others
Batal
link has been copied
168
Lapor Hansip
24-03-2021 08:06

Berkat Dijajah Portugis, Kita Jadi Bisa Makan Enak! Kok Bisa?

Sadar Nggak? Ternyata Budaya Portugis Ini Masih Dipakai oleh Bangsa Indonesia!

Kita pasti pernah mendengar bahwa bangsa asing yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Portugis, jauh sebelum Belanda dan Jepang hadir. Meskipun Portugis pada mulanya datang untuk berburu rempah - rempah, namun interaksi bangsa Portugis dengan Indonesia melahirkan akulturasi atau pencampuran budaya.

Dalam segi kuliner, Indonesia juga terinspirasi dari Portugis yang amat suka memasukkan rempah - rempah ke dalam menu masakannya. Dulu masyarakat Indonesia belum begitu mengerti cara membudidayakan tanaman rempah dan memanfaatkannya dengan baik. Akibat masa penjajahan dan didikan dari bangsa Portugis, kini kita bisa menikmati masakan Nusantara yang kaya cita rasa karena telah dibumbui dengan rempah - rempah yang tumbuh di negeri sendiri. Kekayaan terbesar Indonesia yang diburu bangsa Asing berabad - abad yang lalu. Jadi rugi banget deh gansist kalau tidak bisa memasak dan mengolah serta menikmati hidangan yang diracik dengan rempah - rempah ini.



Orang asing saja rela melaut berbulan - bulan ke Indonesia demi rempah- rempah, masak gansist tiap hari makannya micin doang? emoticon-Ngakak Padahal cita rasa hidangan yang dibumbui dengan rempah - rempah jauh lebih aduhai dan bergizi pastinya. Gansist pasti tau bakwan jagung atau dadar jagung kan? Ternyata pembuat resepnya adalah orang Portugis lho!

Biji jagung mulai dibawa orang Portugis dan ditanam di ladang Indonesia, ketika musim panen raya tiba, masyarakat Portugis memasak dadar jagung sebagai hidangan jamuan makan.


Selain dari segi perdapuran yang banyak berkembang, dari segi tata bahasa saja pun banyak kosakata bahasa Indonesia yang diadaptasi dari bahasa Portugis misalnya saja, biola yang berasal dari kata viola, pesiar modifikasi dari passear, pita dari kata dasar fita, mentega berasal dari kosakata manteiga, bendera dari kata bandeira, cerutu serapan dari kosakata charuto, dan masih banyak lagi yang lain.

Belum lagi musik keroncong yang pada mulanya adalah seni pertunjukan musik Portugis dengan satu alat musik berupa gitar mini yang disebut Cavaquinho. Kalau masyarakat Indonesia bilang sekarang namanya gitar kentrung atau ukulele. Bunyi khas dari ukulele yang cenderung berbunyi "crong ... crong" membuat masyarakat Indonesia memlesetkannya menjadi musik keroncong. Sungguh unik ya gansist!

Meskipun musik keroncong saat ini sudah tidak terlalu banyak digandrungi oleh kaum muda dan anak millenial namun budaya Cavaquinho merupakan bagian dari kekayaan bangsa yang melegenda. Di daerah Jawa Tengah khususnya Yogyakarta, kita masih bisa melihat para pengamen menggaungkan aliran musik keroncong ketika bernyanyi. Selain di momen itu, sajian musik keroncong sudah jarang ada, kecuali di pertunjukan seni tradisional.

Nggak nyangka ya ternyata keroncong asal mulanya dari Portugis!


Referensi:
1. Portugis
2.Masakan Portugis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 30 lainnya memberi reputasi
29
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Berkat Dijajah Portugis, Kita Jadi Bisa Makan Enak! Kok Bisa?
01-04-2021 01:30
coba dijawab neh, kira2 Indonesia bakal semaju apa kalau dlu belanda berhasil menguasai nusantara?
klo skrg kn dah jelas kek gimana, freeport yg dikeruk lama bgt smpe skrg kekayaannya yg ngerasain siape emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imung3 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 02:54
siape yg rasain? investor asing bukannya?
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 03:58
lah indonesia lama berkembang kan juga karna diawal kemerdekaan masih bayar upeti yg dipake belanda buat bayar kekalahan perang, makanya ekonomi belanda lebih duluan membaik gan..
0
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 04:07
@keenan09 haaaa? baru tau emoticon-Hammer2 sekejam itu ... londo
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 04:21
@adnanami 1950 sampai tahun berapanya ane lupa juga, kita udah bayar hampir 4m gulden keratu belanda & itu ditandatangi sama para² bapak² perintis kita buat ngesahin penyerahan & pengakuan kedaulatan kita emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh gimana ga lama majunya coba, diawal aja udah dipalakin, habis itu dipalakin negara lain, habis itu zamannya diktator, habis itu berbondong² korupsi
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 06:28
@keenan09 @adnanami iya njir bangke bgt tuh kompeni
0
profile picture
aktivis kaskus
01-04-2021 07:22
Belanda bnyak kawan curang dia,coba 1 lawan 1 dulu kocar kacir pasti,
0
profile picture
kaskus addict
01-04-2021 07:41
Hmm... ironi karena merdeka keliatannya jadi ga produktif. Rekan kerja ane ada yang berhenti kerja supaya bisa merdeka. Jadinya ga disiplin, bangun siang dll. Kerja ojol cuma banyakan tidur nya karena merdeka. Sampe skrg kadang nanyain ada lowongan ga
0
Memuat data ...
1 - 7 dari 7 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia