Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
290
Lapor Hansip
31-03-2021 08:20

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam



Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Pembahasan kali ini agak sensitif, namun kita tak bisa tutup mata hidup itu akan selalu ada 2 kutub yang berlawanan. Dan hal seperti ini adalah wajar, akan selalu ada siang dan malam, tinggi dan rendah, hitam dan putih apalagi pemikiran manusia tidak bisa seragam.

Maka kita tahu di dunia ini ada yang mengaku theis dan atheis, simplenya gini, theis itu orang yang beragama dan percaya pada tuhan, sedangkan atheis adalah orang yang menolak agama dan tidak percaya tuhan.

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Pada dasarnya kedua pemahaman ini ada persamaan yang penting apa itu?

Mereka sama-sama tidak tahu wujud dari Tuhan, dimana tempatnya berada, intinya mereka tidak tahu apakah Tuhan itu ada atau tidak. Namun yang membedakannya mereka ada yang merasakan keberadaaan Tuhan, sedangkan yang satu lagi menyangkalnya.

Bila kita membahas lebih dalam akan banyak hal yang sangat sensitif, walau sebenarnya itu fakta yang nyata. Seperti kesamaan theis dan atheis yang sama-sama menolak Tuhan!! Pasti bingung kok sama-sama menolak Tuhan?

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Atheis menolak Tuhan dan konsisten pada pendapatnya, sedangkan Theis menolak Tuhan dari ajaran agama lain selain ajaran dari agamanya. Disinilah theis menjadi berpecah belah, mereka punya Tuhan nya masing-masing. Maka akan semakin rumit bila sudah menyangkut hal yang ghaib. Ada namun tiada, tak terlihat tapi bisa terasa, bahkan jangkauan akal dan logika tak bisa menembus hal itu semua.

Nah berkaca pada kasus yang sering terjadi, seperti yang baru-baru ini terjadi bom bunuh diri di gereja Makassar, penembakan massal di masjid Selandia Baru oleh Brentont tarrant yang dituding mereka adalah orang yang tak beragama. Otomatis bila non agama secara tak langsung menuding atheis yang melakukan teror, tentu saja hal ini menjadi ambigu.

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Teroris selalu dikaitkan dengan tidak beragama, padahal mereka sendiri ada karena percaya akan adanya Tuhan, tapi salah kaprah, mereka anggap dirinya lebih suci, lebih beradab, merasa ras yang superior yang diciptakan Tuhan.

Sudah pasti mereka yang atheis pun pusing tujuh keliling kok bisa selalu disalahkan, padahal dari atheis sendiri ada yang dinamakan agnostik yang masih percaya Tuhan bila bisa dijelaskan secara ilmiah dan mereka beranggapan Tuhan itu hanya satu, tapi siapa "Dia" itu yang tak bisa dibuktikan secara kasat mata.

Kenapa hanya satu? Kalau Tuhan banyak, bisa ribut antar kerajaaan Tuhan yang repot ya ciptaannya bisa hancur lebur kalau Tuhan saling berperang.

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

Lantas apa pendapatmu tentang hal ini? Silahkan orat oretnya di kolom komentar gan!!

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, semoga bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam





Diubah oleh c4punk1950...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 42 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Gara-Gara Teroris!! Atheis, Pusing Selalu Jadi Kambing Hitam
31-03-2021 11:25
Quote:Kenapa hanya satu? Kalau Tuhan banyak, bisa ribut antar kerajaaan Tuhan yang repot ya ciptaannya bisa hancur lebur kalau Tuhan saling berperang.


Nah ini ane kurang setuju gan, krn menyamakan Tuhan dgn manusia.

Krn melihat manusia itu punya kecenderungan mau jd penguasa satu2nya, susah bekerja sama, susah toleransi, dsb;

Kemudian dianggap kalau misalnya ada lbh dr 1 Tuhan, maka mereka jg akan bertindak atau berperi laku spt manusia. Rebutan kekuasaan, cek cok, saling kepo, saling gosip, dst.

Pdhl kalau (ini misalnya ya) ada bbrp Tuhan, dan sama2 Maha Pengasih,aha Bijaksana, dst; ya ngapain cek cok?

Manusia saja kalau sdh terdidik, dst; bisa duduk bareng2 bermusyawarah.

Lha... Apalagi kalau bicara ttg makhluk atau entitas yg berjuta2 kali lebih bijaksana dr manusia, dst.

Apa sulitnya bagi mereka utk duduk, rembug bareng sambil ngopi2?

Iya to?
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskus maniac
31-03-2021 12:32
ane pikir juga nggak ada masalah tuhan ada berapa pun.
kayaknya itu ide dari si bungsu karena dirinya paling monoteisme--
kristen masih ada trinitas,
hindu punya banyak dewa,
dan budha setahu ane bahkan sebenarnya nggak percaya tuhan
2
profile picture
KASKUS Plus
31-03-2021 13:11
Sulit om gan karena pada dasarnya banyak yang bersandarkan pada Tuhan banyak memberikan cerita yang mengerikan.

Ingat perang Titan? Dimana pertempuran yang terjadi selama sepuluh tahun antara para Titan melawan dewa-dewa Olimpus jauh sebelum keberadaan manusia. 

Maka tak heran Zeus, Poseidon, Hades, Apollo, Artemis, Afrodit, Ares, Dionisos, Hefaistos, Athena, Hermes, Demeter, Hestia dan Hera menjadi Tuhan yang sering banyak film layar lebarnya karena god of war sangat menarik untuk diceritakan.

Pada cerita mesir kuno Dewa Set digambarkan sebagai pemberontak perebut kekuasaan yang membunuh dan memotong-motong jenazah Osiris, saudaranya sendiri. Isis, istri Osiris mengumpulkan dan menyatukan jenazah Osiris. Horus, putra Osiris menuntut balas kepada Set, dan pertempuran antara mereka menjadi tema yang populer dalam mitologi Mesir.

Lalu ada perselisihan antara Siva dan Visnu, tak ane publish cari di google hehehe..

Jadi agak susah untuk ngopi bareng nih kayaknya, karena ceritanya yang beredar gitu.

Harusnya kalau benar itu Tuhan sudah pasti akan bijaksana dari manusia, lantas darimana cerita itu ada? Manusia yang melihat Tuhan atau Tuhan sendiri yang mengajarkan dan menceritakan, masih abu2 om gan... terbatas sekali ilmu ane...
0
profile picture
kaskus geek
31-03-2021 13:22
@c4punk1950...
Lha itu dia krn digambarkan menurut sudut pandang manusia.

Ane jg ga tau gan.

Krn ga tau, jd ambil sudut netral aja. emoticon-Malu

A: ada banyak.
B : cmn ada satu.
C : Ga ada.
Ane : Ga tau.....

Ya... Ane cm bisa iya2in aja sih. Silahkan masing2 pada kepercayaan-nya masing2.

emoticon-Hammer2


Add:: kalau kisah Zeus, Titan, Osiris, dll; dijadikan dasar argumen bahwa Tuhan yg banyak akan berujung pd pertempuran antar Tuhan, sama saja artinya kita membenarkan bahwa mereka itu bnr2 ada.

Kl kita mengatakan bahwa mereka cm cerita manusia, artinya tdk bisa jadi landasan bgmn Tuhan yg sebenarnya.

Kan itu cm cerita manusia, yg sarat dgn sudut pandang manusia.
0
profile picture
KASKUS Plus
31-03-2021 13:27
@lonelylontong

Karena ceritanya seperti itu Tuhan yang digambarkan nenek moyang zaman baheula om gan...

Jadi kita pakai perspektif sejarah yang kini dianggap mitos. Kalau logikanya kayak agan dengan banyak Tuhan sebenarnya bisa rukun sih sah2 saja kan itu kepercayaan.

Mau satu atau banyak atau ga ada, tidak akan merubah bahwa manusia akan kekal abadi di bumi karena tujuan manusia hidup itu untuk mati emoticon-Mewek
0
profile picture
kaskus geek
31-03-2021 13:32
@c4punk1950...

(Mengubah, bukan merubah emoticon-Betty)

Manusia kebanyakan mikir, makanya jd ruwet. Wkwkwkwk.
emoticon-Wakaka

Kl konsep anatta dlm Buddha sdh pernah baca gan?
0
profile picture
KASKUS Plus
31-03-2021 15:00
@lonelylontong sudah tapi konsepnya sulit dipahami bagi ane yang awam 😂
1
profile picture
kaskus geek
31-03-2021 15:01
@c4punk1950...
emoticon-Malu
Mosok siih...

Ane pikir itu menarik sih, spt mencoba melihat masalah dr sisi yg berbeda.
1
profile picture
kaskus addict
31-03-2021 16:10
Ada yg pacaran emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
profile picture
kaskus geek
31-03-2021 16:57
@Vandisk.

Psst.... Gan c4p, ada yg ngiri...
emoticon-Malu
0
profile picture
KASKUS Plus
31-03-2021 16:58
@lonelylontong cuman mumet bin rumit 😂
1
profile picture
KASKUS Plus
31-03-2021 16:59
1
profile picture
aktivis kaskus
01-04-2021 08:08
Perang2anwkkkk
1
profile picture
kaskus maniac
01-04-2021 08:32
@lonelylontong

Quote:Kemudian dianggap kalau misalnya ada lbh dr 1 Tuhan, maka mereka jg akan bertindak atau berperi laku spt manusia. Rebutan kekuasaan, cek cok, saling kepo, saling gosip, dst.


Lah, kalo tuhan tidak boleh disamakan sifat nya dengan manusia:

Trus kenapa tuhan merasa perlu menyebut yang bukan pengikut nya adalah sesat?

Kenapa setiap tuhan merasa dia-lah yang paling tinggi, tuhan yang lainnya palsu?

Kenapa tuhan merasa perlu melabeli penyembahan selain pada dia adalah dosa terbesar dan tidak termaafkan?

Kenapa setiap tuhan merasa dia-lah pemilik seluruh semesta?

Itu jelas semua sifat manusia.
Kesimpulannya?
3
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 09:00
@junaedi1982new
Ya... jangan tanya ke saya... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Cukup ngikut komennya, memenya ane ga pasang, kuatir aja.
emoticon-Wkwkwk
1
profile picture
kaskus maniac
01-04-2021 09:31
Kalo kata Neil deGrasse Tyson, dengan tidak ada campur tangannya Tuhan terhadap banyak tragedi dan konflik kemanusiaan maka dari itu cuma ada tiga jawaban: Tuhan tidak ada, Tuhan ada namun kekuatannya tidak Maha Kuat, atau Tuhan tidak se Maha Pengasih dan Maha Penyayang yg manusia perkirakan.

Quote unquote ya, cuma menyampaikan pernyataan orang lain. emoticon-Big Grin
0
profile picture
kaskus maniac
01-04-2021 09:38
@UnKillMaster

Atau malah cuma 1 kemungkinan?
emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus maniac
01-04-2021 09:39
@junaedi1982new Ya dari tiga jawaban itu pasti hasil akhirnya cuma ada satu kemungkinan.
0
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 09:40
@c4punk1950...
Ane ngangkat konsep anatta ke diskusi, karena ane pikir itu lebih mungkin didiskusikan.

Konsep Anatta kan tidak membahas Tuhan, konsepnya membahas ttg pemahaman manusia akan dirinya sendiri.

Drpd membahas Tuhan, yg ujung2nya akan berakhir pada menurut Kitab A, B, C, dst.

Mendingan membahas tentang siapa aku? Self? (anatta atau atman).

Pengamatannya pada diri sendiri dan orang2 di sekitar, alias membumi, tidak membahas surga.

Sehingga kalau mau diskusi pun, dasar2 argumennya adalah sesuatu yg bisa diamati.

Kalau mengenali diri sendiri saja tidak bisa sampai pada yg hakekat, gmn mau memikirkan Tuhan? Kira2 gitu kali ya.
0
profile picture
kaskus geek
01-04-2021 09:46
@junaedi1982new @UnKillMaster

Menurut ane kemungkinan-nya ya ttp 3 itu. Ga harus mengerucut jd 1 kemungkinan.

Kemudian, masalah Pengasih, bisa jadi beda sudut pandang, beda ruang lingkup, beda mengartikannya.

Misalnya gini lah, analogi sederhana ya.

Ibu sayang anak. Anaknya dipaksa makan brokoli karena sehat. Anaknya ga suka rasa brokoli.

Sudut pandang ibu, maksa anaknya makan itu bentuk kasih.

Sudut pandang anak, ibu maksa itu bukan kasih.
1
profile picture
KASKUS Plus
01-04-2021 10:04
@lonelylontong tapi ketika sedang bicara pada diri sendiri tentu ada yg namanya wujud, awal dan akhir itu yang agak rumit jadinya hehehe... sedangkan aku-tiada konsep roh menjadi blur...

Sama kaya manunggaling kawulo gusti...konsepnya memang bikin mumet mungkin kapasitas otak ane aja nih yg lemot emoticon-Hammer2
1
Memuat data ...
1 - 20 dari 28 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia