional.

Nggak nyangka ya ternyata keroncong asal mulanya dari Portugis!


Referensi:
1. Portugis
2.Masakan Portugis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berkat Dijajah Portugis, Kita Jadi Bisa Makan Enak! Kok Bisa?
01-04-2021 01:53
barusan ane coba cari informasi tentang makanan ,rempah & pengaruh portugis, kalau dari yg ane baca dari beberapa sumber hanya sedikit makanan yg menggunakan rempah hasil dari akulturasi bangsa portugis & hanya dibeberapa daerah saja..
profile-picture
imung3 memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 02:56
Berapa referensi yg sudah dibaca agan?
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 03:31
@adnanami Kalau berapa referensinya saya ga sempat menghitung, tapi yg saya temukan selain dessert(karna berbicara tentang rempah tentu kita menjadikan mulai dari appetizer,soup & maincourse sebagai tolak ukur)kebanyakan hanya membahas tentang pindang, dadar jagung, gado² & beberapa masakan daerah maluku & manado, saya diawal tidak membenarkan karna menurut pengalaman & yg saya pelajari selama ini kurang tepat kalau banyak masakan hasil olahan rempah kita terakulturasi oleh portugis, karna saus dasar portugis & daerah sekitarnya berbeda dengan saus dasar terutama bumbu beserta rempahnya dengan masakan Indonesia..
cmiiw
0
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 03:46
@keenan09 wah ... kalo masalah itu ane juga tak paham
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 03:55
@adnanami iya gan cuman pendapat ane, kalau sejarah lebih jauh jg bukan bidang ane, tapi kalau ngelihat dari polanya terlihat banyak perbedaan & mungkin sudah mengolah rempah sebelum kedatangan portugis, kalau akulturasi sepertinya lebih ke masakan² oriental & curry²an dari daerah² asia..
0
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 04:06
@keenan09 emang gak banyak sih masakan portugis, kebanyakan kan emang pedagang di Indo dr china, india, arab ... ya makanannya gak jauh jauh dr situ. Kalo korea itu booming krn banyak pecinta korea aja ... mereka gak pernah kesini cuma ngasih pengaruh dr media aja
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 04:25
@adnanami iya, kalau kuliner korea keknya cuman demand tinggi sesaat doang, ga sampai mempengaruhi pola dasar, grilled² sama yg spicy² begituan juga udah lama ada dikita soalnya, beda sedikit & pengolahan doang.. mungkin kalo kadrun semakin rame entar masakan arab demandnya juga meningkat.. canda gan emoticon-Ngakak
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 06:29
Kayaknya si TS cma demi view
0
profile picture
aktivis kaskus
01-04-2021 07:25
Ts banyak yg kontra ni..closed j ap,wkkkkk
0
Memuat data ...
1 - 8 dari 8 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia