Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
175
Lapor Hansip
27-03-2021 10:41

Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

[ HT# 720 ]

Lampu LED pada headlamp kendaraan kini tengah menjadi primadona karena lebih hemat daya, cahaya yang lebih baik, usia pakai yang lebih panjang membuat kendaraan terlihat lebih modern dan keren. Namun sayang tak lama lagi teknologi lampu LED segera tergantikan.

Rasanya belumlah lama kita menikmati indahnya tampilan lampu LED yang menggoda mata, bahkan mungkin masih belum ada yang memiliki di kendaraannya tahu-tahu sudah digantikan dengan teknologi laser.

Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

Teknologi laser? Serius, kah? Apa gak bahaya? Beberapa pertanyaan yang hadir dalam pemikiran saya, mungkin sama juga dengan pembaca disini.

Teknologi laser yang diterapkan dalam dunia otomotif khususnya pada headlamp kendaraan terdiri dari satu atau lebih dioda laser solid state yang dipasang di dalam lampu depan. Laser biru ini akan mengarah ke fosfor kuning, mirip dengan yang digunakan pada teknologi LED putih saat ini.

Testing The 2020 BMW G11 750i xDrive Laser Lights



Cara ini akan menghasilkan cahaya putih yang lebih terang dan kuat kemudian dapat dipantulkan dari reflektor lalu keluar dari lampu depan ke arah jalan. Lampu depan laser yang dibuat dengan cara ini memiliki beberapa keunggulan seperti lebih hemat energi dibanding LED dengan jumlah keluaran cahaya yang sama, lampu laser ini juga ternyata lebih hemat ruang, dan cahaya yang di arahkan lebih fokus lagi dari LED, dapat memancarkan cahaya hingga 600 meter di depan kendaraan, dan masih lebih dingin di banding LED.

Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

Memang teknologi lampu headlamp dari laser ini terbilang baru dan hanya beberapa produsen mobil seperti BMW (bekerjasama dengan OSRAM), Audi, dan kendaraan tertentu lainnya yang baru menggunakannya, itu pun di serie terbatas.

Namun kelebihan dari teknologi lampu laser ini juga memiliki kekurangan seperti; belum terujinya ketika bertemu dengan suhu yang ekstrem, para ahli masih harus mengatasi tantangan yang bersifat teknis mengenai suhu yang di mulai dari 40 derajat, di bawah nol hingga 50 derajat C, dan dampak yang ditimbulkan akibat getaran tinggi yang mengakibatkan rusaknya laser, pengoperasian dalam waktu yang lama, dan terakhir efek radiasi tidak terkontrol dari sinar laser akibat faktor x yang belum di ketahui bagi manusia.


LED Audi Matrix VS Lampu LED Laser



Nah, dari segudang kelebihan dan manfaat bagi manusia rupanya temuan lampu laser headlamp masih harus dilakukan pengembangan lebih jauh dan mendalam. Semoga saja tidak lama lagi kita bisa menikmati apa yang menjadi kelebihan teknologi ini bagi kebaikan dan kemaslahatan manusia. Aamiin.

Referensi. Opini, TKPeh!
Img.google img


Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!

Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!
Copyright © 2016 - 2021 iskrim™
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 35 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Teknologi Lampu Led Pada Kendaraan Segera Usang, Inilah Penggantinya!
28-03-2021 07:41
Jujur saya sangat tidak setuju dengan LED apalagi laser, tidak memenuhi amdal di indo. Tidak semua jalan di indo ini sudah ada penerangan di jalan. Dan resiko dari penggunaan lampu kendaraan yg putih bisa menyebabkan kecelakaan. Lebih bijak memakai lampu kuning yg ramah terhadap mata
Diubah oleh havis10a6
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
profile picture
kaskuser
28-03-2021 08:13
LED sendiri cahayanya bisa aja dibuat jadi warm (kekuningan) jadi kita gak boleh antipati terhadap teknologi... karena LED itu lebih hemat energi....

memang benar banyak lampu LED entry level (murah) atau kelas bawah yang desainnya gak mempertimbangkan keamanan

jadi jangan dipukul rata gak semua LED menyebabkan kecelakaan

lagian itu tadi di video contoh penggunaaanya di jalan gelap tanpa penerangan (atau minim) dan lampunya bia meredup sendiri saat ada kendaraan di depan.. biasakan membaca atau menonton informasi dengan lengkap
2
profile picture
kaskuser
30-03-2021 18:45
Mohon maaf mas, saya pikir di indo belum ada kendaraan yg lampu led otomatis meredup, cmiiw. Dan dalam kasus yg anda bicarakan itu di tol dimana jarak rentang kendaraan yg berlawanan arah cukup jauh dan juga didukung lampu jalan dan kendaraan di depan. Yap anda bisa saja berteori seperti itu, namun di lapangannya padahal tidak demikian. Saya pernah hampir celaka gara-gara LED tersebut dimana jalan tidak terlihat sama sekali kecuali hanya silaunya saja di kondisi jalan yg sepi kadang berlubang dan tanpa penerangan jalan.
0
profile picture
kaskuser
30-03-2021 18:48
Sebenarnya LED tidak salah sepenuhnya, hanya keadaan perkembangan teknologi ini sayangnya tidak dibarengi dengan infrastruktur yg memadai di indo.
1
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia