News
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
Lapor Hansip
05-03-2021 08:54

Ekspor Baja RI Bikin China Naik Darah, Eh 'Diusilin' Deh

Ekspor Baja RI Bikin China Naik Darah, Eh 'Diusilin' Deh
Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan ada tuduhan dumping atas produk baja alias stainless steel dari Indonesia di China. Dia mengatakan saat ini produk baja dari Indonesia sedang diselidiki pemerintah China.

Lutfi mengatakan ekspor besi baja dari Indonesia ke China memang sedang meningkat, nilainya mencapai US$ 7 miliar. Menurutnya, angka itu hampir sama dengan impor baja dari China ke Indonesia.

"Di China ini ada investigasi tuduhan dumping dari produksi stainless steel kita ke China. Ekspor besi baja kita ke China ini lebih dari US$ 7 miliar di tahun 2020, angka yang hampir sama seperti impor besi baja China ke Indonesia," ungkap Lutfi dalam forum Raker Kemendag bersama Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kamis (4/3/2021).

Dia menjelaskan hal ini justru sesuatu yang cukup menggembirakan, dengan besarnya ekspor baja ke China artinya Indonesia mulai bisa menjadi negara penjual barang-barang industri bukan cuma barang mentah dan setengah jadi.

"Nah ini berarti menunjukkan kita naik value chain-nya kita transformasi dari negara penjual barang mentah dan setengah jadi, menjadi penjual barang industri dan berteknologi tinggi," ungkap Lutfi.

Lutfi melanjutkan baja dari Indonesia bisa jadi lebih murah karena ongkos produksinya lebih murah. Dia menjelaskan bahan baku baja berupa nikel dan mineral lainnya bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, pabrik pengolahan di sini pun sudah memiliki teknologi yang mumpuni.

"Mungkin karena kita dapat teknologi baru, nikelnya juga murah karena di sini langsung dapat dari asalnya. Ini menyebabkan cara produksi kita efisien dan bersaing tajam dengan China," ungkap Lutfi.

Dari situ lah dia mengatakan mungkin para pengusaha China mulai panik dengan keunggulan baja Indonesia dan akhirnya melakukan investigasi dumping. Meski begitu, dia mengatakan Presiden Joko Widodo sudah membicarakan hal ini dengan otoritas setempat.

"Maka ini sebabkan kegalauan di China dan mengadakan investigasi produk stainles steel kita. Tapi pak Jokowi sudah bicarakan ini di tingkat tertinggi dan mereka mau dengarkan, oleh sebab itu ini jadi acuan bahwa barang kita ini barang yang produktif," kata Lutfi.

https://finance.detik.com/industri/d...h-diusilin-deh

Teman? Kelakuan mengleng udah kayak paman sam emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 121131 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ekspor Baja RI Bikin China Naik Darah, Eh 'Diusilin' Deh
05-03-2021 11:07
indonesia impor baja dr china. trus china impor baja dr indonesia. muter doank barangnya?

emoticon-Bingung
0 0
0
profile picture
kaskus addict
05-03-2021 13:08


Yang untung yang punya kapal emoticon-Ngakak (S)
0
profile picture
kaskus geek
05-03-2021 13:12
beda jenis besi bray.. yg dijual indonke china stainless, indo impor besi beton, cnp unp dll
0
profile picture
kaskus geek
05-03-2021 13:52
@chibiyabi oww... indonesia malah bagus yg stainless ya? kalau besi cnp, unp malah impor yak.. emoticon-Hammer2

mirip2 kaos bola ya. yg ori malah diekspor, yg kawe produk impor..... emoticon-Ngacir
0
Memuat data ...
1 - 3 dari 3 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia