Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
56
Lapor Hansip
08-03-2021 09:27

Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!



Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!

Hai, Gansist! Ketemu lagi dengan thread ane, mudah-mudahan tidak bosan, ya! Untuk kesempatan kali ini, ane pingin membahas hewan peliharaan. Gansist punya hewan piaraan, apa? Kambing, sapi, burung, ayam, ataupun hewan ekstrim lainnya?

Hewan peliharaan kadang menjadikan dilema saat akan kita tinggal buat liburan atau mudik lebaran yang dalam kurun beberapa hari. Ada rasa kasihan karena takut terjadi hal buruk pada hewan piaraan, saat kita tinggal dalam durasi yang agak lama.

Andai bisa diajak, itu mungkin tindakan yang lebih bijak. Namun, adakalanya hewan peliharaan tersebut tidak mungkin dibawa karena alasan tertentu. Karena repot atau malah meriwehkan Gansist dalam perjalanan. Yang pinginnya liburan mau cari kesenangan malah direpotkan akan hewan piaraan yang Gansist bawa. Liburan jadi tidak asyik kan, ya? Kalau piaraannya anjing atau kucing, mungkin bisalah dibawa, tapi tetap aja sedikit ribet.

Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!

Pun hal demikian yang ane alami Gansist, merasa gimana gitu kalau harus liburan, mudik pulang kampung dalam jangka waktu berhari-hari. Piaraan ane, ikan cupang, nggak mungkinlah di bawa saat liburan. Apa harus bawa akuariumnya, kan nggak lucu, ya, Gansist.

Nah, bagi Gansist yang piara ikan cupang di rumah, ada sedikit tips dan trik nih buat kalian, bila kalian ingin bepergian jauh dalam jangka waktu beberapa hari. Mungkin tips ini bisa Gansist praktikkan pada ikan cupang kesayangan, Gansist agar ikan cupang yang ditinggal di rumah tetap sehat dan baik-baik saja.

Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!

Apa saja tips dan triknya? Baiklah, segera simak thread ane berikut yang berjudul, "Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!" Begini ulasannya!

Quote:1. Menitipkan kepada tetangga

Ikan cupang yang kita piara bisa kita titipkan kepada tetangga yang tidak sedang bepergian atau mudik. Mungkin cara ini yang paling praktis dan lebih mudah. Tapi dengan catatan tetangga tersebut yang sehobi, istilah tahu betul dan mengerti tentang dunia percupangan.

2. Mengganti air baru

Sebelum ditinggal, sebaiknya air di dalam akuarium terlebih dahulu kita ganti, Gansist. Agar air tersebut bersih dan mampu bertahan untuk beberapa hari, saat kita tinggal. Oh, iya, sebaiknya menggunakan air yang telah diendapkan/didiamkan ya, Gansist, minimal 3 hari sebelum ditaruh dalam akuarium. Ini bertujuan untuk menetralisir air tersebut.


3. Memindahkan ke akuarium yang lebih luas

Dengan memindahkan cupang kesayangan ke dalam wadah yang lebih besar. Bertujuan agar oksigen di dalam air tersebut lebih banyak, sehingga ikan lebih lega dalam bernapas.

4. Memberikan tanaman dalam akuarium

Tanaman air di dalam akuarium fungsinya untuk memberikan oksigen di dalam air, yang dibutuhkan ikan cupang. Dengan adanya tanaman air kemungkinan akan tumbuh lumut yang mampu menjadi pakan bagi si ikan cupang.

5. Jangan diberi makan berlebihan

Meskipun ingin ditinggal, sebaiknya ikan cupang jangan diberi makan yang berlebihan. Karena pakan yang tersisa di dasar akuarium dapat menjadi busuk dan malah memberi dampak keracunan pada si ikan cupang.


Nah, itu tadi beberapa kiat dan tips meninggalkan ikan cupang saat ditinggal untuk liburan. Mudah, kan, Gansist Sepulang dari liburan InshaAlloh, ikan cupang Gansist dalam keadaan baik-baik saja.

Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!

Oh, iya, setelah pulang dari liburan, sebaiknya Gansist segera merawat ikan cupang seperti biasanya, ya! Misalnya, langsung diganti airnya ataupun diberikan makanan yang bergizi agar kondisi ikan cupang Gansist segera pulih dari keadaan normal sebelum ditinggal liburan.

Sekian tips merawat ikan cupang selama ditinggal liburan, bila ada tambahan tips bisa dituangkan ke dalam kolom komentar, indahnya berbagi informasi, kan, Gansist.

Sampai ketemu pada thread ane selanjutnya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Bye!

Referensi: 1 2
Ilustrasi: ini

Bonus penampakan cebong ane!

cebong-cebong

Diubah oleh dalledalminto
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nibrasulhaq dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Tips Merawat Ikan Cupang Saat di Tinggal Liburan atau Mudik Lebaran!
10-03-2021 18:02
Alhamdulillah, cupangku HT 😍😍
profile-picture
nibrasulhaq memberi reputasi
1 0
1
profile picture
aktivis kaskus
11-03-2021 17:28


Keren lah si agan HT
0
profile picture
KASKUS Plus
11-03-2021 17:34
@nibrasulhaq makasih apresiasinya agan
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia