Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
90
Lapor Hansip
03-03-2021 18:54

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Tidak dapat dipungkiri, pabrikan asal Tiongkok sering sekali menduplikat produk-produk motor pabrikan lain. Salah satunya yang lagi viral saat ini adalah Yamaha R6, yang di kloning dengan kesamaan yang hampir 100%...

Pada pandangan pertama, saya bahkan tidak begitu terpikirkan kalau ini adalah kembaran dari Yamaha R6. Karena secara detail, memang sangat sulit untuk dibedakan secara kasat mata.

Memiliki Nama Yang Sangat Mirip

Tidak hanya bermain pada detail body yang sangat mirip, pabrikan asal Tiongkok yang mengkloning Yamaha R6 ini ternyata juga memberi nama yang sangat mirip. Bahkan, seperti hanya merubah posisi huruf saja.

Nama kloningan dari Yamaha R6 ini sendiri adalah Huaying Yahama R6, nama ini bukan saya salah menyebut. Tapi memang namanya adalah Yahama, bukan Yamaha. Seperti sebuah pernyataan bahwa ini adalah produk yang disadur dari produk milik Yamaha.

Membicarakan Fitur Huaying Yahama R6

Namanya juga kloiningan, maka jangan terlalu banyak berharap mendapatkan fitur yang setara dengan produk aslinya. Huaying Yahama R6 memiliki headlamp model projie sebagai lampu utama, sementara alis diatas merupaka implementasi dari DRL, tapi warnanya kuning.

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Fitur yang mungkin cukup menggembirakan adalah hadirnya suspensi depan model upside down, namun tidak diketahui merek apa yang digunakan. Pastinya bukan showa ya, karena ini akan melanggar hak cipta dari produk itu sendiri.

Performa Mesin 600 cc Tapi Sekelas R25

Meskipun menyandang mesin 600 cc, namun Huaying Yahama R6 tidak benar-benar menyajikan performa yang sama dengan label dinamanya. Karena kalau kita coba perhatikan detailnya, mesin twin 2 silinder berkapasitas 500 cc ini memuntahkan tenaga 36,7 HP dan torsi 34 Nm.

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Saya malah membayangkan kalau motor ini masuk ke tanah air, bakal kena bully habis-habisan mungkin sama para bikers lokal. Nama tidak sesuai dengan performa yang disajikan, tapi inilah fakta ada harga ya ada kualitas.

Harga Huaying Yahama R6 Rp. 50 Juta

Mas, itu kurang nol satu lagi ya ? Tidak, saya tidak sedang salah menulis, karena memang harga dari Huaying Yahama R6 adalah 27.800 Yuan atau kalau kita konversikan ke rupiah, sekitar 50 jutaan.

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Memang gilaaa, harga segitu dapat motor 600 cc anyar gress atau baru dari pabrikan. Namun, tentu saja kita juga tidak boleh berekspetasi terlalu tinggi, dengan menganggap sama kualitas antara R6 milik Yamaha dan R6 milik Huaying.

Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok

Terakhir, insiyur Yamaha mungkin hanya menggeleng-gelengkan kepala melihat aksi pabrikan Tiongkok satu ini. Bayangkan saja, mereka harus menyusun sebuah motor dengan hitungan yang tidak boleh salah, tiba-tiba dengan ringannya. Hasil pemikiran mereka, di kloning.



Sumber : kompas
Sumber Tulisan : Mas Bejo
Diubah oleh bej0corner
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Waduuh, Ada Kembaran Yamaha R6 Asal Tiongkok
06-03-2021 12:11
Oke banget tuh
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia