News
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
Lapor Hansip
03-03-2021 14:42

Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral

Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial foto sumur resapan yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di dekat tiang jalan layang di Jakarta.

Foto tersebut mengundang banyak komentar dan kritik dari warganet karena letaknya yang terlalu dekat dengan tiang jalan sehingga dinilai dapat membahayakan kekuatan infrastruktur jalan tersebut.

"Dibuat di bawah jalan tol, akan menganggu kekuatan tiang pancang, lambat laun ada erosi air tanah, akan ambles tuh tiang pancang dalam 10 tahun. Apa tidak konsultasi dengan Kementerian PUPR," tulis akun media sosial facebook bernama @LambertusSuwiryo yang  dikutip Kompas.com, Selasa (02/03/2021).

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pembina Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta mengatakan, sumur resapan yang dibangun di dekat tiang jalan jelas akan berpengaruh terhadap ketahanan lateral struktur beton.

Baca juga: Miris! DKI Baru Bangun 2.974 Sumur Resapan dari Target 1,8 Juta Selama 5 Tahun

"Jadi tiang itu kan, selain meneruskan gaya ke lapisan yang lebih dalam, pada saat ada gempa dia harus menahan gaya yang lateral ke samping. Ketahanan lateralnya itu dipengaruhi oleh tanah di sekelilingnya," kata Davy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (02/03/2021).

Akan tetapi, jika dilihat dari foto viral tersebut, sumur resapan yang dibangun hanya di satu sisi saja, atau artinya lurus sejajar tanpa mengelilingi tiang jalan. Hal itu masih terbilang aman atau relatif tidak terlalu berisiko.

Namun demikian, Davy menekankan, sebaiknya sumur resapan tersebut tidak dibangun dekat tiang yang sangat vital fungsinya sebagai penyangga jalan.

Dia menyarankan Pemprov DKI membuat sumur resapan di lokasi yang terbilang aman, dan tidak berdekatan dengan gedung-gedung atau bangunan tinggi.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk memperbaiki sistem penanganan banjir di ibu kota. Salah satunya dengan mengejar pembangunan sumur resapan di berbagai titik.

Tahun 2021 ini, Pemprov DKI menargetkan dapat membangun sekitar 3.876 sumur resapan dengan melibatkan sejumlah perusahaan.

"Ada 3.876 sumur resapan. Nanti kan ini harus pakai e-katalog. Jadi kami akan usahakan mendorong semua pengusaha yang memiliki produk itu untuk dimasukkan ke katalog supaya banyak pilihan supaya lebih merata tidak dimonopoli oleh satu atau dua perusahaan saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Selasa (02/03/2021).

Adapun hingga tahun 2022, Pemprov DKI menargetkan dapat membangun satu juta sumur resapan.

Sementara hingga akhir 2021, baru terdapat 2.974 sumur resapan yang telah dibangun.

https://properti.kompas.com/read/202...ahanan-lateral


Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral
Diubah oleh netral.news
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral
03-03-2021 22:17
Itu nanti aernya meresapnya dari mana??pinggir jalanan aspal,sumurnya juga d atas lebih tinggi dari jalan.... emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
LI0NmahoHeart dan extreme78 memberi reputasi
2 0
2
profile picture
kaskus addict
03-03-2021 22:39
Eh ia bner juga ya.. berarti hrus tunggu banjir dl ya baru air bs masuk ke dalam...
1
profile picture
kaskus addict
04-03-2021 07:32
Menurut ane sih nggak nunggu banjir dulu,aernya nunggu giliran / antre masuk k dalam...emoticon-Shutup
0
Memuat data ...
1 - 2 dari 2 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia