News
Batal
KATEGORI
link has been copied
255
Lapor Hansip
23-03-2021 21:36

Pakar Sebut Myanmar Menyerap Pelajaran yang Salah dari Indonesia


Pakar Sebut Myanmar Menyerap Pelajaran yang Salah dari Indonesia
Suara.com - Pakar politik menyebut Myanmar menyerap pelajaran yang salah dari proses transisi demokrasi di Indonesia.

Dia juga menyebut barisan jenderal militer di Myanmar terinspirasi oleh kudeta Soeharto dalam menggulingkan musuh politik.

Nehginpao Kipgen, Asisten Profesor dan Direktur Eksekutif Pusat Studi Asia Tenggara, Jindal Global University menyayangkan para jenderal Myanmar karena tak menyerap ilmu itu secara luas.

"Sebelum Myanmar beralih ke pemerintahan semi-sipil pada tahun 2011, pimpinan militer mempelajari secara cermat model transisi demokrasi di Indonesia," tulisnya di situs berita Channel News Asia yang disarikan Senin (22/3/2021).


Kipgen menyebut Indonesia sebagai negara demokrasi modern dengan masyarakat sipil yang berkembang pesat. Selain itu, tingkat kepercayaan publik terhadap militer di Indonesia juga sangat tinggi.

"Angkatan bersenjata yang dihormati dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari publik bahkan dari presidennya sendiri, menjadikannya model yang patut ditiru."
https://media.suara.com/pictures/653...hlaing-afp.jpg
Pakar Sebut Myanmar Menyerap Pelajaran yang Salah dari Indonesia
Jenderal Senior Myanmar Min Aung Hlaing. (AFP)

Pakar politik ini menyebut, Myanmar meninggalkan pelajaran paling berharga dari bab kedua sejarah Indonesia.

"Militer Myanmar mungkin telah terinspirasi oleh bara api rezim Orde Baru di Indonesia, tapi mereka gagal menyerap pelajaran dari transisi demokrasi di Indonesia."

"Pada April 1998, Soeharto menolak tawaran kelompok garis keras militer untuk mengumumkan keadaan darurat, dan memilih mengalihkan kekuasaan di bawah kerangka konstitusional rezim Orde Baru kepada wakil presiden BJ Habibie."


Ia juga menjelaskan, setelah pemimpin politik sipil mengambil alih, peran keterlibatan militer dalam politik sengaja dikurangi secara bertahap.

Hal ini menjadi sorotan Kipgen, karena militer Myanmar telah menunjukkan niat untuk melakukan transfer kekuasaan kepada kelompok sipil tapi berhenti secara konsisten.

"Militer membuat undang-undang pemilu yang melarang siapa pun yang dihukum untuk bergabung dengan partai politik, yang mengharuskan Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) mengusir pemimpinnya Aung San Suu Kyi untuk berpartisipasi, yang memaksa partai tersebut dan sekutunya untuk memboikot pemilu 2010."

https://www.suara.com/news/2021/03/2...dari-indonesia

Faktor kultur juga beran. Kultur orang Jawa "lengser ke prambon" mulai dipikirkan oleh Suharto dan bawahannya di periode akhirnya sedangkan orang Burma mungkin tidak ada konsep ini.
Plus juga Wiranto dan SBY nggak ambil jalan yang diberi Suharto (Suharto sebenarnya pengen Habibie juga turun )
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 42 lainnya memberi reputasi
41
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pakar Sebut Myanmar Menyerap Pelajaran yang Salah dari Indonesia
23-03-2021 21:50
kenapa ga ikut gaya china saja?

india sedang menuju gaya china, tinggal menunggu indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mahatma04 dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
profile picture
kaskus addict
23-03-2021 21:55
Kata Rhoma irama "baik utk bangsa lain belum tentu Indonesia.. "
3
profile picture
kaskus maniac
23-03-2021 21:55


Gaya china yg kaya gimana tuh
1
profile picture
kaskus addict
23-03-2021 22:39
presiden seumur hidup?
1
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 04:59
Sistem partai tunggal?
1
profile picture
kaskuser
24-03-2021 06:38
"kaisar" Xie?
1
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 07:30
China perlu ditiru yg bagus2nya. Buktinya maju.
1
profile picture
kaskuser
24-03-2021 08:39
yang baik boleh lah ditiru... yang jelek baru dibuang.. jangan karna ga suka dengan cina, bule, arab.. semua yang berhubungan ama mereka mau baik atau buruk di anggap negatip..
jamin lah indonesia bakal lebih maju.














emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
7
profile picture
24-03-2021 09:44
otoriter lah yaa, 😂 lanjutkan 3 periode
1
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 10:50
@yoxchuy film qin dynasty, bagus banget tuh
2
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 11:10
gaya China yang kayak gimana gan?
0
profile picture
kaskus holic
24-03-2021 11:24
@juhii99 mgkn d*ggy style gan
emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskuser
24-03-2021 11:26
Niru china? Lu balik gih ke sono, gw mah ogah, orang china aja lebih milih kaya ni negeri orang dr pd di kampung halaman🤣🤣🤣, orang china mana bisa buat rumah kek di pik, cuih
2
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 12:28
gaya apa? otoriter, diktator??
atau membuat sistem penilaian untuk semua warga??

kalo cina sana begitu bagus, gak mungkin org2nya pada migrasi keluar negri.
2
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 12:31
Yang migrasi ke luar negri itu rata2 pas jaman perang dijajah jepang sama jaman mao zedong masih pada melarat.
Setelah maju kyk sekarang gw rasa ga banyak yg pindah keluar negri, malah banyak yg mau balik.
0
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 13:08
@vangoz banyak yg mau balikkk???
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
profile picture
aktivis kaskus
24-03-2021 13:45
Kalau mau balik semua malah senang kita.wkkkkjkj
2
profile picture
kaskus maniac
24-03-2021 13:53
@vangoz

sampe sekarang masih banyak orang menglend yang jadi imigran gelap di Amerika & Eropa. Orang Hongkong aja lebih milih jadi WN Inggris daripada menglend.

Konglomerat di menglend kalo bukan anggota partai siap-siap di Jack ma-kan

emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Ngakak (S)
5
profile picture
kaskus addict
24-03-2021 14:26
@vangoz buta apa gak tau????
Kalau punya temen yang punya keluarga besar disana atau sering berkunjung tanya aja kayak gimana. Enak mana wkkwkwwkwk
emoticon-Ngakak
Kalau lawak bilang dulu bro
3
profile picture
kaskuser
24-03-2021 14:30
Setau ane juga chinese yg lama di indo ogah balik ke menglen kecuali saat imlek atau karena corona kemarin ini (tapi kalo udah kondusif mereka juga bakal balik kemari), ini yang ane omongin asli menglen
2
profile picture
kaskus addict
24-03-2021 18:09
@yoxchuy kalo kata temen ane yg org Sono.. enakan disini bebas.. disana bagaikan burung hidup dlm sangkar emas.. fasilitas bagus tapi ga bisa yutuban, Googling dll
2
Memuat data ...
1 - 20 dari 29 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia