News
Batal
KATEGORI
link has been copied
132
Lapor Hansip
16-03-2021 18:31

Chess.com Tegaskan Dewa Kipas Berbuat Curang

Quote:

Jakarta-

Polemik Dadang Subur alias Dewa Kipas semakin ramai diperbincangkan oleh warganet. Bahkan dirinya sempat diundang ke acara podcast di Channel Youtube Deddy Corbuzier.

Hal ini terkait kejadian Dadang Subur sebagai pemilik akun Dewa Kipas di situs catur daring Chess.com, telah mendapatkan hukuman banned setelah ia mengalahkan Master Catur Internasional, Levy Rozman alias GothamChess. Pemblokiran yang diterima Dewa Kipas terindikasi adanya kecurangan yang melanggar aturan fair play di situs Chess.com.

Namun banyak pihak mengira pemblokiran tersebut atas dasar laporan dari penggemar GothamChess yang tidak terima idolanya dikalahkan, dan menganggap Dewa Kipas melakukan kecurangan.

Melalui akun Twitter resmi Chess.com, mereka memberikan penjelasan terkait pemblokiran yang terjadi bukan atas dorongan dari laporan penggemar atau GothamChess. Hal ini dilakukannya berdasarkan data yang sudah di ulas oleh tim Fair Play.

Tim Fair Play ini terdiri dari tujuh orang, tidak bergerak seperti moderator namun sebagai ilmuwan data. Ketika Chess.com mendengar mengenai dugaan tindak kecurangan dan pelaporan pemain, peringatan dari algoritma yang digunakan tim Fair Play untuk membantu membuat keputusan pelarangan. Secara internal, mereka disebut 'detektif cheat', dan mereka sudah menutup ribuan akun Chess.com selama ini.
Baca juga:
Reaksi Netizen Indonesia Pada Surat Terbuka Soal Dewa Kipas

Menurut Danny Rensch, Chief Operating Officer (COO) Chess.com, sekaligus Master Catur Internasional, bahwa kasus Dewa Kipas merupakan mutlak sebuah kecurangan.

"Kasus Dewa Kipas adalah mutlak sebuah kecurangan," ujarnya seperti dilansir detikINET dari Wired.com, Selasa (16/3/2021).

Lebih dari lusinan laganya ditetapkan oleh Chess.com sebagai permainan yang dihasilkan sebuah mesin catur pada tingkat yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Bahkan akurasinya lebih tinggi daripada pemain catur peringkat atas Indonesia, Grandmaster Susanto Megaranto dengan 94,4 hingga 95,3 persen.

Rensch juga selalu mengingatkan pemain top bahwa mereka adalah manusia yang memiliki emosional dan seorang pesaing. Hal paling netral di sini yakni algoritma. Walaupun tidak sempurna, namun sistem tersebut mengurangi kecurangan pada setiap laga.

"Dalam memutuskan sesuatu, kami bertindak tanpa emosi dan tujuan untuk melindungi integritas permainan," kata Rensch.

Ali Akbar dan Dadang Subur mengatakan mereka mempersilahkan Master Catur Indonesia untuk datang ke rumahnya. Sehingga Dadang Subur dapat bermain dengan mereka dan ditayangkan secara langsung di depan kamera untuk pemirsa berita nasional. Subur pun merasa yakin kalau dirinya akan menang.
Baca juga:
Anomali Permainan Dewa Kipas di Chess.com dan Algoritma Kecurangan

Sebelumnya dalam diskusi virtual yang diadakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) pada Jumat (12/3), telah dibahas anomali pada permainan Dewa Kipas. Pengamat catur dan pakar IT, Heri Darmanto mengatakan ada perubahan grafik permainan Dewa Kipas yang tadinya normal naik turun, menjadi selalu berada di puncak sejak 22 Februari sampai akhirnya di-banned. Akurasi Dewa Kipas sejak 22 Februari selalu di atas 90%, yang dinilai para member Chess.com sebagai indikasi kecurangan.

Ketika dikonfirmasi detikINET, Ali Akbar sebagai putra Dewa Kipas yang nama aslinya Dadang Subur, membantah ayahnya berbuat curang. Ayahnya adalah pemain catur sejak muda.




sumur

ngecheat gan. menurut percasi juga katanya sih nggak wajar emoticon-Army (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Chess.com Tegaskan Dewa Kipas Berbuat Curang
16-03-2021 19:48
Entah kenapa Ane nggak pernah percaya 100 persen ama yg namanya program2 komputer. Karena pasti suatu saat ketemu celah nya, kerusakan atau ketidakakuratan.

Sementara manusia bukan mesin, sangat random kadang bisa sangat berhasil kadang ancur lebur yg kemudian disebut faktor keberuntungan.

Kayak zaman Ane lulus SMA dulu, anak terpandai di sekolah justru tidak lolos ujian masuk PTN, sementara anak2 bodoh kayak Ane yg nggak pernah dianggap guru2 justru lolos tes masuk PTN ternama lagi.

Itu kalo dihitung pakai algoritma chess.com pasti dianggap anomali dan curang lalu dibatalkan kepesertaan tes nya. Untunglah dulu yg jagain tes manusia bukan algoritma.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tudeajustop dan 3 lainnya memberi reputasi
0 4
-4
profile picture
kaskus holic
16-03-2021 19:58
Kalo menurut algoritma chess ya lu tu masuk manusia. Keberuntungan itu manusiawi, kadang down kadang up. Kalo di chess namanya akurasi. Manusia normal akurasinya/keberuntungannya naik turun. Lha si dewa kipas sejak 22 februari itu beruntung terus, makanya masuk kategori inhuman
1
profile picture
kaskus maniac
16-03-2021 20:00
Anomali terjadi sekali.
Lha Dadang ini ibarat semua langkahnya anomali.
Alias kebetulannya beruntun dan berkali2.
2
profile picture
kaskus geek
16-03-2021 20:09
Berarti yg temen Ane sebelum gagal tes masuk PTN bukan manusia dong Gan. Dia mencatat nilai sempurna dari kelas1-3. Dan kesel banget kalo denger guru2 ceritain kepintarannya di depan kelas setelah sebelumnya nyindir murid2 yg nilai ulangan nya jelek (termasuk Ane).
0
profile picture
kaskus holic
16-03-2021 20:12
@larapeequer ya jelas dong, mana ada orang akurasi tinggi mulu. Pasti ada faktor x yg gk lu tahu dari temen lu itu. Bisa jadi temen lu ikut "les", faktor ortu, penampilan menarik, dll.

Indonesia ini dah terkenal dengan sistem "cheating"nya.

Cobak liat einstein, nikola tesla, sama orang2 jenius lain yg ditolak sekolah. Ya begitu itu manusia. Kt gk tau
0
profile picture
kaskus geek
16-03-2021 20:16
@fat279 berarti beneran Gan, dia Itu bukan manusia?

Temen 2 Ane yg ikut les juga tetep setia menemani nilai2 ku yg ala kadarnya. Ane nggak pernah cheating Gan, sejelek2nya nilai ujian Ane nggak pernah tertarik buat cheating.

Maklum Ane yg terlalu peduli ama nilai yg penting lulus.
0
profile picture
kaskus holic
16-03-2021 20:18
@larapeequer Ya masuk kategori dewa kipas
0
profile picture
kaskus geek
16-03-2021 20:21
@fat279 gila ternyata dia robot. Dari kelas 1-3 juara kelas malah terbaik se sekolah.

Bukan manusia...
0
profile picture
kaskus holic
16-03-2021 20:26
@larapeequer Lha buktinya tes gk masuk, selama 3th kok bisa juara mulu? Padahal tes gk sesusah itu. Itu sudah masuk kategori dewa kipas. Standar sekolahnya gk sesuai dengan standar tes negara
0
profile picture
kaskuser
16-03-2021 22:36
@larapeequer atuh beda kasus dong bambang. org indo memang e bodoh2. pantesan gampang dikibulin pak dadang
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2021 23:28
@larapeequer Kalau dalam catur,mungkin teman mas itu banyak melakukan Blunder keaalahan ketika ujian..mungkin karena terlalu percaya diri.. biasanya yang kerjakan soal ilmu sosial..gak serius di baca langsung pilih jawaban..atau mungkin pilih jurusannya yang level tinggi misal teknik mesin yang peserta nya pintar2 semua juga ribuan hanya lolos beberapa puluh orang...aku sdh lihat mainnya dewa kipas.. seperti jomplang begitu pas main lawan Gotham itu sdh kayak level gm dunia, sementara pertandingan 2 sebelumnya ya biasa bahkan ada yg tak.minhkn di lakukan pecatur profesional tingkat kesalahannya..apa mungkin karena pakai hp kecil jadi kurang jelas mata pak dewa kipas...progam catur komputer kayak stockfish itu setiap langkah ada beberapa alternatif tinggal pilih...ini catur cepat mas bukan catur biasa..
0
profile picture
kaskus addict
16-03-2021 23:48
gini ya mas, kalau tes ujian itu cuma ada 2 kemungkinan benar dan salah.
catur beda dengan ujian
langkah ada jutaan kemungkinan, setiap langkah mempunyai nilai akurasi.
langkah terbaik nilain akurasinya 100%.
nah dewa kipas ni tiap langkah akurasinya selalu diatas 90%, kalo menurut logika itu sudah bukan manusia kagi, kalo manusia sudah masuk lv dunia dia.
orang yang sudah farmiliar dg catur pasti faham.
lagian percasi dan gm irene kharisma suda bilang kemungkinan besar beliau curang.
0
profile picture
kaskus maniac
17-03-2021 07:38
ilmu statistika itu sudah proven

math proof itu tidak terbantahkan sampai kapanpun.

0
profile picture
kaskus maniac
17-03-2021 07:48
lu sekolah dimana dulu, kalau sekolah top tingkat nasional baru bisa heran kalau temen lu gagal. meski tetap ada peluangnya.

anak paling pinter di sekolah biasa-biasa itu bisa jadi paling bodoh di sekolah top.

lagipula sekarang tes-tes begituan ada tes TPA nya, yang sebenernya hanya nama lain dari tes IQ. berlatih sekeras apapun, skor IQ kita akan mentok di skor tertentu karena IQ itu genetik. nilai di kelas bisa ditingkatkan dengan berlatih sekeras-kerasnya, tapi tidak dengan tes IQ.

dan penilaian di kelas itu nilai ujian hanya salah satu poin penilaian. nilai akhir juga diperhitungkan berdasarkan kedisiplinan, perilaku, etos kerja, dll.

0
profile picture
kaskus maniac
17-03-2021 07:53
@larapeequer Bgsd lu njir emoticon-Ngakak, dikira yg daftar Ujian PTN temen lu doang apa, lagian tiap jurusan ada passing gradenya, kalo temen lu pilih jurusan yg susah masuknya dan saingannya at least sepintar dia ya wajar ga ketrima. Faktor luck juga ngaruh dan ini udah ane buktiin, dulu ane ikut SBMPTN ane jurusan IPA di SMA ngambil jurusan IPS dikuliah, ga pake belajar model orang lain tpi SKS (kebut semalam), pas tes ketiduran lagi pas sisa waktu masih 1 jam bangun2 udah sepi dan endingnya ane lolos SBMPTN emoticon-Ngakak. Ini real mungkin yg pernah tes bareng ma ane di UB tau lah
1
profile picture
kaskus geek
17-03-2021 08:22
@kampret.strez statistika tetap mengenal error Gan. Nggak selalu benar 100 %.

Masih memberi peluang terjadi nya kesalahan.
0
profile picture
kaskus geek
17-03-2021 08:24
Analogi tulul macem apa ini seleksi PTN d bandingin sama catur online.
emoticon-Ngakak
Pahami dlu maksud algorithm dalam catur itu gimana, berfungsi untuk liat pattern statistic yang mana yg "weird" yang mana yang masih "manusiawi", kalo bener si eyang subur bisa konsisten macem superkomputer ya masa lawan megaranto gamau
0
profile picture
kaskus geek
17-03-2021 08:25
@masfuad2015 Ane ma gank Ane masuk PTN jurusan IPA semua Gan, padahal di sekolah ancur2an.

Kan bener ada faktor keberuntungan, bisa jadikan itu kejadian ama si Kipas.
0
profile picture
kaskus geek
17-03-2021 08:31
@elefana tapi nggak mengurangi fakta bahwa manusia itu bisa bersifat random dan bisa belajar.
Artificiale intelligent aja sebenarnya meniru kemampuan manusia untuk belajar dan meningkatkan skill.
0
profile picture
kaskus geek
17-03-2021 08:44
@larapeequer random?? Random drmananya kalo konsisten best move dalam waktu yg stabil?? Yang bahkan master catur pun gak seperti itu
Bisa belajar? Ya emang
Tapi Semua ada wajar dan tidak wajar, statistic itu proven...sedangkan asumsi, hipotesis perlu diuji kebenarannya

Skrng si eyang subur di tantang sbg sarat untuk menguji hipotesis kalo dia jago.... gamau trs gimana? Ttp percaya Subur is giant killing, one of a kind?? Ya terserah..artinya kapasitas ente sgono doang

emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus holic
17-03-2021 09:05
@masfuad2015 @larapeequer kalau beruntung gk mungkin sejak 22 feb akurasi langkahnya diatas 98%. Artinya itu perfect terus tidak banyak dinamika. Artinya dia sudah pakek faktor.x alias ngecheat
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 27 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia