News
Batal
KATEGORI
link has been copied
115
Lapor Hansip
03-03-2021 14:42

Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral

Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial foto sumur resapan yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di dekat tiang jalan layang di Jakarta.

Foto tersebut mengundang banyak komentar dan kritik dari warganet karena letaknya yang terlalu dekat dengan tiang jalan sehingga dinilai dapat membahayakan kekuatan infrastruktur jalan tersebut.

"Dibuat di bawah jalan tol, akan menganggu kekuatan tiang pancang, lambat laun ada erosi air tanah, akan ambles tuh tiang pancang dalam 10 tahun. Apa tidak konsultasi dengan Kementerian PUPR," tulis akun media sosial facebook bernama @LambertusSuwiryo yang  dikutip Kompas.com, Selasa (02/03/2021).

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pembina Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta mengatakan, sumur resapan yang dibangun di dekat tiang jalan jelas akan berpengaruh terhadap ketahanan lateral struktur beton.

Baca juga: Miris! DKI Baru Bangun 2.974 Sumur Resapan dari Target 1,8 Juta Selama 5 Tahun

"Jadi tiang itu kan, selain meneruskan gaya ke lapisan yang lebih dalam, pada saat ada gempa dia harus menahan gaya yang lateral ke samping. Ketahanan lateralnya itu dipengaruhi oleh tanah di sekelilingnya," kata Davy saat dihubungi Kompas.com, Selasa (02/03/2021).

Akan tetapi, jika dilihat dari foto viral tersebut, sumur resapan yang dibangun hanya di satu sisi saja, atau artinya lurus sejajar tanpa mengelilingi tiang jalan. Hal itu masih terbilang aman atau relatif tidak terlalu berisiko.

Namun demikian, Davy menekankan, sebaiknya sumur resapan tersebut tidak dibangun dekat tiang yang sangat vital fungsinya sebagai penyangga jalan.

Dia menyarankan Pemprov DKI membuat sumur resapan di lokasi yang terbilang aman, dan tidak berdekatan dengan gedung-gedung atau bangunan tinggi.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk memperbaiki sistem penanganan banjir di ibu kota. Salah satunya dengan mengejar pembangunan sumur resapan di berbagai titik.

Tahun 2021 ini, Pemprov DKI menargetkan dapat membangun sekitar 3.876 sumur resapan dengan melibatkan sejumlah perusahaan.

"Ada 3.876 sumur resapan. Nanti kan ini harus pakai e-katalog. Jadi kami akan usahakan mendorong semua pengusaha yang memiliki produk itu untuk dimasukkan ke katalog supaya banyak pilihan supaya lebih merata tidak dimonopoli oleh satu atau dua perusahaan saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Selasa (02/03/2021).

Adapun hingga tahun 2022, Pemprov DKI menargetkan dapat membangun satu juta sumur resapan.

Sementara hingga akhir 2021, baru terdapat 2.974 sumur resapan yang telah dibangun.

https://properti.kompas.com/read/202...ahanan-lateral


Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral
Diubah oleh netral.news
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Sumur Resapan Dibangun Anies Dekat Tiang Layang Jalan Jakarta Ancam Ketahanan Lateral
03-03-2021 14:47
anjay alamat hancur pondasinya emoticon-Ngakak

ane bukan anak teknik sipil aja tau ini bahaya emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
profile picture
aktivis kaskus
03-03-2021 15:12
аstajim emoticon-Kagets antum bangkeknya harus mandi sendiri emoticon-Ngakak
3
profile picture
kaskus holic
03-03-2021 15:28
Makanya antum harus ikut program Nganies for Pesinden 2024....

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 16:14
lha, pondasinya kan terbuat dari beton cor, batu, nggak mungkinlah ancur, kekuatan atau tekenan air resapan itu kan bisa dibilang nihl. lagian juga, itu tiang pancang dan pondasinya sampe kedalaman berapa meter, sumur resapannya berapa meter.
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 16:23
Jelasin dong Gan, kayaknya agan ngerti bgt sama teknik bangunan emoticon-Embarrassment

Bagi2 ilmu lah buat kita yg gak ngerti ilmu bangunan emoticon-Embarrassment
@The.Lord.of.Uni
2
profile picture
kaskus addict
03-03-2021 16:52
@The.Lord.of.Uni berapa meter dalemnya sumur resapannya?
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 17:50
Quote:Akan tetapi, jika dilihat dari foto viral tersebut, sumur resapan yang dibangun hanya di satu sisi saja, atau artinya lurus sejajar tanpa mengelilingi tiang jalan. Hal itu masih terbilang aman atau relatif tidak terlalu berisiko.

Namun demikian, Davy menekankan, sebaiknya sumur resapan tersebut tidak dibangun dekat tiang yang sangat vital fungsinya sebagai penyangga jalan.

Ane lebih percaya ama ahli konstruksi indonesia
0
profile picture
kaskus holic
03-03-2021 17:52
@wiskey31

Bacanya atasnya doang....

Bawahnya baca otong!!!!

"Namun demikian, Davy MENEKANKAN"
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 17:55
@stevadi84
Tentu aja udah ane baca, makanya ane kutip
1
profile picture
kaskus geek
03-03-2021 19:31
selow gan... kalau lihat dr tingginya, itu air meresap drmn? posisinya lebih tinggi dr jalan. kalau air mau masuk kesitu harus ngebanjirin jalan dulu baru masuk ke sumur resapan.... emoticon-Hammer2
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 20:58
@saoyuan
tiang pancang itu kan cukup dalam, mungkin minim minim 5 meter. sedangkan sumur resapan itu, dalemnya sekitar, mungkin paling dalem 2 meter. dan katanya bisa dibuat disamping rumah, dengan jarak 1 meter dari pondasi.


0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 21:46
Berarti tuh sumur resapan bru berguna saat banjir?

[mention]anak manis[/mention]

@The.Lord.of.Uni Jadi gak mungkin rusak ya tiangnya? Trus cara kerjanya gimana klo ada di bawah tiang? Nunggu banjir dl biar airnya masuk sumur resapan?
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2021 21:51
Indo ini wilayah dengan curah hujan tinggi, jadi normalisasi dan menambah kanal udah paling bener.
Bikin lobang kaya gitu emang di bawahnya ada saluran airnya?
Sini bukan gurun yang curah hujan rendah, boleh lah bikin sumur.
0
profile picture
kaskus maniac
03-03-2021 22:23
@wiskey31 relatif gan.. 51% aman
0
profile picture
kaskus addict
03-03-2021 22:37
Kalo diliat diameternya ga lebih dr 1 meter, kdalaman td di atas ad yg bilang 2 meter, volumenya berarti kecil amat...
0
profile picture
kaskus geek
03-03-2021 23:22
@saoyuan @The.Lord.of.Uni nahh itu dia gan. kalau dr bentuknya ga kelihatan ada lubang di samping2nya. jadi air hanya bisa masuk kalau sudah membanjiri jalanan. kalau belum banjir ga ya gmn mau masuk ke lubangnya. cmiiw

emoticon-Bingung
0
profile picture
kaskus addict
04-03-2021 03:22
Paling gak sampe 2 taon dah penuh tuh lobang sama pasir pasir
Pengalaman bikin bio pori .
0
profile picture
kaskus maniac
04-03-2021 05:59
@saoyuan
Tergantung materi tiang pancangnya, tahan nggak dengan pelapukan kimia.

Itu sumur resapan, kan emang tujuan utamanya untuk megurangi banjir, kalo banjir biar cepet surut.
0
profile picture
kaskus maniac
04-03-2021 06:05
@CoZiA
Kan nggak semua tempat bisa bikin kanal, palingan bisa bikin paret aja sebagai saluran aer, kemaren kemaren kan udah ada usaha buat dalemin paret, tapi kan pada protes.

Namanya juga sumur resapan, ya nggak perlu saluran aerlah di bawahnya, karena diharapkan aer di itu sumur meresap ke tanah dan jadi aer tanah.

Beda lah fungsinya antara sumur resapan dengan sumur konvensional tempat elu nimba aer kalo mau cuci baju.
0
profile picture
kaskus maniac
04-03-2021 06:11
@nowabell
Emang iya, diameternya mungkin maksimalnya 1 meter. Cara kerjanyakan aer banjir masuk ke itu sumur, terus aer itu sumur meresap ke tanah. Makanya dibutuhkan banyak sumur. Namanya juga sumur resapan. Aer yang terserap ke dalam tanah dari sumur resapan itu, akhirnya jadi air tanah.

Gedung gedung tinggi di Jakarta itu kan kebanyakan manfaatin aer tanah.
0
profile picture
kaskus maniac
04-03-2021 06:14
@saoyuan @anakmanis
kalo liat dari gambarnya itu, emang agak tinggi itu dinding sumurnya dari permukaan jalan.
0
Memuat data ...
1 - 20 dari 23 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia