Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
178
Lapor Hansip
22-03-2021 08:17

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
sumber
Salah satu jabatan atau pekerjaan yang banyak diincar oleh warga Indonesia adalah PNS alias Pegawai Negeri Sipil. Bahkan banyak orang yang rela melakukan beragam cara agar bisa mendapat predikat PNS. Jaminan gaji seumur hidup, siapa yang tidak tergiur. Bukan hanya pegawainya saja yang bangga akan jabatannya, tapi pendamping hidup yang akan mengarungi bahtera rumah tangga bersamanya pun pasti merasakan hal yang sama.

Setiap pasangan pastinya ingin rumah tangganya baik-baik saja hingga akhir hayat, tapi rencana tak semulus realita, ada saja cobaan dan godaan yang menerpa biduk rumah tangga. Hal ini juga telah diatur oleh pemerintah, loh, GanSist. Pemerintah sudah menetapkan regulasi bahwa mantan istri bisa menuntut setengah dari gaji suaminya.
Quote:Aturan tuntutan hak setengah gaji suami berstatus PNS itu diatur dalam PP Nomor 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkimpoian dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil.  Regulasi ini kemudian mengalami perbaruan setelah keluarnya PP Nomor 45 Tahun 1990. Dalam pasal 8 ayat (1) PP 10/1983 menyatakan "Apabila perceraian terjadi atas kehendak Pegawai Negeri Sipil pria maka ia wajib menyerahkan sebagian gajinya untuk penghidupan bekas isteri dan anak-anaknya”. 

Lebih lanjut, pasal tersebut mengatur prosedur cerai suami istri PNS. Dalam pasal 8 ayat 5 berbunyi, “Apabila perceraian terjadi atas kehendak isteri, maka ia tidak berhak atas bagian penghasilan dari bekas suaminya”

Meskipun mantan istri juga berstatus PNS, tuntutan setengah gaji suami bisa dilakukan, ya, GanSist. Semua ada prosedurnya, ketentuan ini tidak berlaku jika yang istri yang melakukan zina, melakukan KDRT terhadap suami, dan istri meninggalkan suami selama dua tahun berturut-turut.

Hak mendapatkan setengah gaji ini berlaku jika pasangan yang bercerai belum mendapatkan keturunan, ya, GanSist. Jika memiliki anak, maka gaji dibagi tiga, sepertiga buat anak, sepertiga buat istri, dan sepertiga buat suami. Ini berlaku jika yang mengajukan cerai dari pihak suami. Hak ini juga akan hilang jika di kemudian hari, sang istri menikah lagi.

Jadi gak ada istilah enak dong bagi wanita yang bersuamikan PNS, bisa kimpoi cerai, lalu nikah lagi dengan PNS lain, cerai lagi, gitu aja terus. Ya, nggak bisa juga, GanSist, semua udah ada aturannya, kalo si istri yang menggugat cerai aturan tersebut tidak berlaku. Begitu pun jika jika perceraian didasari kesalahan pada sang istri, istri tidak bisa menuntut apa-apa.
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
sumber
Terkadang seorang wanita harus bertahan di tengah kerapuhan dan rasa sakit pernikahannya dengan alasan ekonomi. Klasik memang, apalagi juga sudah memiliki keturunan, kebahagiaan sang wanita mau gak mau digadai untuk masa depan anak-anak, tanpa memikirkan diri sendiri.

Entah kenapa kebanyakan cobaan pernikahan jika karir sang suami mapan dan dompet tebal adalah kehadiran orang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya. Alih-alih hanya fokus membahagiakan anak istri, malah semakin sulit untuk menahan nafsu syahwat. Teruntuk para wanita di luaran sana yang sedang berjuang untuk lepas dari toxic marriage, semangat, ane hanya bisa mendoakan yang terbaik buat kalian.

Referensi

Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 33 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Aturan Cerai PNS, Separuh Gaji Suami Menjadi Hak Mantan Istri!
22-03-2021 08:28
Tinggal biarkan aja smpai sang istri yang gugat cerai.. dripada gaji hilang separuh.. peace.. hehehe..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
profile picture
KASKUS Plus
22-03-2021 09:42
Jebak lakinya biar mau ngajuin cerai🙈
0
profile picture
kaskus maniac
22-03-2021 14:05
biasanya pake ancaman sih biar si laki talak cerai ngurusin ke pengadilan wkwkwkwk
1
profile picture
22-03-2021 16:44
lakinya ga perlu susah.. tinggal bilang aja sma istri tua "ma.. maaf.. saya sudah nikah.. kalau kamu ga suka.. silahkan nuntut cerai.." hahaha..
6
profile picture
kaskus holic
23-03-2021 07:30
@rudiharahap kampretttt ini jawaban dari semua nya,,, double kill, cerdasss, emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus addict
23-03-2021 07:38
@rudiharahap suhuuu.. emoticon-Matabelo emoticon-Nyepi

ayo buka jasa konseling buat para laki buaya hu emoticon-Recommended Seller
0
profile picture
KASKUS Plus
23-03-2021 07:55
Kasihan juga jadi PNS
0
profile picture
kaskus addict
23-03-2021 07:57
@rudiharahap Istrinya ngebales "saya gak mau minta cerai,silahkan nikah,atasanmu teman bapakku,ceraikan saya dulu,atau dipecat dengan tidak hormat" emoticon-Hammer2
0
profile picture
KASKUS Plus
23-03-2021 08:40
@rudiharahap @diashdp mending siri lah kalau gitu,wkwkwk
0
profile picture
kaskuser
23-03-2021 10:40
@rudiharahap nikah lagi, tanpa ijin istri, auto pecat atau dimutasikan di pucuk jurang.
0
profile picture
KASKUS Plus
23-03-2021 11:11
@rudiharahap @aljohani bunuh aja sekalian istrinya,wkwk beban
0
profile picture
aktivis kaskus
23-03-2021 12:17
Setau gue sih PNS kalo sampe ketauan selingkuh dan pasangannya lapor malah bisa kena sanksi dipecat...

@bayuep Bunuh apa lagi. Udh dipecat, masuk penjara (pembunuhan berencana sanksi maximal seumur hidup/hukuman mati), kalopun akhirnya bebas juga mau kerja apa dgn catatan kriminal macam gitu?
0
profile picture
kaskus addict
23-03-2021 15:06
@rudiharahap @bayuep mending jauhin jadi PNS deh kalo mau poligami/nikah siri,
0
Memuat data ...
1 - 12 dari 12 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia