News
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
Lapor Hansip
14-03-2021 14:36

Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!

Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga bitcoin terus mencetak rekor. Kini, sekeping bitcoin bisa membuat seseorang menjadi kaya mendadak.

Pada Minggu (14/3/2021) pukul 11:55 WIB, BTC 1 dibanderol US$ 61.142,45. Mengaku ke kurs tengah Bank Indonesia pada 12 Maret 2021 di mana US$ 1 setara dengan Rp 14.317, maka sebiji bitcoin punya harga Rp 878.678.148,95. Luar biasa...

Uang nyaris Rp 900 juta bukan jumlah yang sedikit. Jauh di atas Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia yang pada 2020 sebesar Rp 56,9 juta. Oleh karena itu, uang dari sekeping bitcoin bisa dipakai untuk membeli barang-barang mewah, yang bagi mayoritas rakyat Indonesia hanya bisa diimpikan tanpa pernah bisa diwujudkan.
Misalnya, buat yang hobi koleksi jam tangan, uang ini lebih dari cukup untuk membeli sebuah Rolex Submariner. Salah satu holy grail bagi mereka yang menjatuhkan hobi ke horologi.
Harga sebiji Rolex Submariner adalah sekira US$ 10.000. Jadi sekeping bitcoin bisa ditukar jadi delapan Subby. Tinggal pilih varian saja, mau dial warna apa, dengan atau tanpa fitur hari/tanggal, dan sebagainya. Hidup yang sangat menyenangkan...
Atau kalau mau yang lebih mahal lagi, bisa pilih Rolex Sky Dweller dengan emas 18 karat. Jam tangan yang ditujukan bagi para travel-addict ini harganya sekitar US$ 60.000. Kalau punya sekeping bitcoin, masih ketaker lah...

Atau buat yang hobi otomotif (mahal juga hobi Anda ya), uang US$ 60.000 bisa untuk membeli Chevrolet Camaro. Mobil ini kalau di film Transformers bisa berubah jadi Bubblebee. Namun di kehidupan nyata, mobilnya saja sudah sangat keren kok.
Atau buat rakyat biasa yang tidak punya hobi macam-macam, uang lebih dari Rp 800 juta sudah bisa melunasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan begitu, kita tidak usah pusing setiap bulan kerja keras bagai kuda tetapi gaji hilang tanpa bersisa. Kalau KPR selesai, tenang rasanya hidup ini, tidak lagi dikejar-kejar setan.

Hati-hati Spekulasi!

Akan tetapi, cerita bitcoin tidak selamanya indah. Ingat, bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya yang pergerakannya ditentukan berbagai faktor seperti inflasi, transaksi berjalan (current account), sampai kondisi sosial-politik-ekonomi suatu negara. 

Bitcoin juga tidak punya regulator alias wasit. Mata uang biasanya diatur oleh bank sentral sebuah negara, di Indonesia namanya Bank Indonesia (BI). Pasal 7 ayat (1) UU BI dengan tegas menyebutkan bahwa mandat BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah.
Tanpa fundamental dan wasit, gerak bitcoin menjadi liar. Tahun ini, harga bitcoin sudah naik 110,58%. Sepanjang 2020, harga bitcoin meroket 304,98%.
Namun ada masanya bitcoin jatuh. Pada 2018, bitcoin ambruk 71,77%. Harga aset ini sangat fluktuatif, kalau naik ya tinggi sekali tetapi kalau turun ya sangat dalam. Tidak ada tengah-tengah.
Oleh karena itu, berinvestasi di bitcoin harus dengan pertimbangan matang. Iming-iming cuan memang luar biasa, tetapi kalau boncos akan sangat berbahaya. 


https://www.cnbcindonesia.com/market...-enyah-kau-kpr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 28 lainnya memberi reputasi
25
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Andai Punya Bitcoin Sebiji, Enyah Kau KPR!
14-03-2021 15:09
daripada KPR, lebih baik ngontrak

atap rusak tinggal telpon landlord

gak minat beli properti, bisnis gelembung. tar juga meledus

iklannya ngoceh harga naik harga naik, tapi gak laku2

profile-picture
profile-picture
profile-picture
alpuk dan 5 lainnya memberi reputasi
3 3
0
Memuat data ...
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 14:21
@fishmanish

Faktanya juga kenaikan tanah udah melambat kok. Silahkan liat ke lapangan.

Malah ambyar selama pandemi

Untuk properti udah gak bisa expect lebih lah kecuali untuk dipakai.

Kalo tidak dipakai alias cuman berharap kenaikan harga, ya bakalan rugi.

Biasanya kaum boomer nih yg rumahnya 20 biji cuman di kontrak2in.

Jadi menurut ane, belilah properti UNTUK DIPAKAI
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 14:40
Investasi mau berupa saham, property, forex, crypto, usaha, dll....ya tetap harus paham ilmu-nya masing2 supaya bisa berhasil. Kalo ngga paham ilmunya, mau punya modal berapapun ya tetap ambyar.

Kalo urusan property sebagai tempat tinggal dari dulu memang ada 2 paham :
- ngontrak tapi di tengah kota
- punya sendiri walau di pinggir kota
Masing2 punya pertimbangan sendiri.
1
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 14:42
@ncub ane cuman mau membuka sedikit wawasan saja. Bagi kaum KPR fanatik yang sangat anti dan mengkafir kafirkan kelompok kontraktor.

emoticon-Angkat Beer
2
profile picture
kaskus addict
19-03-2021 15:16
Ane ngerti sih mksd agan anti.liberal, bisa aja mungkin si agan gak mau repot dgn urusan tetek bengek setelahnya. Punya rumah tp hrs repot ngurus PBB, repot bayarin iuran air atau listrik (biasanya ada kontrakan yg sudah include atau cm isi token pln), repot sm maintanance nya, repot sm tetangga kiri kanan, nah klo ngontrak kan tinggal kasi tau sm si pemilik klo misal ada yg rusak, beres gak perlu keluarin biaya2, Atau bs jd jg agan orangnya bosenan ya tinggal di lingkungan itu2 aja, maka bisa pindah kemana aja bebas dan cr suasana baru bs jd faktor knp lbh milih ngontrak drpd hrs repot settle dgn KPR . Kira2 bener gak gitu?
1
profile picture
kaskuser
19-03-2021 15:36
Kayak liat orang berantem gara2 mimpi. Di mimpi si A punya ratusan sapi si B punya berhektar kebun di dalam mimpu sapu si A makan tumbuhan di kebun si B pas bangun si A ama si B berantem
1
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 15:41
@fx... nah bisa jadi gitu gan, setiap orang punya preferensinya sendiri-sendiri dalam pengelolaan aset, yang pasti apapun bentuk portfolionya jelas harus punya ilmu dan skill supaya nilai dan kuantitas aset itu bertambah bukan berkurang habis karena konsumsi atau disita pihak bank karena gak bisa bayar cicilan
0
profile picture
aktivis kaskus
19-03-2021 15:58
mau kaya tajir melintir mentok langit juga klo mati kaga dibawa

idup yang penting cukup aja lah

cukup punya rumah
cukup punya mobil
cukup punya perhiasan
cukup bisa liburan tanpa mikir biaya


dah gitu aja
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 17:18
@anti.liberal halagh gan...
biasanya yg teriak anti dan mengkafir2kan malah diem2 juga ikutan.
Sudah terbukti di banyak hal...

IYKWIM
emoticon-Toast
0
profile picture
kaskus maniac
19-03-2021 23:17
cicilan KPR gw 971rb/bulan. dpt PDAM Subsidi. listrik 900watt. biasalahhh Kalimantan hidup gak sekejam di Jawa. hehe.. kalo ane sih ounya tempat tinggal sendiri dl ya, ga mesti mewah, asal cukup dan layak. kalo ada rejeki nambah, bangun vertikal. baru mikirin usaha. gw bulan org ngerti ekonomi. org awam hehe
0
Memuat data ...
41 - 49 dari 49 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia