Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
Lapor Hansip
14-03-2021 16:05

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Halo Agan dan Sista! Selamat pagi, siang dan sore bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas 7 ciri khas bus-bus Sumatera nih.

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Bagi seorang busmania, bus-bus Sumatera seperti Medan Jaya, ALS, ANS, NPM, dan lain-lain mungkin sudah tak asing. Sebagian bus Sumatera ini memiliki ciri khas Gansis.

1. Sering Kotor Dan Berdebu


Pernah gak Gansis ke Sumatera, lalu melihat bus yang kotor bagian eksteriornya? Wah, kalo ane sih sebagai orang yang tinggal di Sumatera, jika ane main ke jalan lintas utama, ane sering melihatnya Gansis.

Bus-bus Sumatera kotor karena trayeknya yang ditempuh itu berjarak sangat jauh, rute Medan-Jakarta contohnya, jarak yang ditempuh sudah lebih dari 2.000km Gansis.

Juga, Jalan Lintas Sumatera itu masih banyak yang berdebu Gansis. Jadi, bus-bus akan mudah sekali berdebu tebal, terutama di bagian belakang bus yang memang sangat berpotensi kotor.

2. Memakai Tameng Di Kaca Depan

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Kalo Gansis menaiki bus seperti Medan Jaya, Sempati Star, dan lain-lain, Gansis pasti akan menemukan bahwa bus tersebut memakai tameng di kaca depan, yang mungkin terkadang mengganggu pandangan kedepan.

Tentu, tameng di kaca depan dipasang bukan tanpa alasan Gansis. Tameng ini dipasang sebab sering sekali terjadi pelemparan batu di jalur-jalur Lintas Sumatera Gansis.

Tameng hanya dipasang di kaca depan karena kaca depan merupakan bagian yang paling vital Gansis. Jadi, jika ada orang melempar batu ke kaca depan bus yang memakai tameng, bus tersebut akan aman dan batu tak akan masuk ke dalam kabin bus.

3. Sering Membawa Paket Yang Sangat Banyak

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Bus-bus Sumatera terkenal dengan paketnya Gansis. Apalagi di masa-masa pandemi begini. Dari paket-paket inilah bus-bus Sumatera bertahan, sebab sewa atau penumpang makin berkurang.

Paket-paket ini sering diletakkan baik di bagasi, kabin maupun di atap. Sehingga, julukan "Si Raja Paket" muncul bagi bus-bus Sumatera.

4. Crew 4 Orang Atau Lebih


Di bus-bus Sumatera, rata-rata satu bus terdiri dari 4 crew atau lebih Gansis. Terdiri dari driver 1 alias Cincu, driver 2, kernet 1 dan 2. Bahkan, beberapa PO juga menyediakan 5 crew untuk 1 bus, terdiri dari driver 1 dan 2, kernet 1 dan 2, dan seorang mekanik.

Crew dalam 1 bus cukup banyak karena perjalanan yang ditempuh bus-bus Sumatera ini jauh Gansis. Jadi, menyetir harus bergantian setiap beberapa jam, dan kernet juga harus bergantian tiap beberapa jam.

5. Menggunakan Sasis Mercedes-Benz


Bus-bus Sumatera kebanyakan menggunakan sasis Mercedes-Benz Gansis. Sebab, sasis Mercedes-Benz memang sudah teruji ketangguhannya di trayek Sumatera yang memang cukup ekstrim, walau sekarang mulai banyak yang menggunakan sasis Scania, Volvo, dan lain-lain.

PO-PO di Sumatera masih banyak yang mempertahankan sasis jadul dari Mercedes-Benz untuk trayek dengan jarak yang cukup jauh. Bahkan, PO ALS masih mengoperasikan sasis OH 1521 untuk trayek Medan-Jember.

PO Barumun yang berasal dari Sumatera Utara juga masih menggunakan sasis OH 1113 "Prima", yang dirombak dan dipotong sasisnya menjadi sasis spaceframe Gansis.

6. Mulai Ekonomi Non AC Sampai Eksekutif, Semua Menggunakan Kursi 2-2

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Oleh karena trayeknya yang mayoritas jauh, tentu sebuah bus memerlukan kenyamanan ekstra. Sehingga, di bus-bus Sumatera, mulai kelas Ekonomi Non AC sampai kelas eksekutif semua menggunakan kursi 2-2.

Yang membedakan sih hanya fasilitas dan jarak antar kursi, seperti legrest, AC, TV, coolbox, dan fasilitas lainnya Gansis.

7. Trayek Yang Sangat Jauh Dan Ekstrim


Kita semua tahu, pulau Sumatera itu sangat luas. Jadi, kebanyakan trayek bus-bus Sumatera merupakan trayek yang sangat jauh Gansis. Perjalanan yang ditempuh juga bisa mencapai 1 minggu Gansis.

Ditambah lagi, jalan Lintas Sumatera itu cukup ekstrim Gansis. Sebut saja Sitinjau Lauik, Bukit Duo Baleh, Batu Jomba, dan lainnya. Serta, masih banyak jalur Lintas Sumatera yang rusak parah.

7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim

Jadi, gimana pendapat Gansis seputar 7 ciri khas bus Sumatera ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih jika Gansis membetulkan informasi di thread ini yang salah!

Sumber:1,2
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Original Written By:@ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

Diubah oleh ulungrinjani
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sutangragas dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
7 Ciri Khas Bus-Bus Sumatera, Mulai Debu Sampai Jalur Ekstrim
18-03-2021 19:14
Sesekalinya naik ALS pas ke Medan dari Jakarta, habis itu kapok gak mau ngebis lagi 不 4 hari 3 malam bosque 不 pinggang rasanya luluh lantak 不
0 0
0
profile picture
kaskus maniac
18-03-2021 19:15
kalo gitu wajib cobain sempati star yg double decker

ada kelas sleepernya tapi cuma kasur biasa di dek bawah
1
profile picture
kaskuser
19-03-2021 07:40
@ulungrinjani Makasih Gan sarannya, tapi kayaknya nanti2 dl deh enakan motoran sekarang tuh kl riding jauh2.
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 10:03
waduhh gimana tuh capeknya 4 hari 3 malam di dalem bis, ane yang seharian di bis aja rasanya udah capek banget wkwkk
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 10:37
@scoria07 pasti capek bener dahemoticon-Ngakak (S)

paling enak bawa elf long, trip sama keluarga besar ke medan. biaya lebih rendah dari bawa A*anza ke medanemoticon-Ngakak (S)
0
Memuat data ...
1 - 4 dari 4 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Lika-Liku Bus Kota dan AKAP di Indonesia
lika-liku-bus-kota-dan-akap-di-indonesia
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia