News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
14-03-2021 14:36

Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!

Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga bitcoin terus mencetak rekor. Kini, sekeping bitcoin bisa membuat seseorang menjadi kaya mendadak.

Pada Minggu (14/3/2021) pukul 11:55 WIB, BTC 1 dibanderol US$ 61.142,45. Mengaku ke kurs tengah Bank Indonesia pada 12 Maret 2021 di mana US$ 1 setara dengan Rp 14.317, maka sebiji bitcoin punya harga Rp 878.678.148,95. Luar biasa...

Uang nyaris Rp 900 juta bukan jumlah yang sedikit. Jauh di atas Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia yang pada 2020 sebesar Rp 56,9 juta. Oleh karena itu, uang dari sekeping bitcoin bisa dipakai untuk membeli barang-barang mewah, yang bagi mayoritas rakyat Indonesia hanya bisa diimpikan tanpa pernah bisa diwujudkan.
Misalnya, buat yang hobi koleksi jam tangan, uang ini lebih dari cukup untuk membeli sebuah Rolex Submariner. Salah satu holy grail bagi mereka yang menjatuhkan hobi ke horologi.
Harga sebiji Rolex Submariner adalah sekira US$ 10.000. Jadi sekeping bitcoin bisa ditukar jadi delapan Subby. Tinggal pilih varian saja, mau dial warna apa, dengan atau tanpa fitur hari/tanggal, dan sebagainya. Hidup yang sangat menyenangkan...
Atau kalau mau yang lebih mahal lagi, bisa pilih Rolex Sky Dweller dengan emas 18 karat. Jam tangan yang ditujukan bagi para travel-addict ini harganya sekitar US$ 60.000. Kalau punya sekeping bitcoin, masih ketaker lah...

Atau buat yang hobi otomotif (mahal juga hobi Anda ya), uang US$ 60.000 bisa untuk membeli Chevrolet Camaro. Mobil ini kalau di film Transformers bisa berubah jadi Bubblebee. Namun di kehidupan nyata, mobilnya saja sudah sangat keren kok.
Atau buat rakyat biasa yang tidak punya hobi macam-macam, uang lebih dari Rp 800 juta sudah bisa melunasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan begitu, kita tidak usah pusing setiap bulan kerja keras bagai kuda tetapi gaji hilang tanpa bersisa. Kalau KPR selesai, tenang rasanya hidup ini, tidak lagi dikejar-kejar setan.

Hati-hati Spekulasi!

Akan tetapi, cerita bitcoin tidak selamanya indah. Ingat, bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya yang pergerakannya ditentukan berbagai faktor seperti inflasi, transaksi berjalan (current account), sampai kondisi sosial-politik-ekonomi suatu negara. 

Bitcoin juga tidak punya regulator alias wasit. Mata uang biasanya diatur oleh bank sentral sebuah negara, di Indonesia namanya Bank Indonesia (BI). Pasal 7 ayat (1) UU BI dengan tegas menyebutkan bahwa mandat BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
Tanpa fundamental dan wasit, gerak bitcoin menjadi liar. Tahun ini, harga bitcoin sudah naik 110,58%. Sepanjang 2020, harga bitcoin meroket 304,98%.
Namun ada masanya bitcoin jatuh. Pada 2018, bitcoin ambruk 71,77%. Harga aset ini sangat fluktuatif, kalau naik ya tinggi sekali tetapi kalau turun ya sangat dalam. Tidak ada tengah-tengah.
Oleh karena itu, berinvestasi di bitcoin harus dengan pertimbangan matang. Iming-iming cuan memang luar biasa, tetapi kalau boncos akan sangat berbahaya. 


https://www.cnbcindonesia.com/market...-enyah-kau-kpr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 28 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!
14-03-2021 18:01
Wtf, barang tak kasat mata harganya ngalahin 1 gram emas emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerrystreamer1 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
profile picture
kaskus holic
14-03-2021 18:20
Karena tiap koin crypto mencerminkan fundamental dan proyek bisnis suatu startup yang menerbitkan koin itu.

Sama kayak saham, cuma cryptocurrency lebih murah, mudah, cepat, di era digital.

Nah BTC bisa sedemikian mahal karena merupakan generasi pertama Induk dari segala koin yang ada. Dari BTC lahir banyak koin-koin yang mencerminkan banyak startup lahir. BTC bisa disebut Eyangnya koin. Nah ibunya koin saat ini adalah Ethereum. Ethereum banyak melahirkan koin-koin digital baru simbol proyek-proyek bisnis yang sangat prospek.

Sekarang ini sudah masuk generasi ketiga dan siap menyambut generasi ke empat.

btw, Bentar lagi bakal heboh tokocrypto yang mana UKM-UKM bisa join dengan menerbitkan koin mereka sendiri. Jadi crowdfund bagi usaha kecil menengah makin mudah jaman now.

Bakal diperdagangkan koin-koin receh yang mencerminkan fundamental dan proyek bisnis UKM.
5
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia